Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Kapulaga

2 min read

cara menanam kapulaga

Tanaman asli Indonesia ini terdapat dua jenis kapulaga yaitu kapulaga lokal dan kapulaga sabrang. Kapulaga digunakan untuk bahan obat-obatan, rempah, kosmetik sehingga memiliki nilai komoditas ekspor. Lalu bagaimana cara menanam kapulaga ? Simak artikel ini selengkapnya.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang cara budidaya kapulaga. Cara menanam kapulaga ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdiri dari 6 subjudul yang menarik yaitu bibit tanaman kapulaga hingga harga bibit dan harga jual tanaman kapulaga.cara merawat tanaman kapulaga yang baik agar cepat panen

Cara Menanam Kapulaga

Kapulaga ditanam dengan sistem polikultur. Kapulaga memiliki siklus hidup yang cukup panjang dibuktikan dengan kegiatan panen dapat dilakukan 5 kali dalam setahun. Setiap tahunnya jumlah panen akan terus bartambah.

1. Bibit Tanaman Kapulaga

Cara budidaya kapulaga agar berbuah lebat harus mengetahui syarat tumbuh kapulaga. Kapulaga lokal dan kapulaga sabrang bisa tumbuh pada ketinggian 200-1000 mdpl. Kapulaga membutuhkan tanah gembur, banyak mengandung humus dan memiliki drainase yang baik.

Jenis tanah yang cocok untuk menanam kapulaga adalah tanah latosol, podsolik merah kuning dan mediteran dengan pH 5-6,8. Iklim tropis dan sedang membuat pertumbuhannya menjadi optimal. Curah hujan yang dibutuhkan kapulaga antara 2500-4000 mm/th.

Beralih ke pembibitan. Pilihlah bibit yang memiliki kualitas baik supaya cara budidaya kapulaga agar berbuah lebat bisa tercapai. Bibit bisa diperoleh dari perbanyakan secara generatif atau vegetatif.

Penyemaian biji kapulaga harus dibersihkan terlebih dahulu dari kulitnya. Lalu tanam pada media semai selama 10 bulan sambil merawatnya. Setelah itu bibit bisa dipindah ke lahan budidaya.

Untuk bibit dari stek pastikan tanaman induk sudah berumur 12 bulan atau lebih. Pilih anakan yang sudah memiliki 4 sampai 8 helai daun. Ditambah dengan tinggi batang mencapai 80 cm lebih.

Memang perbanyakan secara generatif memakan waktu yang cukup lama akan tetapi kamu dapat mencetak sendiri bibit unggul tanpa kawatir dengan kualitasnya. Tapi jika kamu tidak punya banyak waktu bisa menanamnya lewat bibit dari vegetatif berupa anakan yang tersedia ditoko online.

2. Persiapan Lahan Tanam

Cara menanam kapulaga selanjutnya adalah mempersiapkan lahan tanam yang menunjang pertumbuhannya. Beberapa cara penyiapan lahan seperti pembersihan lahan dari rumput liyar, pengolahan lahan dan pembuatan lubang.

Kapulaga membutuhkan tanaman pelindung. Jadi sebelum menanam kapulaga persiapkan tanaman pelindung yang dapat menyuburkan tanah seperti tanaman dadap, ramayana, lamtoro dan lain-lain.

Seperti pembahasan di awal kapulaga membutuhkan tanah yang gembur. Jadi kamu harus.mencangkul atau membajak dulu lahan budidaya. Jika mencangkul lakukan dengan kedalaman 40 cm.

Buat lubang tanam berbentuk persegi dengan ukuran 40×40 cm. Biarkan lubang selama seminggu. Baru kemudian taburkan kapur pertanian atau dolomit jika pH tanah kurang dari 5. Taburkan pupuk dasar berupa pupuk kandang dan biarkan maksimal 2 minggu sebelum menanam bibit.

3. Jarak Tanam Kapulaga yang Ideal

Berikan jarak yang tidak terlalu rapat hal ini akan membuat tanaman mudah berkembang dan memudahkan cara merawat tanaman kapulaga yang baik agar cepat panen. Buat jarak tanam 1 x 2 meter saja.

4. Cara Menanam Kapulaga

Bagaimana jika cara menanam kapulaga tidak ada perawatan yang intensif ? Tentu saja akan berpengaruh dengan pertumbuhan dan hasil panennya yang melambat. Lalu gimana sih cara merawat tanaman kapulaga yang baik agar cepat panen ?

Pertama lakukan pengaturan tunas. Tunas kapulaga begitu cepat tumbuh jadi harus diatur agar tidak tumpang tindih. Pengaturan tunas ini juga akan menunjang munculnya bunga dan buah kapulaga.

Agar hasilnya melimpah tentu saja harus melakukan pemupukan. Pemupukan bertujuan supaya unsur hara dalam tanah terjaga dan membuat tanaman subur. Lakukan pemupukan secara rutin karena usia produktifnya bisa mencapai 12 tahun.

Pemupukan susulan ini dilakukan secara bertahap selama 3 bulan sekali. Pupuk yang baik untuk kapulaga ada 2 yaitu pupuk organik dan anorganik.

Pupuk organik dipercaya dapat menyuburkan tanah sehingga dianjurkan untuk menggunakannya. Lakukan penggemburan tanah ketika kamu akan memberikan pupuk organik dengan dosis 1 kg/tanaman dan terus meningkat sesuai dengan kebutuhan. Lalu tutup lagi dengan tanah.

Berikan pupuk anorganik untuk menyediakan unsur hara seperti fosfor dan kalium. Gunakan pupuk anorganik seperti NPK 15 15 15 dengan dosis 30 gr setelah tanam. Caranya cukup benamkan di sekeliling tanaman setiap 3 bulan juga.

Penyiraman dilakukan dengan mempertimbangkan musim karena tanaman ini sebenarnya tidak membutuhkan air yang banyak. Lakukan penyiraman jika kemarau panjang.

Demi mendapatkan hasil panen yang melimpah lakukan juga penyulaman, pemangkasan, pengendalian hama dan penyakit. Lakukan secara teratur akan membuat kamu puas dengan hasil panennya.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Kapulaga

Cara menanam kapulaga tidak semudah yang kamu kira. Ada beberapa penyebab kapulaga tumbuh subur tapi tidak berbuah. Hal itu disebabkan karena kondisi lingkungan tempat pertumbuhan yang tidak sesuai, penyerbukan bunga gagal dan iklim.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Tanaman Kapulaga

2020 ini kapulaga sedang menjadi incaran pengusahan bidang kesehatan untuk dijadikan campuran obat herba. Bahkan negara seperti China rela memesan besar-besaran rempah satu ini. Hal ini membuat harga kapulaga melonjak tinggi.

Nama Harga Sumber
Kapulaga 1 kg 1.000.000 https://shopee.co.id/product/281636713/4040952336?smtt=0.308609126-1601887854.9
Kapulaga jawa/lokal 500gr 220.000 https://shopee.co.id/product/315284260/4454863976?smtt=0.308609126-1601888289.9
Kapulaga sabrang 1 kg 1.217.000 https://shopee.co.id/product/196616593/6854187201?smtt=0.308609126-1601888146.9
Benih kapulaga jawa 350 biji 75.000 https://shopee.co.id/product/120911628/5754431084?smtt=0.308609126-1601888416.9

 

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Tanaman Kemukus

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Pohon Salam

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *