Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Kencur

2 min read

cara menanam kencur

Cara menanam kencur bagi pemula yang ingin membudidayakan tanaman tersebut sangat mudah untuk dilakukan. Teknik penanamannya banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena menjadi salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat. Kencur atau nama lainnya yaitu Kaempferia galanga  mempunyai khasiat yang dinilai mampu menyaingi obat-obatan modern yang banyak mengandung bahan kimia. Seiring berkembangnya zaman rempah-rempah seperti kencur semakin sulit dicari sehingga lebih baik jika budidaya kencur sendiri.

Nonatani akan membahas tentang cara budidaya kencur ini untuk skala kecil. Kamu bisa praktek cara bercocok tanam kencur di pekarangan atau halaman rumah. Silakan ikuti cara menanam kencur ini jika kamu ingin menanamnya di pot, di polybag atau di lahan langsung, terutama untuk yang pemula.cara menanam kencur

Cara Menanam Kencur

Cara menanam kencur harus diperhatikan dengan cermat agar dalam proses awal hingga akhir menghasilkan kencur yang berkualitas tinggi. Tanaman kencur ini hidup dengan cara merumpun dan tumbuh di atas permukaan tanah secara rata.

1. Pemilihan Bibit Tanaman Kencur

Cara tanam kencur yang benar agar cepat panen dimulai dari pemilihan bibit yang berkualitas. Jika melakukan perbanyakan kencur dari rimpang kencur maka pilihlah rimpang kencur yang sudah tua dan kondisinya masih segar. Jika menanam kencur dalam skala besar atau skala kebun lebih baik kencur disimpan di tempat yang teduh dan agak gelap, diamkan sampai rimpang kencur menghasilkan tunas. Hal tersebut bertujuan agar saat proses penanaman kencur dapat tumbuh lebih mudah.

Selain dapat ditanam pada lahan, cara budidaya kencur dalam pot juga bisa dilakukan asalkan diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari dan kondisi lingkungan sekitar tidak begitu basah. Namun biasanya pada awal pertumbuhan kencur membutuhkan kondisi lingkungan dengan tingkat kelembapan yang cukup tinggi.

Kencur terdiri dari beberapa varietas unggul seperti Galesia 1, Galesia 2, Galesia 3, Kencur Gading, dan Kencur Papan Kentala. Selain kriteria tersebut, bibit kencur yang unggul memiliki kriteria tinggi tunas kurang dari 1 cm, minimal memiliki 2 mata tunas, dan berat tunas sekitar 5-10 cm.

2. Persiapan Lahan Budidaya Tanaman Kencur

Pertama-tama bersihkan lingkungan lahan dari gulma lalu gemburkan tanah yang akan digunakan sebagai tempat penanaman dengan mencangkul sedalam 20-30 cm. Buatlah drainase agar saat musim hujan atau saat proses penyiraman tanaman nanti air tidak sampai menggenangi lingkungan tanam. Bila perlu buatkan juga parit sebagai pemisah petak. Ukuran petak dari cara menanam kencur tersebut bisa disesuaikan dengan luas lahan yang akan digunakan.

3. Jarak Tanam Kencur Yang Ideal

Cara tanam kencur yang benar agar cepat panen yaitu dengan memperhatikan jarak tanam yang ideal. Petani kencur biasanya menggunakan jarak tanam sekitar 80 x 40 cm, mengapa memakai ukuran jarak tanam tersebut? Alasannya agar tanaman kencur dapat dipanen dengan mudah.

Kemudian buat lubang tanam sedalam 5-7 cm yang bisa diisi hingga 2 bibit kencur yang sudah bertunas. Saat memasukkan bibit rimpang kencur kedalam media tanam usahakan menghadap kearah matahari. Dan pastikan saat melakukan cara menanam kencur jangan sampai posisinya terbalik agar tidak menghambat pertumbuhannya.

4. Cara Menanam Kencur

Musim terbaik menanam kencur di polybag, pot atau lahan yaitu ketika awal musim penghujan tiba. Karena pengairan saat musim penghujan baik untuk pertumbuhan tunas- tunas kencur di awal penanaman. Meskipun musim terbaik menanam kencur di polybag adalah saat awal musim hujan tiba, namun menurut petani kencur sendiri tempat penanaman kencur yang ideal lebih baik ditanam di dalam pot. Dengan demikian rimpang kencur dapat tumbuh sekitar 1 hingga 2 minggu.

Agar terhindar dari gangguan hama, tutup tanah dengan ampas tebu ataupun jerami. Lakukan penyiangan setiap 2 minggu sekali secara teratur di awal masa tanam. Biasanya ketika tanaman berusia 4 minggu akan tumbuh daun yang sempurna, hal tersebu pertanda bahwa tanaman bisa diberikan pupuk KCL, TSP dan pupuk Urea sesuai kebutuhan. 3 bulan setelahnya pemupukan dapat diganti dengan menggunakan pupuk Urea saja. Pemanenan dapat dilakukan ketika kencur memasuki usia 6-12 bulan.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Kencur

Cara budidaya kencur dalam pot maupun lahan bisa saja mengalami kegagalan, penyakit layu salah satunya. Penyakit tersebut ditandai dengan warna daun menguning, daun menggulung serta kulit rimpang menjadi keriput dan tercium bau menyengat.

Namun jangan khawatir hal tersebut dapat diatasi menggunakan teknik OPT, dengan mengambil bibit dari tunas yang sehat dan sesuai kriteria pada poin pertama di atas atau dengan memberikan formulasi antibiotik pada tanaman.

6. Harga Bibit Dan Harga Jual Kencur

Akhirnya sampai pada cara menanam kencur yang terakhir yaitu menentukan harga jual tanaman kencur yang berhasil dipanen. Harga tanaman kencur di pasar tidak selalu sama setiap bulannya, jika pasokan kencur menipis maka harga kencur dapat melonjak tinggi dari biasanya bahkan bisa naik 40% dari harga normal.

Kemlompok Harga Harga Kencur Sumber
Tanaman Kencur 35.000 https://bibitbunga.com/?s=kencur&post_type=product
Bibit kencur besar 20.000 https://www.tokopedia.com/find/bibit-kencur
Bibit tanaman kencur 10.000 https://www.tokopedia.com/find/bibit-kencur
Pohon kencur 14.000 https://www.tokopedia.com/find/bibit-kencur
Bibit kencur besar dan unggul 60.000 https://www.tokopedia.com/find/bibit-kencur
Bibit kencur bertunas besar 50.000 https://www.tokopedia.com/find/bibit-kencur
Bibit tanaman kencur bunga 15.000 https://www.tokopedia.com/find/bibit-kencur
Bibit kencur hitam 450.000 https://www.tokopedia.com/find/bibit-kencur
Bibit tanaman rimpang kencur dalam polybag 34.000 https://www.tokopedia.com/find/bibit-kencur

 

Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Bunga Lawang

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Ketumbar

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Daun Pandan

Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *