Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Pohon Bidara

2 min read

cara menanam pohon bidara

Cara menanam pohon bidara atau Ziziphus mauritiana merupakan salah satu pohon yang berasal dari Negara China. Bagi kamu yang belum mengenal atau mengetahui pohon bidara ini, memiliki ukuran pohon yang mencapai 40 kaki serta memiliki warna daun hijau dan mengkilap atau berwarna abu-abu terang.

Meskipun pohon bidara ini diketahui berasal dari Negara China, namun pohon bidara dapat juga ditanam di Indonesia yang memang sesuai dengan jenis iklim tropis. Kali ini Nonatani akan membahas tentang cara budidaya pohon bidara ini secara sederhana. Sehingga setelah ini kamu bisa mencoba untuk melakukan cara menanam pohon bidara, misalnya pada pohon bidara arab dari stek batang.cara merawat pohon bidara arab dengan batang di depan rumah

Cara Menanam Pohon Bidara

Bagi yang belum mengetahui apa itu pohon bidara mungkin ketika disebut namanya saja terasa begitu asing di telinga. Meskipun ada juga sebagian masyarakat yang sudah mengetahui apa itu pohon bidara. Pohon bidara ini ternyata dapat menghasilkan buah berbentuk oval atau lonjong berwarna hijau. Ketika sudah matang maka warna buahnya berubaha menjadi kecoklatan. Berikut ini cara menanam pohon bidara yang baik dan benar.

1. Pembuatan Bibit Pohon Bidara dari Stek Batang

Untuk menanam pohon bidara tentu perlu mendapatkan bibit pohon bidara yang terbaik. Bibit pohon bidara tersebut bisa didapat dengan cara mencangkok atau stek. Cara budidaya pohon bidara dari batang, yang harus diperhatikan adalah pastikan kondisi batangnya tegak lurus dan pada ujungnya memiliki kuncup.

Sedangkan pada bagian daun yang terletak di ujung harus berwarna hijau cerah atau hijau kemerahan. Pada umumnya bibit yang bagus tidak ada tanda bekas termakan ulat bulu serta kondisi daunnya tidak menggulung atau mengeriting.

Cara budidaya pohon bidara dari batang selanjutnya perhatikan bagian akar dan buahnya. Bibit yang berkualitas memiliki akar yang banyak sedangkan kondisi buahnya sendiri berwarna kulit cerah dan berukuran normal.

2. Pembuatan Media Tanam Pohon Bidara

Cara menanam pohon bidara yang kedua adalah dengan mempersiapkan media tanam sebagai wadah penanaman tanaman pohon bidara tersebut. Taburkan benih yang sudah didapat ke dalam pot berukuran 5 inci dengan kedalaman sekitar ½ inci. Kemudian sirami pot tersebut untuk menjaga kesuburan tanah.

Untuk hasil yang ideal letakkan bibit di dalam rumah kaca agar kondisi pot tetap hangat dengan suhu mencapai 80 derajat Fahrenheit ketika menjelang siang hari dan 50 derajat Fahrenheit ketika malam hari. Lakukan pemantauan secara rutin tentang kelembapan pot karena kondisi pot lebih cepat mengering.

Namun hal tersebut dapat disiasati dengan cara menambahkan air pada bagian atas pot hingga ¼ inci.

3. Jarak Tanam Pohon Bidara Arab Yang Ideal

Cara menanam pohon bidara yang ketiga adalah memperhatikan jarak tanam yang ideal bagi tanaman bidara tersebut. Sebenarnya untuk jarak tanam pohon bidara ini dapat disesuaikan dengan ketersediaan lahan yang akan digunakan.

Atau kamu bisa juga memanfaatkan pot atau polybag yang ukurannya sesuai dengan pohon bidara tersebut. Tebarkan satu benih pada masing-masing pot, dengan begitu pohon bidara dapat tumbuh dengan ruang untuk bergerak dan bernafas yang tercukupi.

4. Cara Menanam Pohon Bidara

Cara menanam pohon bidara selanjutnya adalah melakukan perawatan secara sabar dan telaten. Untuk mendapatkan 4 hingga 5 cabang lakukan pemangkasan untuk secara rutin. Selain itu agar pucuk daun bidara dapat menghasilkan bunga, maka pemangkasan bisa juga dilakukan pada bagian pucuk-pucuk pohon bidara tersebut.

Cara merawat pohon bidara dari pembibitan ini cukup mudah. Buah yang berkualitas dan tumbuh subur juga bisa didapat dari hasil pemangkasan tersebut. Pada masa panen pemangkasan tetap dilakukan karena pada saat itu daun-daun bidadara mulai berguguran.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Pohon Bidara

Penyebab kegagalan dalam cara merawat pohon bidara dari pembibitan ini sama dengan tanaman lainnya yaitu sangat rentan dengan kehadirannya hama dan penyakit. Hama yang paling sering mengganggu pohon bidara ini adalah lalat buah yang membuat tanaman bidara menjadi rusak.

Selain lalat buah, ada lagi hama yang menyebabkan kegagalan pohon bidara yaitu ulat daun, penggerek buah, kutu bubuk dan kutu loncat. Namun hal tersebut bisa diminimalisir dengan menyemprotkan pestisida ke bagian pohon bidara tersebut.

6. Harga Jual Bibit Pohon Bidara

Tibalah di cara menanam pohon bidara yang terakhir yaitu masa panen. Yang perlu diketahui buah bidara ini tidak matang secara serempak jadi proses pemanenan dapat dipilih dengan cara memilih buah yang sudah matang atau berwarna kecoklatan.

Dalam satu kali masa panen setidaknya membutuhkan 4 kali pemetikan buah bidara yang sudah siap panen. Untuk harga jualnya sendiri bermacam-macam kisarannya.

  • Bibit pohon bidara arab Rp 40.000
  • Bibit pohon bidara arab super Rp 45.000
  • Bibit pohon bidara arab SIDR murah Rp 8.400
  • Bibit bidara arab 20 cm up daun bidara Rp 8.000
  • Bibit pohon bidara arab unggul Rp 4.500
  • Tanaman herbal bibit bidara arab Rp 7.500
  • Pohon bidara bibit bidara arab tinggi 50 cm lebih Rp 50.000
  • Bibit pohon bidara arab super 50-60 cm Rp 50.000
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Mengkudu

Hendrasap
3 min read

Sambiloto

Hendrasap
3 min read

Mahkota Dewa

Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *