Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Lengkuas

2 min read

cara menanam lengkuas

Cara menanam lengkuas atau laos menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Lengkuas atau laos merupakan salah satu jenis tanaman empon empon yang tingginya mencapai 2 meter atau bahkan lebih. Ciri-ciri lain dari tanaman ini adalah terdiri dari lapisan pelepah daun, bentuk daunnya panjang dan bagian ujungnya runcing. Selain itu bentuk bunganya menyerupai lonceng yang berwarna putih kehijauan.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang cara budidaya lengkuas yang bisa dilakukan di pot, polybag atau di lahan kebun secara langsung. Cara menanam lengkuas ini bisa dilakukan oleh pemula sehingga mudah dipraktekkan.cara budidaya lengkuas di polybag

Cara Menanam Lengkuas

Manfaat dari lengkuas sendiri cukup banyak, dan biasanya digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi perut kembung, mengobati diare dan demam, mencegah dan mengatasi rematik, mengeluarkan racun, mencegah rambut rontok, dan lain-lain. Karena banyak sekali manfaat yang diperoleh sehingga cara menanam lengkuas semakin banyak dicari.

1. Pemilihan Bibit Lengkuas

Cara menanam lengkuas yang pertama adalah menentukan bibit lengkuas yang berkualitas. Ciri-ciri bibit yang berkualitas biasanya berasal dari induk tanaman yang sudah berusia 9-10 bulan. Pastikan juga untuk kondisi fisik tanaman terlihat segar dan sehat sehingga tidak ada tanda-tanda kecacatan lainnya. Tanaman induk yang berasal dari kebun lebih cocok untuk dijadikan bibit.

Langkah selanjutnya yaitu melakukan pembibitan, siapkan bibit lengkuas yang sudah kering dan dipotong-potong sehingga hanya menyisakan 3-4 ruas mata tunas. Masukkan bibit tersebut ke dalam karung goni yang sudah diisi dengan media arang sekam. Kemudian tunggu selama 2-4 minggu, usahakan untuk menjaga kelembabannya.

Untuk jenis lengkuas sendiri dibagi menjadi 2 yaitu lengkuas putih dan lengkuas merah. Manfaat dari lengkuas putih bisa digunakan untuk bumbu masak di dapur. Sedangkan lengkuas merah dimanfaatkan untuk bahan obat dan meredakan penyakit.

2. Persiapan Lahan Budidaya Lengkuas

Cara budidaya lengkuas di polybag atau di pot, pilihlah pot yang berdiameter 25-45 cm. Isi pot tersebut dengan campuran tanah : pupuk kandang : sekam dengan komposisi 1 : 1 : 1 sampai mengisi ¾ bagian pot. Sebelum ditanami lengkuas, letakkan media tanam di tempat yang terkena sinar matahari selama 1 minggu. Hal tersebut bertujuan agar kondisi media tanam netral sehingga pertumbuhan berjalan optimal.

3. Jarak Tanam Lengkuas Yang Ideal

Jarak tanam yang ideal pada rimpang lengkuas yang baik adalah berkisar antara 60-70 cm. Namun hal tersebut tidak berlaku pada cara budidaya lengkuas di polybag. Jika ditanam di polybag maka jarak tanam yang ideal adalah satu pot untuk satu bibit.

4. Cara Menanam Lengkuas

Cara tanam laos merah dalam pasu hampir sama dengan cara menanam laos dalam pot dan polybag di atas. Jika proses penanaman sudah dibahas maka selanjutnya membahas teknik perawatan yang tidak boleh dilewatkan. Di awal masa tanam lakukan penyiraman 2 kali dalam sehari, jika kondisi batang sudah tegak frekuensi penyiraman bisa dikurangi. Agar kebutuhan air tercukupi lebih baik penanaman dilakukan di awal musim hujan.

Kemudian lakukan penyiangan dengan mencabut tanaman pengganggu yang hidup di sekitar tanaman lengkuas. Ketika tanaman sudah beruisa 2-3 minggu, lakukan penyulaman dengan menyingkirkan rimpang lengkuas yang busuk atau kering. Hal tersebut bertujuan agar rimpang yang busuk tidak menular ke rimpang yang sehat lainnya. Selanjutnya berikan pupuk susulan ketika tanaman berusia 2,4 dan 8 bulan menggunakan pupuk kandang atau pupuk organik lainnya.  Sembari melakukan pemupukan, semprotkan juga larutan pestisida untuk hama yang menyerang tanaman.

Proses perawatan cara menanam lengkuas yang terakhir adalah menggemburkan tanah kembali, agar rimpang lengkuas yang mulai menonjol ke permukaan tanah dapat tertimbun dengan tanah. Selain itu sirkulasi udara dan nutrisi di dalam tanah akan lebih baik lagi jika penggemburan tanah dilakukan kembali. Saat usianya 10-12 bulan maka lengkuas sudah bisa untuk dipanen, hal tersebut biasanya ditandai dengan daun lengkuas yang mulai layu.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Lengkuas

Penyebab kegagalan dari cara tanam laos merah dalam pasu antara lain adalah ulat kantung dan uret/gayas. Ulat kantung ini membuat daun mongering dan bolong karena dimakan oleh ulat kantung tersebut. Sedangkan uret atau gayas menggerogoti rimpang sehingga rumpun menjadi layu dan mati.

Oleh sebab itu sebelum proses budidaya berlangsung ada baiknya untuk memaksimalkan areal budidaya dan juga membersihkan lingkungan sekitar. Sehingga proses budidaya dapat berlangsung lancar dan optimal.

6. Harga Bibit Dan Harga Jual Lengkuas

Faktor cuaca dan juga jumlah stock yang menipis menjadi faktor utama penyebab naiknya harga lengkuas. Meskipun masih ada yang membeli lengkuas tersebut, akan tetapi takarannya berkurang. Jika biasanya pembeli membeli 5 kg lengkuas, karena harganya yang naik maka menjadi membeli 2 kg saja. Untuk cara menanam lengkuas sudah selesai, berikut adalah daftar harga bibit dan tanaman lengkuas.

Kelompok Harga Harga Lengkuas Sumber
Bibi tanaman lengkuas Rp 25.000 https://www.tokopedia.com/tanaman-lengkuas
Bibit tanaman lengkuas merah Rp 23.000 https://www.tokopedia.com/tanaman-lengkuas
Tanaman pohon lengkuas Rp 45.000 https://www.tokopedia.com/tanaman-lengkuas
Pohon herbal lengkuas Rp 6.500 https://www.tokopedia.com/tanaman-lengkuas

 

Irma Citama
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Temulawak

Irma Citama Irma Citama
2 min read

Cara Menanam Kayu Manis

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Merica

Irma Citama Irma Citama
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *