Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Mengkudu

3 min read

cara menanam mengkudu

Cara Menanam Mengkudu bagi sebagian orang memang belum banyak yang tahu. Tanaman Mengkudu atau Morinda citrifolia berasal dari daerah Asia Tenggara. tinggi tanaman mengkudu dewasa bisa mencapai 8 meter, bunganya berbentuk bongkol berwarna putih dan ketika buah sudah tua akan berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang tahapan menanam mengkudu. Cara menanam mengkudu ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat beberapa subjudul yang menarik untuk dibaca dan pahami, tunggu apa lagi yuk simak sekarang juga!

cara budidaya tanaman mengkudu

Cara Menanam Mengkudu

Masyarakat Betawi biasanya memanfaatkan daun mengkudu muda untuk membuat nasi goreng Betawi. Sedangkan masyarakat Aceh menggunakan buah mengkudu untuk dibuat sayur dan rujak. Selain itu, mengkudu ini juga bermanfaat untuk kesehatan yaitu mencegah dan memperbaiki kerusakan sel tubuh, menjaga kadar kolesterol dalam darah, mengurangi nyeri sendi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kadar gula darah dan menjaga berat badan tetap ideal.

1. Bibit Tanaman Mengkudu

Cara menanam mengkudu bisa dengan perbanyakan generatif yaitu dengan biji dan stek batang atau vegetatif. Jika menggunakan perbanyakan generatif pasti membutuhkan waktu yang agak lama tetapi perbanyakan stek perakarannya kurang kuat. intinya kedua cara perbanyakan ini memiliki sisi positif dan negatif.

Langkah yang paling mudah adalah membeli bibit siap tanam. Pastikan sebelum membeli bibit, tinggi tanaman sudah 0,5-1 meter dan berumur 2,5-3 bulan. Kamu juga bisa melakukan pembibitan sendiri seperti berikut ini.

  • Pembibitan dengan biji
  1. Siapkan biji dari indukan yang unggul dan sudah dijemur selama 1 minggu.
  2. Buat bedengan pada tanah yang subur, tidak terdapat kerikil maupun batu dan dekat sumber air. Menyemai juga bisa kamu lakukan langsung pada polybag yang di isi media tanam yang bagus.
  3. Campur media semai berupa tanah subur, pupuk organic dan sekam. Gunakan plastic polybag yang berukuran 15 x 15 cm saja.
  4. Tanam biji dan rawat sampai bibit siap kamu tanam. ketika berumur 1,5-2 bulan bibit mengkudu sudah siap tanam.
  • Pembibitan vegetatif
  1. Pembibitan dengan cara budidaya mengkudu dari batang stek harus kamu peroleh dari batang indukan yang bagus supaya bisa tumbuh.
  2. Potong batang yang bagus tadi sekitar 20 cm. Buang daun tua dan sisakan yang muda saja.
  3. Tanam batang stek tersebut pada polybag yang di isi dengan tanah subur dan pupuk kandang.
  4. Jangan lupa merawatnya supaya perakaran cepat tumbuh banyak.

2. Persiapan Lahan Tanam

Pilihlah lokasi yang baik untuk cara budidaya mengkudu dari batang. Hal ini karena tanaman mengkudu bisa tumbuh hingga 8 meter dan memiliki batang yang besar. Selain itu siapkan lahan supaya bersih dari guma.

Langkah pertama adalah membersihkan gulma dan akar tanaman lain yang tersisa. Gemburkan tanah dengan menggunakan cangkul. Kemudian buatlah lubang tanam dengan ukuran 20×15 cm dan kedalaman 10-15 cm.

Masukkan pupuk oganik pada lubang tersebut supaya bibit cepat tumbuh. Diamkan beberapa hari supaya gas dalam pupuk menguap.

Jika lahan sudah siap lakukan penanaman bibit dengan cara membuka plastic polybag secara hati-hati agar akartidak putus. Masukkan juga media tanah yang menempel pada akar. Tutup lubang dengan tanah dan beri ajir supaya tidak roboh.

3. Jarak Tanam Bibit Mengkudu yang Ideal

Menanam bibit mengkudu seharusnya mempertimbangkan jarak yang ideal juga. Hal ini bertujuan memberikan ruang berlebih untuk tanaman mengkudu berkembang dan berbuah lebat. Pertumbuhan mengkudu yang bisa mencapai tinggi 8 meter tentunya membutuhkan banyak ruang, oleh karena itu pada saat menanam bibit berilah jarak yang ideal yaitu 2-3 meter.

4. Cara Menanam Mengkudu

Secara umum cara merawat buah mengkudu dari biji sama dengan cara perawatan tanaman obat pada umumnya. Banyak manfaat jika kamu melakukan perawatan ini yaitu buah yang dihasilkan akan bertambah banyak, tanaman menjadi sehat dan nutrisi tanaman terpenuhi. Tapi sebaliknya jika kamu mengabaikan perawatan tanaman pasti pertumbuhannya akan terganggu.

  • Penyulaman
    Ketika bibit selesai ditanam biasanya akan ada bibit yang tidak tumbuh atau rusak. Maka segera lakukan penyulaman untuk menyamaratakan umur tanaman.
  • Penyiraman secara rutin
    Lakukanlah penyiraman pada pagi atau siang hari. Namun ketika musim kemarau tiba penyiraman dapat ditambah. sesuaikan frekuensi penyiraman agar kebutuhan air untuk tanaman terpenuhi dengan baik.
  • Pemupukan
    Supaya pertumbuhan mengkudu dapat optimal maka lakukanlah pemupukan. Pupuk yang digunakan bisa dari pupuk organik maupun pupuk kimia. Yang jelas gunakan pupuk kimia sewajarnya saja karena penggunaan yang berlebihan justru akan merusak tanah.
  • Penyiangan
    Setelah perawatan di atas pasti gulma akan tumbuh secara lebat jika tidak ada penyiangan. Gulma ini mengakibatkan tanaman bisa terserang penyakit dan menjadi pesaing dalam pengambilan unsur hara dalam tanah. Lakukanlah penyiangan rutin setiap 2-3 bulan sekali.
  • Pemangkasan
    Nah supaya tanaman tumbuh baik, sehat dan cepat berbuah lakukan cara merawat buah megkudu dari biji dengan pemangkasan. Tanaman rimbun akan berdampak buruk bagi tanaman yaitu menggangu sirkulasi udara sehingga tajuk lembab dan munculah cendawan. Jadi pangkas ranting-ranting yang tumbuh berlebihan.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Mengkudu

Melakukan cara menanam mengkudu tidak selamanya mudah. Mengapa demikian ? Tentu saja karena serangan hama dan penyakit yang bisa menggangu pertumbuhan tanaman mengkudu.

Hama yang sering ditemukan pada mengkudu adalah ulat daun dan kutu putih. Ulat daun akan menggerogoti daun sedangkan kutu putih akan menghisap cairan di jaringan daun sampai berupah warna menjadi kuning lalu mengering.

Sedangkan penyakit yang bisa kamu temukan pada mengkudu adalah cendawan. Penyakit ini akan muncul setelah serangan hama kutu putih. Untuk menanggulangi serangan hama dan penyakit ini kendalikan dengan cara mekanis atau menggunakan pestisida organik.

6. Harga Bibit dan Harga Mengkudu

Setelah membaca cara menanam mengkudu diatas apakah kamu tertarik untuk melakukannya di rumah ? jika kamu tertarik berikut ini referensi harga bibit dan harga megkudu yang ada pada toko online.

Nama Harga Sumber
100 Benih Biji Mengkudu Pilihan Rp9.900 https://shopee.co.id/100-Benih-Biji-Mengkudu-Pilihan-(Morinda-Citrifolia-Pace-Noni)-i.303702178.4757608420
Bibit Pohon Mengkudu Rp20.000 https://shopee.co.id/Bibit-Pohon-Mengkudu-Bibit-Tanaman-Mengkudu-Buah-Mengkudu-Cangkudu-Tanaman-Obat-Herbal-i.47122771.1083430082
Buah mengkudu / pace Rp500-Rp1000 https://shopee.co.id/Buah-mengkudu-pace-i.161249248.4141277709
MENGKUDU HERBAL JAMU SUPLEMEN KESEHATAN OBAT KANKER ISI 50 KAPSUL Rp24.120 https://shopee.co.id/MENGKUDU-HERBAL-JAMU-SUPLEMEN-KESEHATAN-OBAT-KANKER-ISI-50-KAPSUL-i.292999416.5545987742

 

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Sambiloto

Hendrasap Hendrasap
3 min read

Mahkota Dewa

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Pegagan

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *