Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Durian

2 min read

cara menanam buah durian

Cara menanam durian agar mendapat hasil panen yang memuaskan salah satunya dengan memperhatikan bibit yang digunakan. Pada awalnya pohon durian ini hanya hidup di hutan di Malaysia, sedangkan di Indonesia pohon durian hanya hidup di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Namun seiring berjalannya waktu persebaran pohon durian hingga mencapai ke Negara Thailand, Birma, Pakistan dan India.

Tentu saja di Indonesia sekarang banyak tersebar buah Durian. Pecinta durian memang spesifik, dan ada orang yang anti durian. Buat kamu yang suka durian, kali ini Nonatani akan membahas tentang cara budidaya durian agar cepat berbuah untuk pemula. Cara menanam durian ini bisa dilakukan di halaman rumah sebagai hiasan dan prestige atau di kebun.cara budidaya durian musang king pendek cepat berbuah

Cara Menanam Durian

Kelezatan rasa dari daging durian ini serta aroma khas durian yang bergitu harum ini menyebabkan banyak pemula yang ingin mengetahui cara menanam durian yang baik dan benar. Selain itu buah durian ini memiliki kandungan karbohidrat, protein, kalium, zat fosfor, lemak, vitamin, asam, folat, dan kaya akan serat yang baik untuk tubuh.

1. Pemilihan Bibit Durian

Cara menanam durian adalah dengan memperhatikan bibit durian yang batangnya kokoh serta bibitnya terlihat segar dan juga tidak kisut. Bibit yang berkualitas ditandai dengan adanya arah percabangan lebih dari 2 serta jumlah daun yang cukup banyak. Selain itu bibit durian yang bagus memiliki tunas baru  pada bagian batangnya. Bila perlu pilihlah biji yang usianya sudah tua karena biji yang sudah tua akan mempercepat tumbuhnya tunas baru.

Dengan memilih penanaman dari biji maka pertumbuhan tanaman dan akarnya menjadi lebih kuat, selain itu tanaman lebih rentan dari serangan hama dan penyakit. Namun kekurangan menanam dari biji adalah waktu tumbuh yang cukup lama serta biasanya hasil panen berbeda dengan sang induk. Sedangkan untuk jenis-jenis durian ada beberapa macam diantaranya durian sukun, durian petruk, durian sitokong, durian simas, durian sunan, durian otong, durian kani, dan lain-lain.

2. Persiapan Lahan Budidaya Durian

Agar cara budidaya durian musang king dapat tumbuh dengan lancar maka lakukan persiapan lahan yang tepat agar kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman dapat terpenuhi. Untuk melakukan persiapan lahan tersebut ikuti beberapa trik jitu berikut ini.

  • Pilihlah kondisi lahan yang memiliki suhu sekiranya 20-23 derajat Celcius.
  • Ambil polybag dengan ukuran yang sesuai dengan bibit durian kemudian isi polybag dengan o,5 GDM SaMe.
  • Semprot seluruh permukaan polybag menggunakan 1 gelas air mineral GDM Black BOS.
  • Ambil biji yang sudah disiapkan kemudian tanam dalam kondisi telungkup kemudian uruk dengan tanah, agar kelembapannya tetap terjaga tutup menggunakan plastik. Biarkan selama 2 hingga 3 minggu, biasanya setelah 3 minggu biji akan mengeluarkan akar. Jika sudah tumbuh akar maka biji dapat dipindah ke lahan.

Saat pemindahan ke lahan siramilah seluruh tanaman menggunakan cairan 500 ml GDM hinggga mencapai 5 liter per hektarnya. Di awal pemupukan berikan pupuk organik berjenis pupuk kandang maupun pupuk kompos atau bisa juga menggunakan pupuk hijau dan pupuk bokashi dengan dosis 30-40 kg perpohon.

3. Jarak Tanam Durian Yang Ideal

Agar cara budidaya durian musang king dapat berjalan dengan lancar maka jarak tanam yang ideal bagi tanaman durian ini sekitar 8 x 8 m. Dengan mengatur jarak tanam yang sedemikian rupa maka tanaman dapat tumbuh dalam jarak yang tidak terlalu lebar atau terlalu sempit.

4. Cara Menanam Durian

Usahakan dalam mencoba cara menanam durian agar dilakukan pada lahan yang terkena sinar matahari sekitar 40-50 persen. Ketika musim kemarau tiba maka waktu inilah yang tepat untuk menanam durian, karena saat musim kemarau tiba maka biji akan rentan terkena penyakit maupun hama. Jika semua cara merawat pohon durian montong dalam pot agar cepat berbuah banyak telah dilakukan maka tibalah masa panen. Durian dapat dipanen saat usianya telah mencapai 4-5 tahun.

Ciri-ciri durian yang sudah siap dipanen adalah bagian ujung buahnya menjadi kecoklatan, ruas tangkai membesar, aroma harum dari buah durian lebih menyengat, terdepat suara menggema ketika buah dipukul (lakukan dengan hati-hati).

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Durian

cara merawat pohon durian montong dalam pot agar cepat berbuah banyak tidak akan selalu berjalan mulus. Faktor cuaca dapat menjadii penyebab kegagalan petani durian, ketika buah durian sudah tumbuh besar namun tiba-tiba hujan mengguyur terus-menerus sehingga banyak buah durian yang jatuh dan membusuk. Namun hal tersebut dapat disiasati dengan memperhatikan waktu tanam dan melakukan perawatan ekstra saat musim hujan tiba.

6. Harga Bibit Dan Harga Jual Durian

Cara menanam durian yang baik dan benar akan berpengaruh pada harga yang berlaku di pasar. Semakin manis rasa durian tersebut maka harga yang ditawar akan jauh lebih mahal.

Kelompok Harga Harga Durian Sumber
Bibit buah durian montong 50.000 https://www.tokopedia.com/bibit-durian-montong
Bibit tanaman buah durian bawor 25.000 https://www.tokopedia.com/bibit-durian-montong
Bibit buah durian kaki 10 musang king bawor 135.000 https://www.tokopedia.com/bibit-durian-montong
Bibit durian montong  pohon okulasi 25.000 https://www.tokopedia.com/bibit-durian-montong
Bibit durian montong kaki 3 55.000 https://www.tokopedia.com/bibit-durian-montong

 

Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Pisang

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Buah Mangga

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Buah Apel

Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *