Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Kayu Putih

2 min read

cara menanam kayu putih

Kayu putih atau Melaleuca leucadendra (L.L. merupakan pohon sumber minyak kayu putih (cajuput oil). Tumbuh baik di Indonesia timur, tapi juga dapat ditumbuh di daerah-daerah yang memiliki musim kemarau yang jelas. Lalu gimana ya cara menanam kayu putih tersebut ?

Kali ini Nonatani akan membahas tentang budidaya tanaman industri kayu putih. Cara menanam kayu putih ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 subjudul yang menarik untuk kamu pahami mulai dari Bibit Kayu Putih sampai Harga Bibit dan Harga Jual Kayu Putih, Yuk simak artikelnya sekarang juga!cara budidaya tanaman kayu putih

Cara Menanam Kayu Putih

Sebagai tanaman industri, kayu putih akan ditanam dalam bentuk hutan agroforestri. Bagian daun dan ranting kayu putih akan disuling kemudian dipakai sebagai minyak balur atau campuran minyak pengobatan lain seperti minyak telon, campuran parfum dan produk rumah tangga lainnya.

1. Bibit Kayu Putih

Pembibitan kayu putih lebih bagus melalui stek karena dapat menghasilkan klon unggul. Bibit klon yang baik akan memiliki rendemen, produksi biomasa daun dan kadar sineol minyak tinggi. Tak hanya itu sifat genetik pohon induk akan terbawa pada bibit yang dikembangkan.

Lakukan teknik perbanyakan tanaman pokok kayu putih dengan memanfaatkan tunas muda karena pohon kayu putih memiliki kemampuan tumbuh tunas yang bagus. Ada lho cara budidaya kayu putih agar memacu munculnya tunas muda. Yaitu dengan melukai batang kayu putih kemudian akan tumbuh tunas muda dalam jumlah banyak.

Bagian stek yang baik terdapat pada pucuk ranting muda berumur 6 bulan-2 tahun. Bisa juga dari pohon dewasa yang sudah dipangkas. Untuk trubusan dari pohon dewasa pastikan bahan setek pucuk berumur antara 1-2 bulan.

Panjang maksimal 7 cm, tunas berwarna hijau pucat, batang lentur agak putih kehijauan dan belum keluar bulu. Siapkan hormon perangsang akar seperti rootone F sebanyak 0,02 gr dan larutkan dalam 1 liter air untuk 1.000 pucuk. Ketika kamu memanen bahan stek gunakan gunting untuk memangkas dan langsung rendam dalam larutan tadi selama 5-10 menit.

Tanam pucuk bahan stek langsung ke polibag yang sudah di isi media tanam. Rawat bahan stek ini dengan rutin maka saat berumur 3 minggu bibit sudah mulai ada yang berakar, ketika bibitmu berumur 1 – 2 bulan harus melakukan seleksi bibit yang berakar secara periodik.

2. Persiapan Lahan Tanam

Kamu harus tahu cara menanam kayu putih dengan sistem full kebun. Karena sistem ini sangat bagus untuk mendapatkan populasi dalam suatu hamparan. Pertama gunakan parang atau sabit untuk membabat gulma. Jika ada pohon yang sudah tidak produktif tebang saja, tapi harus memperhatikan syarat karena kayu putih juga dapat ditanam dengan sistem tumpsng sari.

Bongkar tongga kemudian olah tanah dengan cara bajak, garu dan cangkul. Jangan lupa buat jalan lalulintas ke kebun supaya mudah jika ingin merawatnya.

Buat lubang tanam dengan ukuran 30 x 30 x 30 cm dan berikan pupuk kendang sebanyak 3 kg per lubang. Masukkan bibit dengan posisi tegak lurus.

3. Jarak Tanam yang Ideal

Supaya hasil panen meningkat ada yang melakukan cara menanam kayu putih dengan jarak 2 x 3 meter. Jika dihitung petani bisa menanam sebanyak 6.000 pohon dalam 1 hektare lahan. Sebanyak 6.000 pohon itu akan menghasilkan 18 ton daun kayu putih.

4. Cara Menanam Kayu Putih

Agar cara menanam kayu putih menghasilkan tanaman yang lebih produktif lakukan perawatan rutin. Berikut perawatan yang bisa kamu lakukan.

– Penyulaman

Jika ada tanaman yang mati perlu segera disulam supaya umur tanaman setara. Penyulaman juga perlu untuk tanaman yang memiliki pertumbuhan terlambat dan tidak sehat.

– Pengendalian Gulma

Supaya pertumbuhan kayu putih tidak terganggu dengan gulma maka perlu dilakukan pembabatan. Lakukan pembabatan gulma minimal 2 kali dalam setahun misalnya pada awal dan akhir musim penghujan.

– Pendangiran dan Pemupukan

Ketika akan memupuk tanaman kayu putih lakukan juga pendangiran untuk memperbaiki struktur dan aerasi tanah. Gunakan pupuk urea dengan dosis tanaman tahun pertama sebanyak 50 gr/pohon sampai tahun ketiga.

– Pemangkasan

Pemangkasan tanaman pokok kayu putih akan menghasilkan cabang baru dan memudahkan dalam pemungutan daun. Lakukan pemangkasan pada musim kemarau untuk menghindari serangan penyakit. Untuk menghindari penguapan setelah pemotongan tutup bekas potongan dengan menggunakan teer/cat.

5. Penyebab Kegagaan Cara Menanam Kayu Putih

Cara budidaya kayu putih bisa dibilang mudah, tapi jika muncul hama tentu akan mengalami kerugian jika tidak paham betul tentang tanaman kayu putih. Hama tersebut adalah rayap dan serangan ulat daun. Gunakan insektisida untuk mengendalikan serangan hama.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Kayu Putih

Aku akan memberikan bocoran harga-harga kayu putih yang ada di toko online. Yuk segera lakukan cara menanam kayu manis di kebunmu!

Nama Harga Sumber
Bibit Kayu Putih KBP Rp5.000 https://shopee.co.id/BIBIT-TANAMAN-KAYU-PUTIH-KBP-i.242274464.7929714513
Bibit Kayu Putih Rp5.000 https://shopee.co.id/Bibit-kayu-putih-i.79174796.2355116118
Paket 4 Bibit Kayu Putih Rp10.000 https://shopee.co.id/Paket-4-bibit-tanaman-kayu-putih-i.218085571.5136975197
Kayu Putih Caplang 15 ml/30ml/60ml/120 ml/exp 2022/2023/ Makayia Rp5.999 – Rp20.455 https://shopee.co.id/Kayu-putih-Caplang-15-ml-30ml-60ml-120-ml-exp-2022-2023-makayia_-i.158496084.2362970609

 

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Mahoni

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Teh

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Kayu Sengon

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *