Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Ketumbar

3 min read

cara menanam ketumbar

Ketumbar atau Coriandrum sativum merupakan tanaman penghasil rempah yang banyak kamu jumpai di Indonesia. Bagian yang sering digunakan untuk bumbu masakan adalah bijinya. Aroma yang khas pada biji ketumbar inilah yang menjadikan citarasa masakan menjadi lebih mantap, ngomong-ngomong apakah kamu tau cara menanam ketumbar ?

Yak kali ini Nonatani akan membahas tentang budidaya tanaman rempah ketumbar. Cara menanam ketumbar ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Ngga usah berlama-lama, Yuk simak artikelnya sekarang juga!

cara budidaya ketumbarCara Menanam Ketumbar

Selain bijinya, daun ketumbar juga ada yang menggunakannya untuk taburan dalam masakan seperti sup dan salad khas Thailand. Air rebusan ketumbar juga bermanfaat untuk kesehatan lho. Misalnya saja untuk menurunkan gula darah, mengatasi penyakit kuit, mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dll.

1. Bibit Tanaman Ketumbar

Langkah awal menanam ketumbar adalah melakukan pembibitan ketumbar dengan merendam bijinya terlebih dahulu dalam air hangat selama 50 menit. Tujuannya biar benih cepat berkecambah. Selain menggunakan biji, kamu juga bisa melakukan cara budidaya ketumbar dari akar.

Kemudian ambil biji yang telah direndam dan cuci dengan air matang lagi. Angin-anginkan sampai biji terlihat kering lalu lakukanlah cara semai ketumbar dari biji dalam pot dan polybag. Sebelum menyemai alangkah baiknya siapkan alat dan bahan terlebih dahulu.

Campurkan media semai berupa tanah subur, pupuk organik, pasir dan sekam bakar. Setelah itu masukkan ke dalam wadah semai dengan keadaan media semai gembur. Buat lubang pada bagian samping dan bawah wadah semai agar sirkulasi air berjalan lancar.

Jika sudah, kamu bisa membiarkannya selama 1 hari dan upayakan media semai lembap. Setelah 1 hari barulah buat lubang semai dan tanam biji yang sudah kamu keringkan tadi. Apabila kamu sudah selesai, tutuplah wadah semai dengan plastik bening.

Letakkan pada tempat yang tersinari matahari cukup, hindarkan pada kucuran air hujan ya! Supaya cara semai ketumbar dari biji dalam pot dan polybag cepat tumbuh maka jangan lupa untuk melakukan perawatan.

2. Persiapan Lahan Tanam

Biasanya dalam waktu 7-12 hari biji ketumbar akan berkecambah. Namun bisa juga biji yang kamu semai tidak tumbuh karena faktor kelembaban yang tinggi sehingga biji malah busuk. Selain itu kualitas biji juga berpengaruh dalam perkecambahan ini, bisa cepat tumbuh dan bisa juga malah tidak tumbuh.

Bibit ketumbar sudah siap kamu pindahkan ke lahan tanam jika memiliki 2-5 helai daun, sebelum menanam alangkah baiknya mempersiapkan lahan dengan sebaik mungkin. Pembesaran tanaman ketumbar dapat kamu lakukan di lahan pertanian atau hanya sekedar di drum jika tidak memiliki lahan yang luas.

Menanam ketumbar di lahan pertanian sebaiknya kamu membersihkan dulu gulma-gulma yang tumbuh. Kemudian olah tanah sampai benar-benar gembur dan subur. Agar tanah tambah subur, tambahkan pupuk organik di dalamnya.

Begitu juga dengan penanaman di drum atau pot, siapkan media tanam berupa tanah subur yang dicampur pupuk dan sekam. Jangan lupa melubangi bagian bawahnya supaya sirkulasi air tetap lancar.

3. Jarak Tanam Ketumbar yang Ideal

Menanam ketumbar pada lahan pertanian yang sudah kamu olah tadi alangkah baiknya membuat bedengan dengan ukuran yang menyesuaikan luas lahanmu. Mungkin bisa 2 meter kali 30cm dan dengan ketinggian bedengan kira-kira 10cm.

Untuk jarak menanam ketumbar pada cara menanam ketumbar di lahan pertanian sebaiknya gunakan jarak yang ideal, contohnya 10-15cm antar tanaman. Pada penanamannya di pot sebaiknya gunakan jarak yang fleksibel saja yang penting pot kamu tata dengan rapi agar enak dipandang mata.

Proses menanam ketumbar sebaiknya kamu lakukan pada sore hari agar bibit tidak layu. Buatlah lubang tanam kira-kira 3 cm dari permukaan tanah, pindahkan bibit yang ada pada tray atau polybag secara hati-hati agar perakaran tidak putus. Tanam bibit dan padatkan tanah yang ada di sekitarnya.

Supaya kelembaban tanah tetap terjaga dan bibit mudah beradaptasi maka segera lakukan penyiraman. Jangan banyak-banyak ya, biar bibit tidak kelebihan air lalu membusuk. Cara budidaya ketumbar dari akar sebenarnya malah lebih ringkas dan tidak ribet, tinggal potong bagian batang lalu rendam akarnya dengan air dan tanam deh setelah itu.

4. Cara Menanam Ketumbar

Menanam ketumbar sebaiknya kamu lakukan juga perawatan tanaman ketumbar supaya hasil panen lebih banyak dan tanaman menjadi lebih sehat. Berikut ini contoh merawat tanaman ketumbar yang bisa kamu lakukan pada tanamanmu.

– Penyiangan gulma

Beberapa hari ke depan biasanya tanaman ketumbar akan tumbuh dan pada sekeliling tumbuhnya tanaman akan tumbuh juga gulma. Gulma akan mengganggu pertumbuhan ketumbar karena banyak menyerap nutrisi yang seharusnya milik si ketumbar. Maka dari itu cabuti gulma setiap kali tumbuh biar tidak mengganggu pertumbuhan.

– Pemupukan

Nutrisi yang ada pada tanah bisa saja mengurang karena diserap oleh tanaman. Berikan pupuk organik untuk memperbaiki struktur tanah yang ada. Pemupukan juga bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan tanaman dan hasil panen lebih banyak.

– Penyiraman

Berikan air untuk menyiram tanaman ketumbar secara perlahan dan terukur. Jangan terlalu banyak menyiram tumbuhan ini karena bisa layu. Lakukanlah penyiraman saat pagi dan sore hari saja.

– Pemangkasan

Tinggi tanaman ini bisa bervariasi, tidak selalu sama dengan yang lain. Makanya lakukan pemangkasan saat daun mulai tumbuh banyak dan terlalu tinggi.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Ketumbar

Apakah cara menanam ketumbar itu mudah dan tidak ada kegagalannya ? Tentu saja tidak, saat ini sudah muncul hama bernama Gudang Stegobium paniceum. Jenis hama ini biasanya menyerang komoditas rempah seperti ketumbar ini.

Jika kamu tidak bisa mengendalikan penyebaran hama ini, bisa jadi hasil panenmu berkurang hingga 20%. Ciri-ciri ketumbar yang terserang hama Gudang ini adalah bekas bubuk halus yang ditinggalkannya setelah memakan dan melubangi biji.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Ketumbar

Okelah di atas tadi adalah penjelasan cara menanam ketumbar, apakah kamu tertarik ? Jika tertarik aku juga akan memberikan referensi harganya.

Nama Harga Sumber
Benih Ketumbar Rp10.000 https://shopee.co.id/Daily-Farm-Benih-CORIANDER-Yansui-Daun-Ketumbar-Repack-Import-i.21673002.4642063123
Bibit Ketumbar Rp17.600 https://shopee.co.id/Bibit-Ketumbar-Coriander-Cilantro-Tanaman-Herb-Herbal-Bumbu-Daun-i.256130377.3750831471
Ketumbar asli alami 1/2 kg Rp15.000 https://shopee.co.id/Ketumbar-asli-alami-1-2-kg-Ketumbar-original-masih-warna-aslinya-i.171595019.5011087774
Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Bunga Lawang

Hendrasap Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Daun Pandan

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *