Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Cocor Bebek

2 min read

cara menanam cocor bebek

Cocor bebek atau Bryophyllum Pinnatum  merupakan tumbuhan sukulen atau mengandung air yang berasal dari Madagaskar. Tanaman ini dikenal karena metode reproduksinya yang melalui tunas adventif atau tunas daun. Lalu bagaimana cara menanam cocor bebek ? Simak tulisan ini dengan seksama!

Kali ini Nonatani akan membahas tentang cara budidaya tanaman hias cocor bebek. Cara menanam cocor bebek ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 subjudul yang menarik untuk dibaca yaitu bibit tanaman cocor bebek sampai harga bibit dan harga jual cocor bebek.cara merawat bunga cocor bebek agar cepat berbunga

Cara Menanam Cocor Bebek

Tanaman ini biasa digunakan sebagai tanaman hias untuk memperindah ruangan rumah atau pekarangan. Kandungan cocor bebek dipercaya dapat mengobati sakit kepala, batuk, penyakit kulit, demam, memperlancar haid, obat luka dll.

1. Pemilihan Bibit dari Stek Daun dan Tunas

Cocor bebek memiliki keistimewaan yang ada pada daunnya. Yaitu untuk berkembang biak melalui tunas daun dan termasuk tanaman vegetatif alami. Selain itu daunnya adalah tempat berlangsungnya fotosintesis.

Jika kamu ingin melakukan cara budidaya cocor bebek dari stek daun. Perhatikan dulu tips berikut ini untuk memilih indukan dan menanamnya.

Pertama pilih 2 atau 3 helai daun cocor untuk dijadikan indukan tunas. Pilih daun yang sudah tua dan tidak ada goresan. Ambil daun menggunakan pisau atau gunting tanaman secara hati-hati.

Setelah itu siapkan media tanam bibit seperti campuran tanah dengan pupuk. Masukkan media tanam ke wadah untuk menanam bibit cocor bebek.

Sebelum ditanam indukan cocor bebek dicuci dengan air mengalir kemudian tanam di wadah tadi. Pastikan daun indukan menghadap ke atas dan terkena cahaya matahari yang cukup.

Tutup kembali daun yang sudah ditanam dengan tanah yang sudah dicampur pupuk dan sekam. Semprot bibit tersebut dengan menggunakan air dalam botol spray. Semprot tanah sampai menjadi lembap sambil merawatnya hingga tunas cocor bebek muncul pada sisi-sisi daun indukan yang ditanam.

2. Persiapan Lahan Tanam

Cara menanam cocor bebek yang selanjutnya adalah mempersiapkan lahan tanam yang tepat agar tanaman kamu dapat tumbuh dengan subur. Cocor bebek merupakan tanaman hisa jadi ngga usah bingung untuk memilih lahan tanam.

Kamu bisa gunakan pekarangan, halaman rumah ataupun jika kamu tidak memiliki lahan yang tepat gunakam saja beberapa media tanam seperti pot bunga ataupun wadah lainnya. Cukup mudah bukan ?

Jika kamu menggunakan pekarangan pastikanlah bahwa tanah yang ada pada lahan memiliki tekstur gembur serta tidak kering. Jika tanah kamu belum gembur, gemburkan dengan menggunakan cangkul atau sekop.

Sambil menggemburkan tanah, kamu bisa menambahkan  pupuk organik pada tanah untuk menambah kadar zat hara. Siram tanah setelah melakukan pemupukan dan penggemburan tanah sampai tanah sedikit lembab.

Kamu juga bisa melakukan cara menanam cocor bebek  dengan pot atau wadah. Hal ini akan memudahkan dan mempercepat proses penanaman. Isi wadah atau pot dengan tanah yang dicampur pupuk dan sekam dengan perbandingan 2:1:1 kemudian siram dengan sedikit air sampai permukaan terlihat lembab.

3. Jarak Tanam Cocor Bebek yang Ideal

Cara menanam cocor bebek tidak memerlukan banyak tempat. Karena tanaman ini juga termasuk tanaman hias, kamu bisa menyusunnya serapi mungkin di pekarangan rumah maupun di ruangan.

4. Cara Menanam Cocor Bebek

Cara merawat bunga cocor bebek agar cepat berbunga juga dibutuhkan supaya tanaman dapat tunbuh dengan baik. Perawatannya pun bisa dibilang cukup mudah dan tidak ribet.

Cocor bebek membutuhkan sinar matahari yang cukup. Jadi jika kamu menanam cocor bebek di ruangan letakkan di jendela yang mendapatkan sinar matahari tapi jangan terlalu berlebihan karena dapat merusak tanaman.

Walaupun cocor bebek terkenal tahan dengan panas tapi diperluka penyiraman juga lho. Penyiraman dilakukan setiap 10 hari sekali. Lakukan pemupukan juga dengan pupuk organik supaya lebih menghemat uang.

Pangkasan batang bunga yang mati juga diperlukan. Pangkaslah dengan hati-hati menggunakan gunting setek yang tajam. Kurangi penyiraman selama dua minggu setelah memotong bagian tanaman yang mati.

Cobalah untuk melakukan cara merawat bunga cocor bebek agar cepat berbunga seperti merangsang pertumbuhan bunga dengan meletakkan tanaman ditempat gelap selama 12 jam. Lakukan setiap hari sampai bunganya tumbuh sambil mengamatu apakah cocor bebek tampak kurus dan sakit atau tidak.

Cocor bebek secara umum resisten terhadap penyakit dan sebagian besar insek. Tapi bukan tidak mungkin tumbuhan juga terserang hama. Buatlah insektisida alami dengan mencampurkan sabun cuci piring, minyak bunga matahari, dan satu liter air lalu semprotkan larutan tersebut ke tanaman yang diserang hama.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Cocor Bebek

Cara budidaya cocor bebek dari stek daun bisa dibilang gampang-gampang sulit. Karena jika diletakkan di luar ruangan cocor bebek bisa dirusak oleh hama seperti kutu daun dan tungau laba-laba.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Cocor Bebek

Berikut ini beberapa harga bibit dan harga jual cocor bebek di toko online.

Nama Harga Sumber
Bibit Cocor Bebek Merah Rp28.000 https://shopee.co.id/product/126426027/6902082019?smtt=0.308609126-1602984361.9
Bibit Cocor Bebek Rp45.000 https://shopee.co.id/product/203369247/4644564657?smtt=0.308609126-1602984444.9
Cocor Bebek Herbal dan Hias Rp25.000 https://shopee.co.id/product/10229978/7918102717?smtt=0.308609126-1602984674.9

 

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *