Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Kayu Manis

2 min read

cara menanam kayu manis

Salah satu rempah yang dihasilkan Indonesia adalah kayu manis. Kayu manis biasanya digunakan untuk bumbu masakan dan obat penyakit jantung dan diabetes. Lantas bagaimanakah cara menanam kayu manis tersebut ? Simak artikel ini selengkapnya.

Kayu manis memiliki harga ekonomis yang cukup tinggi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya negara peminat kayu manis di pasaran. Bahkan sampai mendatangkannya dari beberapa negara untuk mencukupi kebutuhan pasar. Kali ini Nonatani akan membahas cara budidaya kayu Manis. Metode cara menanam kayu manis ini cukup sederhana, tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama.cara budidaya tanaman kayu manis

Cara Menanam Kayu Manis

Kayu manis merupakan tumbuhan yang banyak ditemukan didaerah beriklim tropis seperti Indonesia. Kayu manis memiliki kulit yang rasanya manis. Tinggi tanaman ini berkisar 5-15 meter, warna kulit abu-abu tua dan memiliki bau yang khas.

1. Cara Mendapatkan Bibit

Cara Menanam Kayu Manis diawali dengan mendapatkan bibit. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam proses pembenihan. Yaitu media tanah yang digunakan dalam pembenihan harus subur dan banyak zat organik didalamnya.

Bibit yang baik dipilih dari indukan yang sehat dan berkualitas. Indukan harus sudah berumur 3 tahun, pertumbuhannya normal dan tentunya sehat.

Bibit diambil langsung dari indukan menggunakan biji yang sudah jatuh. Setelah tumbuh baru diambil bibit tersebut dan tanam di polybag.

Ketika masih kecil bibit harus terlindungi dari paparan sinar matahari secar langsung. Kemudian ketika bibit sudah mulai kuat dengan paparan matahari langsung hilangkan pelindung tadi.

Tanam bibit kayu manis ini dipolybag selama 3 bulan kemudian bibit siap dipindahkan ke tempat penanaman. Jangan lupa untuk menyiramnya karena kayu manis menyukai kelembaban.

Ada 3 macam tanah yang baik untuk dijadikan media tanam dalam polybag yaitu tanah latosol, tanah andosol, tanah organosol. Jika anda ingin cara budidaya kayu manis skala besar bisa melakukan proses pembibitan dengan bedengan.

2. Persiapan Lahan

Setelah tahap pembenihan cara menanam kayu manis yang selanjutnya adalah persiapan lahan tanam. Pertama-tama bersihkan rumput liyar yang berada di area lahan. Kemudian gemburkan tanah dengan cara mencangkulnya.

Semakin dalam pencangkulan maka tanah akan semakin gembur dan bagus untuk penanaman pohon. Buat galian lubang ditanah yang sudah digemburkan tadi dengan ukuran 50×50×50 cm.

Agar tanah lebih subur campurlah dengan pupuk kandang atau kompos. Masukkan tanah campuran ke dalam lubang bagian bawah. Setelah musim penghujan tiba barulah masukkan tanah campuran ke bagian atas.

3. Jarak Tanam Kayu Manis Yang Ideal

Cara menanam kayu manis yang baik harus mempertimbangkan jarak tanam yang ideal juga. Jangan sampai kayu manis yang anda tanam menggangu pertumbuhan tanaman lain.

Sudah banyak artikel di internet yang membahas tentang cara budidaya kayu manis dan jarak yang ideal untuk kayu manis. Baik dengan sistem tanam monokultur atau tumpang sari.

4. Cara Menanam Kayu Manis

Untuk menghasilkan kulit kayu manis yang berkualitas tinggi maka perlu diperhatikan perawatannya. Cara perawatan tanaman kayu manis yang benar meliputi penyulaman, penyiangan, pemupukan, penjarangan hingga pengendalian hama dan penyakit.

  • Penyulaman

Anda harus rajin merawat tanaman kayu manis sehingga ketika ada bibit yang mati anda bisa langsung menggantinya dengan yang baru.

Penyulaman sebaiknya dilakukan ketika musim penghujan supaya kelembaban tanah meningkat dan air tanaman cepat terangsang dan tumbuh.

  • Penyiangan

Penyiangan perlu dilakukan untuk menghilangkan rumput liar dan gulma penggangu tumbuh kayu manis. Pada fase yang pertama lakukan penyiangan 1 bulan sekali.

Pada fase yang kedua ketika umur kayu manis mencapai 2 tahun lakukan penyiangan 3 bulan sekali. Dan pada fase yang ke tiga umur tumbuhan sudah 4 tahun lakukan penyiangan setiap 4 bulan sekali saja.

Beberapa tahap penyiangan diatas perlu dipertimbangkan dengan banyaknya gulma dan ketika pertumbuhan kayu manis melambat.

  • Pemupukan

Pemupukan diawali dengan pembersihan gulma dan rumput liar sekitar tumbuhan. Kemudian lakukan penggemburan tanah. Buat lubang pada alur sekeiling tanaman dan berikan pupuk. Lakukan pemupukan saat musim penghujan.

Cukup berikan pupuk NPK sampai kayu manis tumbuh besar. Pemupukan yang pertama saat umur tanaman 6 minggu setelah ditanam. Pada usia 1 tahun berikan 2 kali pemupukan dan setelah itu berikan pupuk 1 kali saja setiap tahunnya.

  • Penjarangan dan pengendalian hama/penyakit

Penjarangan adalah pemotongan ranting yang berlebih berguna agar tanaman kayu manis dapat di panen kulitnya secara menyeluruh dan mengurang percabangan. Selain itu penjarangan bertujuan untuk menjaga konservasi tanah dan air.

Banyak hama yang menyerang tanaman kayu manis diantaranya ulat kenari, kutu loncat, ulat sikat, kutu prisai. Pengendalian hama dan penyakit perlu dilakukan dengan cara pembersihan hama menangkap dan membuang atau penyemprotan insektisida terukur.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Kayu Manis

Karena proses penanaman hingga pemanenan kayu manis cukup lama maka bisa terjadi anda kurang memperhatikan dan merawat tanaman. Sehingga hama dan penyakit bisa menjangkiti tanaman anda.

Lakukan cara perawatan tanaman kayu manis yang benar supaya mendapatkan kulit kayu yang berkualitas tinggi.

6. Harga Kayu Manis

Cara menanam kayu manis juga akan memberikan informasi tentang harga jual, harga bibit dan olahan kayu manis. Maka ayo tanam kayu manis sekarang juga.

NamaHargaSumber
100 gr kayu manisRp13.000https://shopee.co.id/product/61055615/2710968021?smtt=0.0.9
Bibit kayu manisRp20.000https://shopee.co.id/product/42717694/1408263506?smtt=0.0.9
Wedang kayu manisRp8.500https://shopee.co.id/product/285666575/4942342495?smtt=0.0.9

 

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Temulawak

Irma Citama Irma Citama
2 min read

Cara Menanam Merica

Irma Citama Irma Citama
2 min read

Cara Menanam Cengkeh

Irma Citama Irma Citama
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *