Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Rumput Kolonjono

2 min read

cara menanam kolonjono

Rumput kolonjono merupakan jenis tanaman pakan ternak yang mudah untuk ditanam. Banyaknya peternak yang mambutuhkan pakan maka trik yang paling evektif adalah dengan cara menanam rumput kolonjono. Simak artikel ini selengkapnya untuk menanam rumput.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang cara budidaya rumput kolonjono. Cara menanam rumput kolonjono ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 subjudul mulai dari bibit rumput kolonjono hingga harga bibit dan harga jual rumput kolonjono.cara budidaya tanaman rumput kolonjono

Cara Menanam Rumput Kolonjono

Hampir memasuki musim kemarau rumput kolonjono dipilih untuk ditanam karena dianggap memiliki nilai jual lebih tinggi dibanding tanaman palawija. Bagaimana tidak, peternak bisa mendapatkan uang hingga Rp700 ribu sekali panen. Pada pemanenan tahap dua dibarengi dengan semakin lebatnya rumput kolonjono, penghasilan mereka meningkat hingga Rp1 juta lebih.

1. Bibit Rumput Kolonjono

Kolonjono atau Brachiaria mutica berasal dari Afrika dan Amerika Selatan tropik. Saat ini tersebar didaerah tropik basah dan sub tropik. Rumput ini paling bagus ditanam pada tanah yang basah tapi bisa terhambat pada musim kemarau tiba.

Daerah yang mempunyai ketinggian kurang dari 1200 mdpl sangat cocok untuk cara budidaya tanaman rumput kolonjono. Ditambah dengan curah hujan 1000 mm/th. Biasanya sering tumbuh di aliran sungai.

Beralih ke proses perbanyakan rumput kolonjono. Hijauan ini berkembangbiak secara vegetatif. Yaitu setiap ruas mengeluarkan pucuk baru dan dalam jangka waktu relatif singkat akan mulai menutupi area lahan tanam.

Kamu juga bisa memakai teknik stek untuk membudidayakan rumput kolonjono. Biasanya satu batang kolonjono terdiri dari 3 ruas bahkan lebih.

Selain perbanyakan secara vegetatif ternyata penggunaan biji atau secara generatif juga bisa dilakukan. Dalam 1 kg terdapat 300 benih yang siap dibudidayakan.

Menurut pengalaman cara budidaya tanaman rumput kolonjono lebih efektif menggunakan perbanyakan secara vegetatif. Cara ini juga lebih mudah dilakukan karena kamu tinggal memotong batang rumput kemudian menanamnya dilahan budidaya yang lebih luas.

2. Persiapan Lahan Tanam

Cara menanam rumput kolonjono biasanya dapat ditanam dipinggiran ladang. Jika kamu adalah peternak dengan skala besar tanamlah pada lahan yang luas dan jangan lupa buat rotasi. Rotasi itu adalah pergantian penanaman dan pemotongan yang dilakukan pada setiap petak lahan agar rumput dapat tersedia terus.

Jangan terlalu lama antara jarak waktu pengolahan lahan dan penanaman. Hal ini untuk menghindari pertumbuhan gulma dan sejenisnya dilahan yang telah diolah. Tips mengolah lahan yang bagus yaitu pada saat terakhir musim kemarau jadi penanamannya bisa berlangsung pada awal musim penghujan.

Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang melimpah lakukan pengolahan lahan sebelum menanam rumput. Terdapat beberapa tahapan pengolahan yang meliputi pembersihan lahan dari gulma, pembalikan tanah dan penggemburan tanah.

Kegiatan pembalikan tanah gunakan alat berupa cangkul atau dibajak. Tujuannya agar setelah kamu melakukan pembalikan tanah proses penggemburan jadi lebih mudah. Kemudian biarkan selama 2 hari.

Jika didaerahmu memiliki tanah yang kurang subur lakukan pemupukan dengan pupuk organik dan dibarengi proses penggemburan tanah tersebut. Diharapkan hujan dengan frekwensi 3 hari sekali sudah mulai turun karena merupakan keadaan yang bagus untuk penanaman rumput.

3. Jarak Tanam Rumput kolonjono yang Ideal

Dengan metode penanaman barisan dan kebutuhan stek/hektar 20 – 30 lakukan penanaman dengan jarak 60 x 60 cm. Supaya rumput dapat berkembangbiak banyak.

4. Cara Menanam Rumput Kolonjono

Perawatan tanaman makanan ternak sebenarnya tidak begitu ribet. Bahkan bisa tumbuh tanpa perawatan skalipun dengan syarat sedang terjadi musim penghujan. Jika kamu perlu melakukan perawatan lakukan penyulaman, penyiangan, membuat guludan, pengairan dan pemupukan.

Rumput pakan ternak memiliki berbagai jenis sehingga kamu bisa keliru untuk membedakannya. Perbedaan rumput kolonjono, odot dan gajah dapat dilihat dari fisiknya.

Rumput kolonjono memiliki ros yang lebih panjang dari pada odot. Secara sekilas ros kolonjono hampir mirip dengan tebu. Postur rumput kolonjono lebih tinggi, daun lebih panjang dan banyak bulu halus yang menempel pada daun.

Kamu dapat melakukan pemotongan rumput dengan panjang maksimal dari tanah sekitar 5 cm saja. Karena jika dipotong dengan keadaan panjang yang berlebihan dari tanah akan menyusahkan pemotong rumput berikutnya.

Berbeda dengan rumput gajah. Perbedaan rumput kolonjono, odot dan gajah selanjutnya juga dapat diamati dari fisiknya. Rumput gajah memiliki perakaran serabut, Tinggi batang bisa mencapai 4 meter, daun besar berujung runcing, panjang daun bisa tumbuh hampir 1 meter dengan lebar 8 sampai 35 cm.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam

Ada satu penyebab utama kegagalan cara menanam rumput kolonjono yaitu ketidaktepatan memilih musim saat penanaman dilakukan. Kolonjono merupakam tanaman yang membutuhkan air banyak jadi tidak cocok ditanam pada saat musim kemarau.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Rumput Kolonjono

Modern ini membuat rumput pakan ternek tersedia ditoko online. Itu membuat peluang penjualan rumput jadi lebih mudah dan menjangkau secara global. Berikut harga bibit dan harga jual rumput kolonjono ditoko online.

Nama Harga Sumber
Bibit Kolonjono 1kg Rp20.000 https://shopee.co.id/product/40542538/1908247796?smtt=0.308609126-1601951468.9
Rumput Kolonjono Rp16.000 https://shopee.co.id/product/39950168/636415788?smtt=0.308609126-1601951204.9
Stek Rumput Kolonjono Rp500 https://shopee.co.id/product/8977316/7935898868?smtt=0.308609126-1601951390.9

 

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Rumput Zanzibar

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Rumput Guatemala

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Rumput Pakchong

Irma Citama Irma Citama
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *