Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Coklat

2 min read

cara menanam coklat

Cara menanam coklat menjadi pembahasan trending di kalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya tanaman yang semakin jarang ditemui ini memiliki cita rasa buah yang unik dan bentuk buahnya yang khas yaitu berwarna merah tua hinga kecoklatan. Selain dikonsumsi secara langsung, buah ini bisa diolah menjadi makanan yang lezat dan digemari oleh kebanyakan orang.

Nonatani akan membahas tentang cara budidaya coklat atau tanaman kakao ini dalam skala yang kecil, bukan skala perusahaan. Kamu bisa mengikuti langkah langkah cara menanam coklat agar berbuah banyak ini di pekarangan rumah atau kebun.cara budidaya tanaman coklat agar cepat berbuah

Cara Menanam Coklat

Rasanya yang lezat menjadi salah satu hal yang perlu diketahui dalam cara menanam coklat. Coklat ini bisa menjadi olahan bahan campuran makanan yang hasilnya tidak kalah lezat dengan buahnya sendiri. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa tentu menyukai makanan yang satu ini, bahkan dengan memakan coklat dapat memperbaiki mood yang buruk. Jadi apakah kamu tergiur untuk mengetahui cara budidaya coklat?

1. Pemilihan Bibit Coklat yang Baik dan Unggul

Cara menanam coklat yang pertama adalah menentukan pemilihan bibit yang berkualitas. Bibit yang berkualitas menjadi salah satu penyebab keberhasilan dalam bercocok tanam. Pilihlah bibit coklat dengan teliti agar dapat menghasilkan buah yang unggul tentunya. Sebenarnya bibit coklat bisa didapat dari buah coklat yang sudah tua.

Akan tetapi jika kamu kurang yakin ada baiknya langsung pergi ke petani coklat yan sudah berpengalaman dalam bidangnya. Biasanya bibit coklat yang layak tanam memiliki ciri-ciri seperti ini:

  • Biji coklat akan Nampak lebih segar dan memiliki warna putih cenderung kekuningan.
  • Coba rendam di air, jika tidak mengapung maka bibit coklat tersebut berkualitas.
  • Perhatikan fisik bibit coklat tersebut, pastikan tidak ada tanda-tanda kecacatan atau bekas dimakan serangga.
  • Tidak terdapat warna atau bintik-bintik hitam pada biji serta pada permukaan bijinya terasa halus dan berbentuk bulat atau sedikit kota.

2. Pembuatan Lahan Media Tanam Coklat

Cara budidaya coklat ternyata juga bisa dilakukan di dalam pot. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Siapkan pot dengan ukuran yang besar lalu campurkan tanah, pupuk dan sekam ke dalamnya hingga mengisi setengah bagian. Lalu buatlah lubang dengan ukuran sama seperti polybag kemudian masukkan bibit coklat bersamaan dengan polybag tersebut.
  • Selanjutnya lepaskan polybag dari dalam pot secara perlahan, setelah polybag terlepas dari pot masukkan kembali tanah hingga tercampur merata kemudian padatkan. Siram media tanam tersebut menggunakan air biasa supaya lembab.

3. Jarak Tanam Kakao Yang Ideal

Cara menanam coklat yang baik bisa dilakukan juga dengan memperhatikan jarak tanam yang ideal. Tanaman coklat ini dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan ketinggian 5-10 meter. Selain itu faktor kemiringan tanah menjadi pemicu kedalaman tanah yang juga berpengaruh pada pertumbuhan tanaman coklat.

Lahan dengan tingkat kemiringan 8% hingga 25% perlu dibuatkan teras dengan lebar 1-1,5 meter agar tercukupinya asupan air tanah.

4. Cara Menanam Coklat atau Kakao

Cara berkebun coklat ini sangat mudah dilakukan namun juga membutuhkan ketelatenan agar menghasilkan buah yang baik. Sama dengan merawat tanaman buah lainnya seperti pohon mangga, pohon rambutam, pohon jambu dan pohon lainnya. Proses perawatan tanaman coklat ini tidak membutuhkan banyak biaya sehingga perawatannya lebih hemat.

Teknik perawatan yang perlu dilakukan adalah rutin melakukan penyiraman tanaman tersebut agar tanaman tidak dehidrasi. Namun jangan disiram secara berlebihan, cukup siram selama 2 kali sehari pada pagi dan juga sore hari.

Selain itu pastikan tanaman coklat ini bersih dari tanaman pengganggu seperti rumput liar dan gulma yang nantinya akan merebut unsur hari yang seharusnya diperuntukkan untuk tanaman coklat tersebut.

Oleh sebab itu lakukan penyiangan secara rutin dan jangan lupa untuk melakukan pemupukan susulan pada tanaman coklat tersebut agar tanaman coklat tetap mendapat nutrisi yang cukup. Gunakan pupuk organic seperti pupuk kandang atau pupuk kompos.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Coklat atau Kakao

Penyebab kegagalan menanam coklat ini sering terlupakan dalam menjalankan cara berkebun coklat yang baik dan benar. Penanaman tanaman coklat yang ideal harus memperhatikan curah hujan yang sesuai untuk tanaman coklat. Yaitu terdapat di wilayah dengan curah hujan 1.100—3.000 mm per tahun.

Jika daerah dengan curah hujan kurang dari 1.200 mm per tahunnya maka diperlukan system irigasi yang benar agar tanaman coklat dapat tetap tumbuh subur. Faktor lain yang juga berpengaruh pada pertumbuhan tanaman ini adalah temperatur, kecukupan sinar matahari dan juga tingkat kelembapan.

Temperatur yang ideal maksimal 30-32 derajat Celsius dan minimal 18-21 derajat Celsius. Untuk temperatur kurang dari 10 derajat Celsius dapat mengurangi produksi buah tanaman coklat dan bisa juga menyebabkan kegagalan.

6. Harga Jual Bibit Pohon Kakao Coklat

Tibalah di akhir cara menanam coklat yang tepat yaitu menentukan harga jual.

  • Bibit tanaman coklat hibrida unggul Rp 35.000
  • Bibit pohon coklat Rp 44.000
  • Biji benih buah coklat Rp 5.000
  • Bibit tanaman kakao coklat hibrida unggul Rp 25.600
  • Biji benih tanaman buah coklat super Rp 10.000
  • Bibit tanaman kakao Rp 43.000
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Kopi Ateng

Hendrasap
3 min read

Mekanisasi Pertanian

Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *