Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Mahoni

2 min read

cara menanam mahoni

Pohon Mahoni atau Swietenia Macrophylla  merupakan tanaman kayu yang memiliki sifat dapat hidup ditanah gersang sehingga mudah ditemui dipinggir jalan. Beberapa tahun kebelakang ini mahoni mulai ditanam untuk diambil kayunya karena memiliki kualitas kayu keras dan mempunyai nilai ekonomis cukup tinggi. Lalu bagaimanakah cara menanam mahoni tersebut ? Yuk simak artikelnya.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang cara budidaya tanaman mahoni. Cara menanam mahoni dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 subjudul menarik yaitu bibit pohon mahoni sampai harga bibit dan harga jual mahoni.Cara budidaya pohon mahoni

Cara Menanam Mahoni

Tanaman mahoni bukan dari Indonesia, tetapi berasal dari daerah Hindia Barat. Seluruh bagian tanaman ini bisa dimanfaatkan, bahkan bisa memberikan dampak positif bagi lingkungan. Jadi sudah menjadi trend tersendiri untuk dibudidayakan.

1. Bibit Pohon Mahoni

Bibit mahoni bisa diperoleh dengan 2 cara yaitu generatif dan vegetatif. Secara generatif bibit didapat dari bijinya sedangkan vegetatif dapat dilakukan dengan cara okulasi atau cangkokan. Sekedar info bahwa pembibitan secara generatif lebih baik dari pada vegetatif hal ini karena perakaran akan lebih kuat.

Pastikan jika melakukan cara budidaya pohon mahoni untuk memilih biji mahoni dari buah yang sudah matang. Kamu dapat membedakannya lewat kulit yang berwarna coklat tua. Jangan lupa pilih pohon indukan yang benar-benar berkualitas.

  • Membuat bibit Mahoni dari Biji

Sebelum memulai perkecambahan siapkan bedengan berukuran 1×10 m. Media pembuatan bedengan berupa pasir halus dan ketebalan sekitar 3 cm.

Kemudian rendam benih mahoni yang telah dipilih dengan campuran air dan Progrip selama 3 jam. Angkat dan tiriskan sebentar benih tersebut.

Semprot cairan pestisida dan fungisida pada bedengan sebelum menaburkan benih. Barulah sebar benih pada bedengan yang telah dibuat dan taburkan sedikit pasir diatasnya. Usahakan bedengan tertutup dengan plastik putih dan paranet lalu buka penutup setelah 2 hari.

Lakukan penyiraman pada hari ke 3 setelah dibuka. Pemberian insektisida terukur dapat kamu lakukan setiap 7 hari sekali. Bibit mahoni baru akan tumbuh setelah 3 minggu.

  • Pemindahan ke Tempat Persemaian

Bibit mahoni dapat dipindah ke media polybag setelah memiliki 4 daun. Isi media polybag berukuran 10×15 dengan campuran tanah dan TSP. Supaya mudah merawatnya tata dengan rapi polybag tersebut.

Naungan yang dibuat tadi dapat digunakan lagi untuk proses penyemaian ini. Lalu pindah bibit mahoni saat sore hari. Jangan lupa rawat dengan baik selama 4 bulan sebelum melakukan menanam mahoni.

2. Persiapan Lahan Tanam

Supaya tanaman mahonimu tumbuh dengan subur perhatikan syarat tumbuh kayu mahoni dengan betul. Mahoni menyukai tempat yang tersinari matahari langsung dan di daerah pasir payau.

Mahoni dapat hidup ditanah tergenang air mampu gersang sekalipun. Syarat tumbuh kayu mahoni selanjutnya adalah lokasi untuk budidaya mahoni yang mencakup ketinggian maksimal 1.500 mdpl, memiliki curah hujan sekitar 1.524-5.085 mm/tahun dan bersuhu 11-36°C.

Cara menanam mahoni dapat dilakukan dengan 2 bentuk penanaman yaitu tegakan monokultur dan homogen hutan rakyat campuran. Dapat juga untuk peneduh jalan atau pekarangan.

Siapkan lahan yang akan ditanami dengan membersihkan gulma atau pohon pengganggu. Lalu buat lubang tanam berukuran 40×40 cm. Masukkan pupuk dan diamkan selama 3 minggu sebelum penanaman.

Jika mahoni sudah ditanam, sebaiknya diberikan ajir untuk menandai lokasi penanaman dan supaya bibit tegak ke atas. Jangan lupa setelah menanam bibit mahoni siram dengan air untuk menjaga kelembabannya.

3. Jarak Tanam Mahoni yang Ideal

Mahoni merupakan tanaman peneduh yang memiliki batang kokoh. Tak salah jika pohon ini ditanam di pinggir jalan, tetapi harus mempertimbangkan jarak dengan tiang penyangga kabel supaya tidak berhimpitan. Cara menanam mahoni di lahan siapkan jarak tanam bibit mahoni sekitar 5-7 meter saja.

4. Cara Menanam Mahoni

Cara menanam pohon mahoni cukup mudah. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Di antaranya sebagai berikut.

  • Penyiangan dilakukan sebanyak 2 kali dalam setahun. Gemburkan tanah sedalam 45 cm sekeliling batang. Setelah mahoni berumur 3 tahun, perawatan ini dilakukan selama setahun sekali saja.
  • Penyulaman tanaman mahoni dilakukan ketika ada tanaman yang mati. Penyulaman dilakukan pada tahun pertama penanaman seperti di atas.
  • Pemangkasan cabang dan daun yang tidak diinginkan dilakukan secara teratur dan bersamaan dengan penyiangan. Hal ini supaya batang pohon mahoni tumbuh tegak ke atas tidak banyak percabangan.
  • Pemupukan susulan dapat menggunakan pupuk kimia dan pupuk organik. Hal ini tergantung dengan jenis tanah yang kamu gunakan untuk menanam. Bisajuga dengan mencampurkan kedua jenis pupuk tersebut.
  • Pengendalian Hama dan Penyakit

Mahoni memiliki beberapa hama dan penyakit yang bisa menyerangnya. Jika pohon mahonimu terserang penyakit atau hama kendalikan secara menual dulu. Jika hama atau penyakit dirasa meresahkan baru gunakan pengendalian kimiawi.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Mahoni

Cara budidaya pohon mahoni bisa dibilang relatif mudah tapi ada salah satu penyakit yang menyerang mahoni yaitu penyakit busuk pangkal batang. Penyakit ini disebabkan oleh jamur Pythophtora sp. Gejala serangan penyakit ini ditandai dengan daun pada tajuk menguning dan mengering.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Mahoni

Berikut beberapa harga di toko online terkait mahoni. Tunggu apa lagi yuk lakukan cara menanam mahoni dipekaranganmu!

Nama Harga Sumber
Bibit Mahoni Super Rp5.000 https://shopee.co.id/product/20509774/2164627042?smtt=0.308609126-1603583383.9
Papan Kayu Mahoni Rp55.000 https://shopee.co.id/product/191945730/6227990930?smtt=0.308609126-1603583472.9
Telenan Kayu Mahoni Rp48.000 https://shopee.co.id/product/138529010/3425650088?smtt=0.308609126-1603583542.9

 

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Kayu Putih

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Teh

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Kayu Sengon

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *