Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Pegagan

2 min read

cara menanam pegagan

Pegagan atau Centella Asiatica merupakan tanaman herba tahunan yang tumbuh menjalar dan berbunga sepanjang tahun di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Tanaman ini tersebar di asia tenggara seperti Indonesia, India, Republik Rakyat Tiongkok, Jepang dan Australia kemudian menyebar ke berbagai negara-negara yang memiliki iklim tropis. Lalu bagaimana cara menanam pegagan ya ?

Kali ini Nonatani akan membahas tentang budidaya tanaman obat pegagan. Cara menanam pegagan ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 subjudul yang menarik dibaca, Yuk simak artikelnya sekarang juga!cara budidaya tanaman pegagan

Cara Menanam Pegagan

Pegagan yang simplisianya dikenal dengan sebutan Centella Herba karena memiliki berbagai kandungan untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Kandungan Glikosida Triterpenoida dipercaya sangat ampuh untuk menyembuhkan luka. Kegunaan lain tanaman pegagan yaitu sebagai penutup tanah, dimakan sebagai sayuran dan lalapan.

1. Bibit Tanaman Pegagan

Cara budidaya tanaman pegagan dapat melalui bijinya. Tapi cara perbanyakan dari biji pegagan ini pertumbuhannya sangat lambat yaitu sekitar 2-5 bulan untuk berkecambah. Lalu masa pertumbuhan ke tanaman dewasa membutuhkan waktu sampai 3 bulan.

Untuk mempercepat pertumbuhan dan masa panen, gunakan metode vegetatif dengan menggunakan stolon atau tunas anakan saja. Pilih bibit dari indukan yang sudah berumur setahun. Syarat bibit yang bagus harus memiliki stolon dengan minimal 2 calon tunas.

Semai dulu bibit pegagan selama 2-3 minggu. Gunakan wadah semai berupa polibag kecil lalu isi dengan campuran tanah dan pupuk organik. Letakkan persemaian di tempat dengan naungan sinar matahari yang cukup dan rawat setiap hari.

2. Persiapan Lahan Tanam

Cara menanam pegagan berikutnya yaitu harus mempertimbangkan syarat tumbuh agar tanamanmu tumbuh maksimal. Tanaman daun pegagan tumbuh baik di kawasan panas yang memiliki curah hujan sekitar 8-9 bulan dengan suhu 20-25°C dan kelembaban antara 70-90%.

Tanaman pegagan sebenarnya dapat tumbuh di mana saja selama tanah tersebut subur dan memiliki ph 6-7. Jika kamu tinggal di dataran rendah, jangan khawatir pegagan tidak tumbuh karena ketinggian untuk tumbuh pegagan bisa 1-2500 mdpl.

Cara menanam daun pegagan air dalam pot adalah langkah yang tepat jika kamu tinggal diperkotaan kalau tidak memiliki lahan untuk berkebun. Budidaya pegagan ini bisa dilakukan dalam skala ekonomis ataupun hanya untuk tanaman hias.

Siapkan pot untuk wadah kemudian isi dengan campuran media tanam yang mudah menyimpan air. Tanam bibit yang sudah kamu semai atau beli. Gunakan pupuk organik untuk menunjang pertumbuhan tanaman daun pegagan.

3. Jarak Tanam yang Ideal

Penanaman tanaman daun pegagan sebaiknya kamu lakukan pada awal musim hujan. Olah tanah sebelum penanaman kemudian buat bedengan dan saluran drainase untuk mencegah terjadinya genangan di lahan. Jika kamu melakukan penanaman dilahan siapkan bedengan dengan jarak tanam per pegagan 20 – 25 cm dan jika kamu menggunakan cara menanam daun pegagan air dalam pot atur jarak sesukamu.

4. Cara Menanam Pegagan

Pada subjudul ini aku akan membahas tentang perawatan tanaman obat seperti pegagan ini misalnya. Tanaman obat tidak memerlukan pemeliharaan secara khusus tapi ketersediaan air harus diperhatikan karena air adalah salah satu faktor penentu keberhasilan budidaya tanaman obat.

– Pemupukan Susulan

berikan pupuk organik secukupnya. Mengapa tidak menggunakan pupuk kimia ? karena pupuk organik dapat memperbaiki struktur tanah dan sebagai sumber zat makanan bagi tanaman. Pupuk organik juga akan mengurangi pencemaran yang ditimbulkan pupuk kimia bahkan menghemat biaya juga hehe.

– Penyulaman

Jika ada bibit yang mati atau pertumbuhannya tidak normal segera lakukan penyulaman supaya memperoleh hasil panen yang seragam. Selain itu agar tidak ada shaf tanaman yang kosong oleh bibit tanaman.

– Penyiraman

Siram tanaman seperlunya saja misalnya saat tanaman masih kecil lakukan penyiraman menggunakan spray sehari 2 kali. Tanaman yang sudah besar relatif tidak memerlukan penyiraman. Seandainya media tanam kering, siram sebanyak 1 kali saja.

– Penyiangan dan Pebumbunan

Gulma yang tumbuh akan mempengaruhi perkembangan tanaman pegagan. Lakukan penyiangan secara berkala yakni sebanyak 1 atau 2 kali selama masa tumbuh dan bisa dilakukan bersamaan dengan pembumbunan tanah.

Dengan melakukan perawatan yang baik maka cara menanam pegagan akan menghasilkan tanaman obat yang berkualitas. Selain itu kamu tidak perlu beli untuk mendapatkan khasiat tanaman ini.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Pegagan

Apakah kamu memiliki banyak tanaman di dalam ruangan? Jika iya pasti selalu ingin tanaman tersebut sehat dan cantik dong.

Salah satu cara membuat tanaman tetap cantik dan sehat ya dengan melakukan perawatan, tapi karena cara budidaya tanaman pegagan dengan perawatan yang berlebihan malah membuat tanaman layu lho. Penyebab layu diantaranya adalah terlalu banyak memberi air, kurangnya cahaya, tanaman kekurangan nutrisi, terserang penyakit akibat jamur dan bakteri, penumpukan garam pada tanaman.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Pegagan

Setelah membaca cara menanam pegagan apakah kamu tertarik untuk mencobanya ? jika nggak mau ribet ada kok di toko online. Berikut beberapa harga pegagan.

Nama Harga Sumber
Pegagan Rp3.960 https://shopee.co.id/Pegagan-bibit-pegagan-tanaman-pegagan-i.44177516.868418487
Pegagan Air Rp9.000 https://shopee.co.id/Pegagan-air-Tanaman-herbal-pegagan-air-bibit-herbal-pegagan-air-i.175575176.2792564498
Benih Pegagan Rp17.000 https://shopee.co.id/BENIH-PEGAGAN-CENTELA-ASIATICA-i.21043918.1642862886
Bibit Pegagan Rp7.800 https://shopee.co.id/bibit-tanaman-toga-herbal-pegagan-tapal-kuda-antanan-daun-kaki-kuda-i.261874512.7452665596

 

Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Mengkudu

Hendrasap
3 min read

Sambiloto

Hendrasap
3 min read

Mahkota Dewa

Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *