Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Pohon Salam

2 min read

cara menanam salam

Salam atau Syzygium Polyanthum  merupakan tanaman penghasil rempah yang kerap ditemukan di Indonesia. Bagian utama dalam penggunaannya sebagai rempah pengharum masakan adalah daunnya. Lalu bagaimana sih cara menanam pohon salam tersebut ? Simak artikel ini

Kali ini Nonatani akan membahas tentang cara budidaya pohon salam. Cara menanam pohon salam ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 subjudul yang menarik untuk kamu baca yaitu bibit pohon salam hingga harga bibit dan harga jual salam.cara menanam daun salam di pot dan polybag dari stek

Cara Menanam Pohon Salam

Kayu pohon salam berwarna coklat kemerahan dengan kualitas menengah. Kayunya dapat dipergunakan untuk bahan bangunan dan bahan pembuatan perabot rumah tangga. Kulit batang dan daun salam dipercaya biasa menyembuhkan sakit perut dalam pengobatan tradisional.

1. Bibit Pohon Salam

Terdapat beberapa cara untuk perbanyakan pohon salam, yaitu melalui biji atau stek batang. Biasanya perbanyakan pohon salam menggunakan teknik stek karena akan menghasilkan tanaman yang tumbuh cepat dan perawatannya terbilang mudah.

Supaya cara menanam pohon salam dapat berhasil, kamu harus memperhatikan beberapa persyaratan berikut. Karena menggunakan cara budidaya daun salam dari stek, tentukan dulu percabangan yang paling produktif dari batang pohon salam.

Pilih cabang pohon salam yang rantingnya miminal hanya 3 buah saja. Lalu potong percabang yang sepanjang 20 cm. Jangan lupa sebelum memotong siapkan dulu media tanam stek dengan menggunakan wadah polybag yang sudah terisi campuran pupuk organik dan tanah.

Sekarang kamu bisa mulai menanam bibit tersebut. Jika melakukan cara budidaya daun salam dari stek usahakan di tempat yang sejuk dan intensitas cahaya matahari tidak terlalu banyak. Tanam bibit stek dengan posisi tegak dan rawatlah dengan baik sebelum dipindah tanam.

2. Persiapan Lahan Tanam

Cara menanam daun salam di pot dan polybag bisa kamu lakukan dengan mudah. Dan jika kamu orang yang sibuk, kamu bisa menanamnya sendiri di rumah. Jadi jika kamu ingin memasak dan memerlukan daun salam tinggal mengambilnya.

Meskipun tanaman salam adalah jenis tumbuhan perkebunan tetapi bisa ditanam menggunakan pot atau polybag dan akan menguntungkan kamu yang tidak memiliki pekarangan banyak seperti di perkotaan. Walaupun terlihat mudah tetap diperlukan pengetahuan dalam menanamnya. Hal ini supaya daun salam tumbuh subur.

Untuk cara menanam daun salam di pot dan polybag bahan yang butuhkan cukup sedikit yaitu tanah dan pupuk organik. Campur kedua bahan media tanam tersebut sampai rata dengan perbandingan 1:1.

Kemudian isi campuran media tanam tersebut kedalam pot atau polybag yang berukuran besar. Gunakan ukuran wadah tanam yang besar untuk menangulangi jika tanaman sudah tumbuh besar tidak kekurangan tempat dalam pemanjangan akar.

Buat lubang lalu tanam stek hasil pembibitan tadi. Gunakan juga ajiran supaya batang tumbuh tegak keatas. Siram dengan air dan tunggu sampai tanaman tumbuh besar lalu ambil daunnya untuk bumbu masakan.

3. Jarak Tanam Pohon Salam yang Ideal

Tanaman salam juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias lho. Seperti pembuatan bonsai pohon salam misalnya. Untuk itu kamu bisa menanamnya di pot dengan ukuran dan jarak yang disesuaikan.

4. Cara Menanam Pohon Salam

Bisa saja cara menanam pohon salam tidak dibarengi dengan perawatan. Tetapi tanaman bisa kurang subur. Berikut contoh perawatannya.

  • Penyiraman Pohon Salam

Pada musim kemarau sebaiknya dilakukan penyiraman dilakukan setiap 2×1 hari. Sedangkan pada musim penghujan, kamu tinggal mengontrol kondisi tanah disekitar tanaman agar tidak tergenangan. Dengan membuat parit kecil supaya air mengalir jika tergenang.

  • Pemupukan Susulan

Pemupukan juga diperlukan supaya tanaman cepat tumbuh dan subur. Kamu bisa menggunakan pupuk organik atau pupuk kimia dalam pemupukan susulan ini. Jika menggunakan pupuk kimia lakukan dengan dosis dan waktu terukur.

  • Penyiangan Gulma

Agar pohon salam tidak tergangu pertumbuhannya dan memaksimalkan nutrisi yang diberikan karena ada gulma yang tumbuh lakukan pembersihan secara bertahap. Pembersihan pertama saat pohon salam berusia 3 minggu. Setelah itu kamu dapat melakukan  pembersihan gulma setiap 2 bulan sekali atau menyesuaikan.

  • Pemangkasan dan Pengendalian Hama & Penyakit

Lakukan lemangkasan daun salam jika tanaman terserang penyakit supaya tidak menyebar. Hal ini merupakan penanganan secara manual.

Tetapi kamu juga bisa menggunakan pestisida untuk mengatasinya secara kimiawi. Berikan sesuai anjuran yang sudah ada. Karena jika berlebihan akan mencemari lingkungan.

  • Merangsang Pertumbuhan Daun

Jika kamu menginginkan daun salam yang lebar dan berkualitas siapkan hormon perangsang pertumbuhan daun. Biasanya hormon perangsang yang digunakan adalah POC BMW.

Penggunaannya aplikasikan dengan air sebanyak 15 liter. Kemudian campurkan hormon perangsang sebanyak 2 – 3 tutup POC BMW. Dan lakukan selama 1 bulan sekali saja.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Pohon Salam

Kegagalan cara menanam pohon salam lebih tertuju dari serangan hama kutu trioza alacris. Hama ini mengisap getah pada bagian batang dan daun salam. Gejala yang ditimbulkan daun bagian pinggir akan kriting kemudian berubah warna kekuningan lalu cokelat dan akhirnya berguguran.

6. Harga Bibit Dan Harga Jual Salam

Nama Harga Sumber
Bibit Salam Rp8.000 https://shopee.co.id/product/58329970/1693320632?smtt=0.308609126-1603252541.9
Bibit Salam Koja Rp7.500 https://shopee.co.id/product/9181472/7311149940?smtt=0.308609126-1603252610.9
Daun Salam Rp980 https://shopee.co.id/product/227997375/7317584083?smtt=0.308609126-1603252701.9

 

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Tanaman Kemukus

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Kapulaga

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *