Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Rumput Gajah

2 min read

cara menanam rumput gajah

Cara menanam rumput gajah sebagai pakan ternak ini bisa menjadi bisnis bagus jika kamu mau menekuni bidangnya. Pasalnya rumput gajah tidak terlalu membutuhkan perawatan yang ekstra, bahkan rumput gajah dapat tetap tumbuh tanpa dilakukan pemupukan secara rutin jika ditanam pada kondisi tanah yang subur. Akan tetapi jika menginginkan hasil yang maksimal cobalah teknik menanam rumput gajah berikut ini.

Nonatani sering menemukan penjual rumput gajah di pinggir jalan, ini menarik. Sebagai pakan berkualitas, perlu dilakukan cara budidaya yang baik. Berikut ini cara menanam rumput gajah sebagai pakan kambing, sapi dan ternak ruminansia lain.cara menanam rumput gajah

Cara Menanam Rumput Gajah

Cara menanam rumput gajah tidak terlalu susah jika dilakukan dengan sungguh-sungguh. Ikuti trik dan tips di bawah ini untuk mendapatkan hasil panen rumput gajah yang memuaskan. Saat ini kebutuhan akan rumput gajah semakin tinggi sedangkan pasokan rumput gajah semakin menipis. Hal tersebut menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

1. Pemilihan Bibit Rumput Gajah

Memilih bibit rumput gajah yang berkualitas menjadi cara tanam rumput gajah pakan kambing yang paling penting. Pasalnya bibit yang akan ditanam tentu berpengaruh terhadap hasil panen nantinya. Bibit rumput gajah dapat diperoleh melalui teknik stek batang maupun melalui sobekan rumpun.

Jika menggunakan teknik stek batang caranya, pilihlah tanaman induk yang memiliki batang sehat, kuat dan tua, dengan ukuran   batang setinggi 20-25 cm atau kira-kira memiliki 2-3 ruas. Kemudian tanam batang yang sudah dipilih tersebut dengan posisi miring 30-40 derajat agar akar lebih mudah untuk tumbuh. Namun jika perbanyakan dilakukan melalui sobekan daun pilihlah ukuran akar rumpun yang tidak terlalu kecil kemudian ambil sebanyak 3-4 buah.

2. Persiapan Lahan Budidaya Rumput Gajah

Setelah poin pertama selesai dilakukan, cara menanam rumput gajah selanjutnya yaitu dengan melakukan pengolahan lahan. Pertama bersihkan dulu lingkungan lahan yang akan digunakan untuk menanam rumput gajah dari sisa tanaman sebelumnya dan dari rumput serta semak belukar yang hidup di atasnya. Yang kedua, lakukan pembajakan baik secara manual atau menggunakan mesin pembajak sawah.

Pembajakan sawah bisa dilakukan 2 kali agar media tanam yang digunakan benar-benar telah gembur dan merata. Kemudian buatlah buatlah lubang tanam berukuran 20 x 20 cm dan kedalamannya mencapai 20-25 cm. Jika lubang tanam sudah selesai dibuat, masukkan pupuk kandang sebanyak 0,5 kg lalu campur dengan tanah hingga kedua bahan tersebut memenuhi seluruh isi lubang tanam. Jika menanam pada pH 4,5-5 lakukan pengapuran terlebih dahulu agar pH tanah menjadi normal.

3. Jarak Tanam Rumput Gajah Yang Ideal

Jarak tanam ideal yang dianjurkan dari cara menanam rumput gajah dibedakan berdasarkan teknik perbanyakan yang dipilih. Jarak tanam yang dibutuhkan jika menanam melalui stek batang kurang lebih sekitar 30 x 30 cm. Jika menanam dari sobekan rumpun maka jarak tanam yang dianjurkan sekitar 30 x 50 cm.

4. Cara Menanam Rumput Gajah

Cara budidaya rumput gajah pakan sapi agar cepat tumbuh disarankan di awal musim hujan atau di akhir musim kemarau. Pada saat awal penanaman di musim kemarau usahakan untuk melakukan penyiraman pada saat itu juga karena tanaman membutuhkan nutrisi air disaat yang bersamaan. Setelah melakukan proses penyiraman, lakukan pemupukan susulan ketika usia tanaman sekitar 2-3 minggu. Gunakan pupuk KCL dan pupuk Urea dengan dosis yang dapat dilihat pada kemasan.

Pemanenan pertama dari cara tanam rumput gajah pakan kambing dan sapi dapat dilakukan ketika tanaman sudah berusia 90 hari sedangkan panen selanjutnya dapat dilakukan setiap 40 hari sekali pada saat musim hujan dan 60 hari sekali pada musim kemarau. Jika batang rumput dirawat dengan maksimal maka pemanenan dapat bertahan hingga bertahun-tahun lamanya.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Rumput Gajah

Setiap bisnis tidak selalu berjalan mulus, seperti cara budidaya rumput gajah pakan sapi agar cepat tumbuh ini tentu kegagalan bukan hal yang tidak mungkin terjadi. Banyak faktor yang menjadi penyebab kegagalan budidaya tanaman rumput gajah. Meskipun pada dasarnya tanaman rumput gajah ini tidak membutuhkan teknik perawatan yang ekstra sehingga penyebab kegagalan yang bisa terjadi juga lebih sedikit.

Jika ditanam berdampingan dengan tanaman jagung maka hama yang mengganggu tanaman jagung dapat beralih ke tanaman rumput gajah ini. Hal tersebut dapat terjadi karena rumput gajah memiliki kemampuan menarik hama penggerek batang sehingga faktor ini menjadi pemicu utama penyebab kegagalan tanaman jika disandingkan dengan tanaman jagung.

6. Harga Bibit Dan Harga Jual Rumput Gajah

Harga jual bibit rumput gajah di pasaran bisa naik dan turun menyesuaikan dengan kebutuhan pembeli. Oleh sebab itu jika melakukan cara menanam rumput gajah lebih baik memperhatikan kondisi pasar pada saat itu sedang stabil atau tidak. Karena biasanya petani rumput gajah hanya menanam untuk digunakan sebagai pakan hewan ternaknya sendiri.

Kelompok Harga Harga Rumput Gajah Sumber
Bibit rumput gajah/king grass 14.000 https://www.tokopedia.com/find/bibit-rumput-gajah
Bibit biji rumput gajah 350.000 https://www.tokopedia.com/find/bibit-rumput-gajah
Bibit rumput gajah stek 900 https://www.tokopedia.com/find/bibit-rumput-gajah
Tanaman rumput gajah 25.000 https://bibitbunga.com/?s=rumput+gajah&post_type=product
Tanaman king grass 15.000 https://bibitbunga.com/?s=rumput+gajah&post_type=product

 

Irma Citama
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Rumput Zanzibar

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Rumput Guatemala

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *