Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Karet

2 min read

cara menanam karet

Pohon karet pertama kali tumbuh dan ditanam hanya di Amerika Selatan. Namun setelah diadakannya percobaan oleh salah satu ilmuan, tanaman karet bisa ditanam di Benua Asia Tenggara kususnya di Indoesia. Lalu bagaimana cara menanam karet tersebut?

Pohon karet merupakan tanaman yang tumbuh dan berkembang di dataran tinggi maupun dataran rendah. Tanaman ini memiliki batang yang besar dan tinggi mencapai 25 meter. Batangnya mengandung getah yang disebut dengan lateks. Nah, kali ini Nonatani akan membahas cara budidaya karet. Simak artikel cara menanam karet ini selengkapnya.cara budidaya tanaman karet

Cara Menanam Karet

Dalam beberapa bidang karet alam tidak bisa dibandingkan dengan karet sintesis. Tetapi karet alam biasanya dapat digunakan untuk aplikasi seperti pembuatan komponen listrik, karpet lantai, selang, dan masih banyak lagi. Berikut ini tahapan cara menanam karet dan saya ucapkan selamat membaca.

1. Bibit Tanaman Karet

Cara pembibitan karet diawali dengan pemilihan indukan yang bagus. Diantara ciri-cirinya adalah memiliki tingkat produksi yang tinggi, jika kulit  terluka cepat sembuh, tahan hama dan penyakit.

Ada 2 macam cara pembibitan karet yaitu dengan generatif dan vegetatif. Cara pembibitan vegetatif yaitu dengan melakukan okulasi pada batang tanaman.

Okulasi sendiri merupakan cara pembibitan dengan menempelkan potongan kulit batang tanaman yang memiliki mata tunas dari batang bagian atas pada kupasan kulit batang bagian bawah. Lalu tanaman tersebut bersatu menjadi tanaman baru.

Dalam tahap okulasi persiapkan segala kebutuhan dengan matang. Seperti pisau okulasi, plastik es dan batang bagian atas atau biasa disebut entres. Batang bawah harus sudah berusia 1 tahun.

Langkah okulasi yang pertama adalah bersihkan batang bawah lalu kupas kulit batang. Lebar dan panjang pengupasan bisa disesuaikan dengan entresnya.

Langkah selanjutnya siapkan entes yang akan ditempelkan dengan cara mengupasnya pada bagian sekitar mata tunas. Kemudian tempelkan mata tunas pada batang bawah. Ikat dengan plastik es

Pengikatan pada bagian tengah harus diperhatikan yaitu jangan terlalu kencang supaya tidak tertekan. Ikatan pada bagian atas usahakan diikat dengan kencang supaya pada saat musim hujan air tidak masuk.

Diamkan selama 3 minggu. Jika entres berwarna hijau berarti okulasi berhasil dan bisa dipotong untuk ditanam di lahan pembesaran.

Dari salah satu sember mengatakan bahwa pembibitan dengan vegetatif lebih menguntungkan daripada pembibitan generatif. Tetapi anda juga bisa membeli bibit karet ditoko penyedianya.

2. Persiapan Lahan Tanam

Cara menanam karet yang selanjutnya adalah persiapan lahan. Biasanya karet ditanam di kebun yang luas dan menjadi sentra perkebunan. Untuk mempersiapkan lahan ada beberapa langkah yang harus dilakukan.

Yang pertama adalah pembukaan lahan dengan cara pembabatan semak. Semak dinilai menganggu karena dapat menghalangi akses laluintas ke kebun.

Lalu penebangan pohon. Bisanya para petani karet melakukan penebangan pohon periode terdahulu yang dinilai sudah tidak produktif lalu menggarapnya lagi.

Kemudian perencanaan dan pendongkelan akar. Perencanaan berguna untuk mempersiapkan akses lalulintas kebun supaya perawatan dan pemanenan berjalan lancar. Akar pohon yang sudah ditebang pasti akan menjadi penghalang akses lalulintas maka akukan pendongkelan.

Selanjutnya lakukan penumpukan dan pembersihan sisa-sisa pembukaan lahan tadi. Lakukan juga penataan lahan menjadi bentuk blok dan penataan drainase kebun.

3. Jarak Tanam Pohon Karet yang Ideal

Pohon karet merupakan tanaman dalam kategori besar dan tanaman perkebunan. Sehingga tidak cocok bila ditanam dilahan yang sempit. Pohon karet ditanam dengan jarak 4×5 m dan menyesuaikan luas lahan yang anda miliki.

4. Cara Menanam Karet

Setelah lahan siap kemudian tanam bibit karet yang diawali dengan penggemburan tanah. Penggemburan bertujuan sepaya tanaman tumbuh sebur dan menghasilkan getah yang banyak.

Perlu diketahui juga cara budidaya tanaman karet supaya banyak getahnya. Cara ini berkaitan dengan pemupukan pohon yang menggunakan pupuk dari produkan NASA.

Yang perlu dilakukan adalah buatlah larutan pupuk dengan menggunakan air sebanyak 60 liter. Kemudian campur dengan SUPERNASA sebanyak 20 sendok makan, NPK sebanyak 20 gelas minum dan HORMONIK sebanyak 1 sendok makan.

Campur bahan diatas sampai merata. Sebelum melakukan pemupukan bersihkan sekeliling pohon dari rumput liyar. Lalu siramkan campuran tadi ke sekeliling pohon karet dengan takaran sebanyak 1 liter.

Cara budidaya tanaman karet supaya banyak getahnya tidah hanya dengan melakukan pemupukan saja. Tetapi perawatan secara rutin juga harus dilakukan dan lakukan penyadapan saat matahari belum terbit.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Karet

Cara menanam karet juga harus memperhatikan apasaja kegagalan budidaya dan cara penanganannya. Salah satu penyebab utama gagalnya tumbuh pohon karet adalah karena terserang hama.

Hama pada pohon karet berupa rayap putih. Bertempat didalam tanah, berkembangbiak melalui telur dan memiliki satu ratu pokok.

Ada 2 cara penanganannya yaitu dengan manual dan kimiawi. Secara manual lakukan pembongkaran tanah lalu rusak sarang rayap dan rotasi tanaman. Dan secara kimiawi semprotkan ekstraksi daun pepaya atau gunakan insektisida terukur pada batang/akar yang teserang hama.

6. Harga Bibit dan Harga Jual karet

Cara menanam karet merupakan salah satu komoditas ekspor Indonesia. Maka tanaman karet memiliki harga yang tinggi. Berikut harga bibit dan harga jual karet. Kebanyakan yang saya jumpai adalah tanaman hiasnya.

NamaHargaSumber
Karet Kebo ParigataRp80.000https://shopee.co.id/product/255758389/5532084219?smtt=0.0.9
Karet Kebo Ficus Elastica MerahRp85.000https://shopee.co.id/product/16605896/4147110371?smtt=0.0.9
Karet Pacira PathciraRp45.000https://shopee.co.id/product/119789240/2788139785?smtt=0.0.9

 

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Kayu Sengon

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tanaman Industri

Irma Citama Irma Citama
2 min read

Cara Menanam Bambu

Irma Citama Irma Citama
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *