Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Bunga Vinca

2 min read

cara menanam bunga vinca

Bunga Vinci atau Catharanthus roseus merupakan jenis tanaman perdu tahunan. Tanaman hias ini berasal dari Madagaskar namun seiring berjalannya waktu tanaman ini mulai menyebar di daerah tropik lainnya dan dikenal dengan macam-macam nama seperti tapak dara di Indonesia, pokok rose pantai di Malaysia dll. Jadi gimana sih cara menanam bunga vinca itu ?

Kali ini Nonatani akan memberikan tutorial cara budidaya tanama hias vinca. Cara menanam bunga vinca ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 subjudul yang menarik untuk dibaca mulai dari Bibit Bunga Vinca sampai Harga Bibit dan Harga Jual Tanaman Hias Vinca, Yuk simak artikelnya.cara budidaya bunga vinca

Cara Menanam Bunga Vinca

Bagian bunga vinca memiliki kandungan yang berpotensi menjadi obat penyakit Leukemia dan Hodgkin. Tapi jangan digunakan untuk obat dulu karena memiliki efek yang tidak bagus untuk tubuh bahkan bisa mengakibatkan kematian. Tanamlah bunga vinca yang sedang hits ini sebagai tanaman hias saja.

1. Bibit Bunga Vinca

Bunga vinca atau tapak dara bisa berkembang biak dengan menggunakan biji. Tapi kamu juga bisa menggunakan stek batang untuk memperbanyaknya. Pada kesempatan ini aku akan berbagi informasi tentang cara memperbanyak bunga vinca dari stek batang.

Cara memperbanyak bunga vinca dari stek batang yang pertama kamu lakukan adalah memilih indukan bunga vinca dengan kondisi baik. Pilih batang vinca yang sudah tua, sehat dan panjang batang antara 5-15 cm.

Potong batang menggunakan silet supaya bekas lukanya rata dan tidak pecah. Karena jika batang bagian bawah pecah bisa membusuk atau berjamur. Ambil stek vinca dari pucuk batang yang masih muda sampai bagian bawah yang sudah mulai agak tua, potong sekitar 8-10 cm saja.

Langkah selanjutnya adalah membersihkan daun yang masih menempel di batang. Sisakan sehelai atau dua helai daun saja, jika ada kuncup bunga yang mau mekar sebaiknya dipetik saja supaya tidak menggangu pertumbuhan. Sebelum melakkan cara menanam bunga tapak dara dengan stek sebaiknya batang bagian bawah diolesi irisan bawang supaya akar cepat tumbuh.

Cara terbaik setelah mengolesi batang dengan bawang adalah meletakkan stek pada pot berisi media tanam bercampur pupuk kendang atau kompos sampai akar vinca tumbuh. Bibit vinca kemudian bisa di pindahkan ke pot gantung atau pot yang lebih besar untuk pembesaran pohon. Lakukan juga perawatan yang baik sebelum melakukan pembesaran

2. Persiapan Lahan Tanam

Bibit bunga vinca yang berumur sekitar 12 minggu dan sudah berukuran 10-15 cm maka sudah siap untuk cara menanam bunga tapak dara dengan batang ke tempat pembesaran. Sebelum melakukan cara menanam bunga vinca alangkah baiknya mempersiapkan lahan atau wadah yang lebih besar. Bunga vinca tumbuh dengan baik pada tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Cara menanam bunga vinca juga bisa menggunakan wadah seperti pot gantung. Cara ini cukup bagus dan mudah untuk memperindah ruangan tempatmu berkumpul bersama keluarga. Siapkan bibit dan semua kebutuhan menanam bunga vinca dengan pot gantung dengan baik.

Siapkan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kendang atau kompos. Setelah ditanam letakkan bunga vinca di teras yang mendapat cahaya matahari cukup. Pastikan terhindar dari kucuran air hujan secara langsung.

3. Jarak Tanam yang Ideal

Berilah jarak guludan yang ideal untuk cara manam bunga vinca yaitu antar tanaman sekitar 50 x 50cm. Jika menanam menggunakan pot gantung sebaiknya ditata serapi mungkin sesuai luas ruanganmu.

4. Cara Menanam Bunga Vinca

– Merawat bunga vinca yang layu

Penyebab layu bisa karena kurang nutrisi atau sirkulasi udara yang sempit. Sirkulasi yang kurang membuat fotosintesis terganggu karena vinca membutuhkan CO2 dari udara. Jadi cara merawat bunga vinca gantung adalah jangan menanam vinca terlalu dalam dan jaraknya jangan terlalu sempit.

Jika bunga vincamu layu karena kurang nutrisi berikan pemupukan susulan berupa pupuk organik saja. Berikan secara terartur.

– Merawat bunga vinca karena kurang air

Jika kebutuhan air vinca tidak terpenuhi maka proses fotosintesis juga akan terganggu. Solusi cara merawat bunga vinca gantung adalah memberikan penyiraman yang teratur dan pastikan agar selalu cukup air.

– Merawat bunga vinca yang kelebihan penguapan

Jika semua perawatan diatas sudah kamu lakukan dan tidak menghasilkan bunga yang baik mungkin ada faktor penguapan yang mempengaruhi. Ini bisa terjadi karena sinar matahari yang terlalu terik. Pindahkan ke tempat teduh untuk mengurangi penguapan.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Bunga Vinca

Cara menanam bunga tapak dara dengan batang bisa dibilang gampang-gampang susah karena serangan Jamur Pytophthora Nicotianae dapat menyebabkan batang tanaman rusak kemudian membusuk. Penyakit ini ditandai dengan akar menguning, daun seperti hangus, layu, pertumbuhan terhambat.

Untuk menghindari serangan jamur ini jangan gunakan pupuk kimia secara berlebihan. Kemudian perbaiki system pengairan dan gunakan fungisida terukur jika kamu butuhkan.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Bunga Vinca

Ada beberapa varian harga bunga vinca di toko online. Makanya yuk segera lakukan cara menanam bunga vinca dirumahmu!!!!

Nama Harga Sumber
Benih Bunga Vinca Juntai Rp20.000 https://shopee.co.id/benih-biji-vinca-juntai-i.136302692.7753046697
Bibit Bunga Vinca Gantung Rp10.000 https://shopee.co.id/(BENIH)Bibit-bunga-vinca-gantung(discon)-i.78649425.3129267694
Bibit Tapak Dara Rp10.000 https://shopee.co.id/Bibit-Tanaman-hias-vinca-tapak-dara-i.277191514.7339991948
Bunga VINCA paket murah (1 paket isi 5 plant beda warna) Rp98.400 https://shopee.co.id/bunga-VINCA-paket-murah-(1-paket-isi-5-plant-beda-warna)-i.60673641.2363377102

 

 

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *