Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Okra

2 min read

cara menanam okra

Okra atau Abelmoschus esculentus Moench merupakan jenis tanaman berbunga yang berasal dari daerah Ethiopia. Sayuran ini biasanya tumbuh di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Lalu bagaimana sih cara menanam okra yang benar ? Yuk simak artikelnya !

Kali ini Nonatani akan membahas tentang cara budidaya tanaman sayur okra. Cara menanam okra ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 subjudul yang menarik untuk kamu baca mulai dari Bibit Okra sampai Harga Bibit dan Harga Jual Okra.cara budidaya okra

Cara Menanam Okra

Okra berukuran seperti cabai hijau besar, berbulu dan memiliki warna hijau. Okra bisa kamu olah menjadi tumisan, campuran salad, kari, balado. Sayuran ini memiliki manfaat mengobati anemia, menguatkan tulang, menurunkan kolesterol, menyembuhkan diabetes, menjaga kesehatan mata dll.

1. Bibit Okra

Cara menanam okra yang pertama adalah menyiapkan benih yang berkualitas. Okra yang berkualitas tumbuh di tanah berpasir dengan ph 5,5-7 dan pengairan yang baik pula. Okra juga  dapat tumbuh di dataran rendah atau tinggi pada segala jenis tanah.

Tanaman Okra biasanya diperbanyak dengan cara generatif. Pilih benih okra yang sudah tua, berwarna hitam dan pastikan indukan berbuah lebat dan sehat. Rendam benih dengan air hangat selama 4-6 jam kemudian pilihlah benih yang tenggelam saat perendaman.

Setelah itu, benih dapat disemai dalam cara budidaya tanaman okra merah di pot dan polybag yang sudah diisi media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang. Tunggu sampai bibit berkuran 15-20 cm sambil dirawat dengan benar.

Jika kamu ingin lebih simple, benih okra biasa ditanam langsung kok. Metoda ini dinilai lebih menguntungkan karena tidak memerlukan perlakuan khusus sebelum tanam seperti perendaman tadi. Sebar benih di tanah sampai merata dan tutup dengan tanah tipis, tunggu hingga siap tanam.

2. Persiapan Lahan Tanam

Tanaman okramu akan tumbuh baik jika berada di ketinggian 600-800 mdpl dan memiliki curah hujan sekitar 1700-3000 mm/th. Jika menanam okra usahakan sinar matahari dapat masuk secara penuh. Suhu yang cocok untuk okra adalah 24-28 0C. Kamu juga bisa melakukan cara budidaya tanaman okra merah di pot dan polybag, berikut penjelasannya.

Siapkan polybag, pot atau kaleng bekas untuk wadah penanamannya. Beri lubang dibawah wadah dan masukkan batu kecil supaya lubang tidak tersumbat tanah. Lalu isi polybag atau pot dengan media tanam yang sudah dicampur pasir/sekam dan kompos.

Setelah bibit Okra memenuhi persyaratan tanam, pindahkan ke wadah tanam. Buat lubang lalu ambil bibit beserta tanah di sekitar akar. Masukkan bibit ke lubang dengan posisi tegak, beri ajir jika diperlukan.

3. Jarak Tanam Okra yang Ideal

Menanam dilahan akan baik jika kamu memberi jarak antar okra sekitar 90-125 cm x 28-62 cm. Untuk di wadah seperti pot sih tidak memerlukan banyak jarak, tinggal susun dengan rapi. Apalagi okra merah, warnanya yang menarik dapat kamu jadikan tanaman hias di ruangan rumah.

4. Cara Menanam Okra

Perawatan okra atau bendi perlu dilakukan supaya masa panen okra dari benih tepat waktu dan memiliki kualitas yang baik. Perawatannya pun cukup mudah, berikut perawatan yang bisa kamu lakukan sendiri.

– Penyiraman

Tanaman ini bisa rusak, jadi penyiraman dilakukan dengan hati-hati dan tepat waktu. Jika media tanam mudah kering, siram sebanyak dua kali sehari saja yaitu pagi dan sore. Beda kalau media tanam cenderung lembab, cukup siram pagi atau sore saja. Untuk siang hari jangan disira ya, karena akan membuat tanaman layu.

– Pemupukan

Kamu bisa menggunakan pupuk organik dalam pemupukan susulan ini. Jika menggunakan pupuk kimia sesuaikan dengan dosis dan cara menggunakan pupuk tersebut. Biasanya ada petunjuknya kok di kemasan pupuk itu.

– Pemasangan Ajir

Ajir atau alat penegak tanaman yang terbuat dari bilah bambu dapat kamu gunakan supaya tanamanmu berdiri tegak. Pemasangan ajur dilakukan setelah tanaman memiliki tinggi 17 – 25 cm. Ikat dengan tali rafia ketika tanaman sudah cukup tinggi.

– Penyulaman, Penyiangan dan Pembumbunan

Penyulaman dilakukan jika ada tanaman yang mati atau rusak. Sambil menyulami bersihkan gulma dengan cara dicabut. Karena ditanam dalam pot lakukan juga pembumbunan tanah, terutama jika tanah di sekitar tanaman mulai tergerus.

Masa panen okra dari benih memang tidak seragam. Biasanya panen okra akan dilakukan 65-95 hari setelah tanam dan tergatung kualitas benih, lingkungan serta perawatan tanaman. Jadi siapkan semua kebutuhan dengan benar.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Okra

Cara menanam okra harus tahu apa saja hama dan penyakit okra. Misalnya kutu daun, ulat gerayak, tungau, busuk daun, antraknosa, bercak daun dll. Hama akan semakin tinggi pada musim kemarau sedangkan untuk musim penghujan biasanya aka nada penyakit yang muncul.

Tenang, kamu dapat mengatasi semua kegagalan itu dengan cara menyemporotkan insektisida atau fungisida. Jangan lupa, pastikan sesuai dosis penggunaannya.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Okra

Berikut ini harga okra yang ada ditoko online. Tunggu apa lagi, yuk lakukan cara menanam okra di rumahmu!

Nama Harga Sumber
Bibit Okra Rp17.000 https://shopee.co.id/BIBIT-OKRA-OKRA-LOUSIANA-GREEN-VALVET-HAIRA-SEED-KEMASAN-ASLI-PABRIK-i.170209836.6432193816
Benih Okra Hijau (10 biji) Rp5.000 https://shopee.co.id/10-Biji-Benih-Okra-Hijau-Bibit-Unggul-i.164192537.3814348071
Benih Okra Merah (7 biji) Rp5.000 https://shopee.co.id/7-BENIH-OKRA-MERAH-F1-bibit-tanaman-pertanian-sayur-sayuran-herb-herbal-i.34640423.484506586
Okra Hijau 250 gr Rp16.000 https://shopee.co.id/OKRA-HIJAU-250-gram-SEGAR-i.251691143.6635779268

 

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Kembang Kol

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Brokoli

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Porang

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *