Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Porang

3 min read

cara menanam porang

Cara menanam porang perlu diperhatikan dengan baik agar hasil umbinya besar maksimal dan cepat panen. Mengapa demikian? Karena hasilnya akan berbeda antara cara menanam porang dari katak dan cara menanam porang dari umbi. Begitu juga dengan cara tanam porang di polybag dan cara menanam porang di lahan terbuka. Belum lagi, jarak tanam porang harus tepat agar hasil sesuai dengan luasan lahan. Bagaimana dengan masa panen porang? Semua hal perlu diperhatikan.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang cara budidaya tanaman porang yang baik. Cara menanam porang ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Pokok pembahasan ini ada 6 subjudul yaitu mulai dari bibit tanaman porang hingga harga bibit dan harga jual tanaman porang.

cara budidaya tanaman porang

Cara Menanam Porang

Porang atau Amorphophallus muelleri  merupakan jenis tanaman umbi-umbian. Tumbuhan liar bernama porang ini berasal dari hutan didaerah Sibolga, Tapanuli Tengah. Di pulau jawa sendiri tanaman ini biasa dikenal dengan nama iles-iles. Dan kini telah menjelma sebagai salah satu komoditas ekspor unggulan untuk provinsi Sumatera Utara yang digemari di Negara Thailand, Cina dan Vietnam.

1. Bibit Tanaman Porong

Cara pembibitan porang yang benar agar cepat panen adalah dengan mempertimbangkan beberapa pesyaratan tumbuh. Yaitu dengan jenis tanah yang memiliki pH antara 6-7, kondisi lingkungan, iklim, suhu dan ketinggian daerah tanam.

Pembibitan tanaman porang bisa menggunakan cara vegetatif atau generatif. Ada 3 teknik pembibitan ini yaitu memalui umbi, biji buah porang dan dari Katak atau Bintil tanaman porang.

Langkah awal pembibitan melalui biji harus melalui proses perkecambahan selama 7 hari. Sambil menunggu perkecambahan kamu harus mempersiapkan keperluan untuk menyemai. Diantaranya adalah media penyemaian, wadah semai dan polybag.

Media penyemaian terdiri dari campuran pupuk kandang, tanah yang subur, pasir dengan perbandingan 1:1. Wadah penyemaian bisa kamu gunakan pot tray atau nampan.

Setelah 7 hari kecambah bisa dipindahkan ke wadah penyemaian. Letakkan di tempat yang terlindungi dan jaga kelembaban tanah media semai tersebut. Lalu setelah bibit berusia 35 hari tanaman porang dapat dipindah ke polybag agar lebih luas dalam pembesarannya. Supaya akar cepat menyatu dengan tanah siram menggunakan air pagi dan sore hari.

Kamu juga bisa melakukan pembibitan dengan katak atau bintil porang supaya cara pembibitan porang yang benar agar cepat panen. Karena 1 bulan semai sudah tumbuh tunas yang lumayan panjang dan banyak akar. Cara semainya kurang lebih hampir sama dengan melalui biji tadi.

2. Persiapan Lahan Tanam

Teknik cara budidaya porang di lahan terbuka yang baik adalah dengan menyiapkan lahan tanam yang berorientasi ke pertumbuhan tanaman porang. Di lahan terbuka porang bisa berkembang dengan baik dan normal jika diberikan naungan seperti paranet supaya sinar matahari yang terlalu berlebihan tidak menganggu pertumbuhan tanaman.

Langkah awal persiapan lahan tanam adalah dengan membersihkan area penanaman dari gulma dan tunas pohon yang tidak berguna lagi. Kemudian lakukan pengemburan tanah dengan cara dibajak atau dicangkul.

Setelah proses penggemburan buatlah lubang tanam dengan ukuran lubang sekitar 30×30 cm. Sebelum dilakukan penanaman alangkah baiknya berikan pupuk dasar dengan dosis 0,5 kg/lubang tanam yang sudah dicampur dengan top soil.

Jenis pupuk apa yang tepat? Kamu perlu baca dulu Jenis Pupuk.

Sedikit informasi saja bahwa pertumbuhan porang dapat berpotensi jauh lebih tinggi jika menggunakan sistem pertanian monokultur.

3. Jarak Tanam Tanaman Porang yang Ideal

Buatlah blok antar baris tanaman dan  jalan untuk pengecekan selebar kurang lebih 1,5 meter saja. Kemudian buatlah jarak tanam sekitar 50-100 cm supaya tanaman dapat berkembang tanpa berdesak-desakan dengan porang lainnya. Jarak tanam porang ini penting dalam cara budidaya porang.

Jarak tanam sangat berpengaruh terhadap produksi dan produktivitas porang. Cara tanam porang yang benar dalam hal jarak tanam ini bisa membuat luasan lahan yang dimiliki menjadi optimal.

Yang perlu diperhatikan adalah ada perbedaan antara cara tanam porang di polybag dengan cara menanam porang di lahan terbuka. Untuk menanam dalam polybag bisa lebih rapat karena buahnya biasanya tidak sebesar di lahan terbuka.

4. Cara Menanam Porang

Cara menanam porang akhir-akhir ini memang sedang menjadi trend untuk dipelajari banyak orang khususnya petani. karena tanaman porang memiliki nilai jual yang tinggi dan memiliki manfaat yang banyak juga.

Tanaman porang banyak digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air, lem dan jelly yang beberapa waktu terakhir kerap diekspor ke Negara Jepang.

Umbi porang memiliki kandungan glucomannan berbentuk tepung. Glucomannan bisa digunakan sebagai zat aditif makanan seperti emulsifier dan pengental.Dapat digunakan juga untuk pembuatan komponen pesawat terbang.

Teknik cara budidaya porang di lahan terbuka yang baik juga harus mengetahui waktu penanaman dan perawatannya juga.

Cara menanam porang sebaiknya dilakukan pada saat awal musim hujan yang biasanya terjadi pada bulan oktober sampai desember. Porang juga terbilang cukup mudah dalam merawatnya.

Perawatan tersebut memiliki tahapan-tahapan diantaranya adalah pembersihan gulma, peninggian guludan, pemupukan dan penjarangan.

Pemupukan terbagi menjadi 2 tahap yaitu pada sebelum proses tanam menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang.

Jenis pupuk lain yang tidak kalah penting adalah Pupuk Daun, agar nutrisi by pass.

Pemupukan kedua dilakukan pada saat porang sudah mulai tumbuh dengan menggunakan pupuk organik atau anorganik seperti NPK atau TSP.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Porang

Cara menanam porang juga harus mengetahui apa saja yang dapat membuat porang gagal tumbuh. Faktor utama dari kegagalan ini merujuk pada pemilihan bibit.

Pembibitan dari katak pastikan anda memilih bibit dengan kualitas baik. Yaitu dengan memahami ciri-ciri dan waktu pengambilan bibit yang benar.

Jangan lakukan pengambian bibit pada bulan ke 3-4 ( waktu dorman) kerena bibit akan mudah terseang jamur, busuk bahkan tidak akan tumbuh.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Tanaman Porang

Berikut ini harga bibit dan harga jual porang.

Nama Harga Sumber
Bibit Umbi Porang(500gr)   70.000 https://shopee.co.id/product/179506285/6202496045?smtt=0.308609126-1601076396.9
Katak Porang Mini (1kg) 299.000 https://shopee.co.id/product/68143952/5239765976?smtt=0.308609126-1601076469.9
Tepung Porang 6.750 https://shopee.co.id/product/42361077/7008755860?smtt=0.308609126-1601076696.9

Nah itu tadi beberapa hal tentang cara budidaya porang. Barang kali ini tidak sepenuhnya menjadi cara tanam porang yang benar dan terbaik. Namun setidaknya ini bisa menjadi gambaran umum sebagai awalan dan dasar.

Yang perlu diperhatikan adalah pada jarak tanam porang pada metode cara tanam porang di polybag atau cara menanam porang di lahan terbuka. Selain itu juga perlu dibedakan antara cara menanam porang dari katak dengan cara menanam porang dari umbi.

Masa panen porang juga berpengaruh terhadap optimal atau tidaknya produksi. Cara menanam porang cepat panen apabila belum optimal tentu keuntungan juga tidak maksimal. Sekian dulu, semoga bermanfaat.

Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Padi

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Ubi Jalar

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Wortel

Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *