Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Kangkung

2 min read

cara menanam kangkung

Cara menanam kangkung itu bisa dilakukan di rumah untuk mencukupi kebutuhan sayur dan mengisi waktu luang. Sehingga kegiatan seperti bercocok tanam ini akan membantumu untuk menghemat uang belanja. Selain itu sayur yang dihasilkan lebih sehat karena diproduksi sendiri tanpa tambahan bahan kimia.

Kenapa memilih sayur kangkung untuk bercocok tanam? Menurut Nonatani, karena sayur kangkung menjadi salah satu jenis sayuran yang mudah untuk ditanam. Cara menanam kangkung ini bisa dilakukan oleh semua orang, bahkan bisa dilakukan di polybag dengan hasil yang banyak dan lebat.cara budidaya kangkung cabut di polybag

Cara Menanam Kangkung

Cara menanam kangkung di polybag atau di pot bisa menjadi alternatif yang bagus jika tidak ada lahan yang bisa digunakan. Karena proses penanaman dan perawatannya yang lebih mudah dibandingkan sayuran lain sehingga banyak masyarakat yang memilih budidaya sayur kangkung. Sayur ini juga sangat cocok dilakukan oleh pemula yang hobi bercocok tanam. Lalu bagaimana cara menanam kangkung tersebut? Simak disini ya.

1. Memilih Bibit Kangkung Berkualias Baik

Hal pertama yang harus diperhatikan untuk mendapatkan kangkung terbaik adalah dengan memilih bibit yang berkualitas dan terbebas dari hama dan juga penyakit. Oleh sebab itu ada baiknya jika kamu datang langsung ke kios pertanian untuk melihat kondisi bibit yang akan dibeli.

Selain itu kamu juga dapat berkonsultasi langsung dengan pemilik toko mengenai bibit dengan kualitas unggul. Yang perlu kamu ketahui ada 2 cara dalam menanam kangkung, yaitu cara budidaya kangkung di pot dari batang dan akar atau dengan cara menanam dari bijinya.

2. Persiapan Lahan Budidaya Kangkung

Cara menanam kangkung selanjutnya yaitu dengan menyiapkan lahan untuk menanam kangkung. Jangan lupa untuk membersihkan lahan yang akan digunakan agar terbebas dari gulma dan rumput liar sehingga tidak akan mengganggu pertumbuhan kangkung itu sendiri.

Kemudian lakukan penggemburan tanah dan buat gundukan tanah dengan lebar 1 meter sedangkan untuk panjangnya bisa menyesuaikan atau bisa juga dengan memberi jarak sekitar 40cm dari jarak bedengan. Namun apabila lahan yang dimiliki terbatas atur saja sesuai dengan kebutuhan.

3. Jarak Tanam Kangkung agar Tumbuh Subur

Jarak tanam juga menjadi poin yang perlu diperhatikan agar kangkung mendapat ruang yang cukup pada masa pertumbuhannya. Jarak tanam yang ideal bagi sayur kangkung ini adala sekitar 5 cm dari kedalaman bedengan dan jarak antar lubang sekitar 15-20 cm.

Dengan memperhatikan jarak tanam yang ideal maka kangkung akan memiliki cukup ruang untuk bergerak dan tumbuh. Cara budidaya kangkung di pot dari batang dan akar ini dinilai lebih efektif.

4. Cara Menanam Kangkung di Rumah

Cara menanam kangkung selanjutnya juga harus diimbangi dengan memperhatikan cara perawatannya. Perhatikan kondisi lingkungan di sekitar tanaman kangkung tersebut apakah mulai muncul gulma dan tanaman pengganggu lainnya.

Jangan lupa memberikan pupuk susulan untuk mencukupi kadar unsur hara di dalam tanah. Berikan pupuk urea sebanyak 15 gram per meter pada setiap lahan. Lalu taburkan juga pada setiap pinggiran bedengan, lakukan proses tersebut selama 10 hari dari awal pembibitan.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Kangkung di Rumah

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kegagalan dalam menerapkan cara menanam kangkung di polybag. Diantaranya adalah:

  • Kurang tepatnya memilih musim tanam. Tanaman kangkung ini lebih cocok ditanam saat musim hujan tiba dengan jumlah curah hujan berkisar antara 500-5000 mm tiap tahunnya. Dengan curah hujan yang demikian maka akan baik pada pertumbuhan kangkung.
  • Tidak memperhatikan proses perawatan dengan baik dan benar sehingga banyak gulma dan tanaman pengganggu lain disekitar tanaman kangkung tersebut.
  • Faktor eksternal juga bisa menjadi penyebab kegagalan dalam menanam sayuran kangkung, seperti kondisi cuaca yang buruk, bencana alam, harga pupuk yang mahal, kekeringan sehingga tidak tercukupinya pasokan air, dan masih banyak lagi.
  • Kurang memperhatikan laju pertumbuhan dan perkembangan tanaman sehingga menyebabkan menurunnya produktifitas yang dihasilkan. Oleh sebab itu mulailah lebih perhatian kepada tanaman dengan memperhatikan ukuran organ tanaman mulai dari lebar daun, tinggi tanaman, lebar batang, dan jumlah ruas-ruas batang.
  • Tidak mengetahui mengenai apasaja syarat tumbuh tanaman kangkung tersebut. Maka dari itu agar hasil panen tetap terjaga dan terhindar dari kegagalan maka sebelum melakukan penanaman ada baiknya mengetahui apasaja syarat tumbuh dari tanaman tersebut.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Kangkung

Setelah menerapkan cara menanam kangkung yang baik dan benar maka tibalah pada langkah mengetahui harga jual tanaman kangkung tersebut.

  • Harga kangkung sayur 1 ikat kurang lebih 150 gram Rp 4.000
  • Harga kangkung bersih 500 gram (sayur curah) Rp 14.300
  • Harga kangkung akar 1 ikat (sayur curah) Rp 7.100
  • Harga kangkung bersih 1 ikat (sayur curah) Rp 7.900
  • Harga kangkung hidroponik Rp 11.400
  • Harga sayur kangkung per ikat Rp 2.200
  • Harga sayur kangkung segar ikat kiloan Rp 2.000
  • Harga kangkung akar 500 gram (sayur curah) Rp 12.900
  • Harga sayur organic premium Rp 12.000
  • Harga kangkung per ikat Rp 5.200
Irma Citama
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Kembang Kol

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Okra

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Brokoli

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *