Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Bunga Tulip

2 min read

cara menanam bunga tulip

Tulip atau Tulipa Pulchella merupakan tanaman hias yang berasal dari Asia Tengah, namun lebih terkenal di Belanda. Bunga tulip memiliki ciri-ciri tinggi 10-70 cm, daunnya berlilin, berbiji bundar pipih yang terbungkus kapsul kering dan tumbuh bunga yang terdiri dari 6 helai daun mahkota. Seperti bunga anggrek dan mawar, tulip juga termasuk bunga yang paling banyak dibudidayakan manusia, lalu bagaimana sih cara menanam bunga tulip itu ?

Kali ini Nonatani akan memberikan tutorial cara budidaya tanama hias bunga tulip. Cara menanam bunga tulip ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 subjudul yang menarik untuk kamu baca, Yuk simak sekarang juga!cara budidaya bunga tulip agar cepat berbunga

Cara Menanam Bunga Tulip

Aroma dan warna bunga tulip memang menarik sehingga memancing para peneliti untuk mengujinya sebagai pewarna makanan alami, parfum, dan bahan dasar kosmetik. Selain itu kandungan minyak esensial serta berbagai senyawa bioaktif mampu meredakan stress, meningkatkan kualitas tidur, menangkal radikal bebas, hingga melawan pertumbuhan sel kangker payudara.

1. Bibit Bunga Tulip

Tanaman tulip membutuhkan suhu rendah untuk dapat tumbuh. Meski tanaman hias tulip sulit kamu tanam di daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia, aku akan memberikan langkah pembibitannya.

Kamu dapat melakukan cara budidaya bunga tulip dari biji maupun lewat umbinya. Perlu kamu ketahui bahwa menanam tulip ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Tulip yang ditanam melalui umbi membutuhkan waktu setahun untuk berbunga, sedangkan menanamnya dari biji malah membutuhkan waktu yang lebih lama lagi yaitu 5-7 tahun.

Supaya lebih cepat, aku akan menjelaskan yang lewat umbi saja. Potong dulu bunga tulip yang sudah mekar lalu ambil umbinya. Karena tulip tumbuh di suhu yang dingin, maka harus melalui proses pendinginan tertentu jika ingin menanamnya di Indonesia.

Proses mendinginkan umbi tulib sebelum ditanam tersebut bernama cold treatment. Metode ini wajib kamu lakukan, jika langsung menanamnya di Indonesia yang notabennya beriklim tropis bisa diastikan tidak tumbuh.

Proses ini tentu menggunakan alat pendingin seperti kulkas yang suhunya diatur menggunakan langkah-langkah tersendiri. Pertama cuci umbi, keringkan kemudian bungkus dengan plastik.

Cara budidaya bunga tulip dari biji tidak akan Masukkannya kedalam kulkas dengan suhu 1,8-120C. Jauhkan penyimpanan umbi dari buah-buahan dan tunggu selama 1,5-2 bulan. Check umbi secara teratur, baik muncul tunas atau tidak jika sudah berumur 2 bulan dalam kulkas umbi sudah siap kamu tanam.

2. Persiapan Lahan Tanam

Untuk melakukan cara menanam bunga tulip, kamu harus mempersiapkan tanah yang memiliki kriteria tersendiri. Ciri tanah yang baik untuk menanam tulip adalah gembur, dekat dengan sumber air, mengandung unsur hara yang cukup, pH antara 5,5-7,5. Lebih baik sih kamu menanamnya di dataran tinggi supaya tidak terkena aerosol air asin.

Tapi jika kamu berada di dataran rendah dan ingin menanam tulip ada kok trik untuk mensiasati hal tersebut. Triknya adalah tanam umbi pada tempat yang rindang, untuk mendinginkan suhu udara gunakan air penyiram otomatis (kabut air) yang menyala setiap 20-40 menit sekali.

Trik yang terakhir adalah membuat sebuah air mancur atau kolam mengalir yang berada dekat dengan tanaman. Gunanya untuk menyerap suhu udara sekitar serta menambah kelembaban. Setelah itu kamu bisa melakukan penggemburan tanah, pemupukan dasar, penanaman dan menyiramnya.

3. Jarak Tanam Tulip yang Ideal

Cara menanam bunga tulip sebenarnya tidak ada aturan baku tentang jarak tanamnya. Jarak ini dapat kamu sesuaikan dengan luas lahan saja. Tapi ada juga yang menyarankan 12-15 cm x 12-15 cm.

4. Cara Menanam Bunga Tulip

Tahap selanjutnya yaitu cara merawat bunga tulip agar tumbuh subur dan cepat menghasilkan bunga yang bagus. Berikut beberapa perawatan yang bisa kamu coba.

– Penyiraman

Perawatan yang pertama adalah menyiram dengan air yang baik. Jika terlalu sering melakukan penyiraman, bisa jadi akar tulip membusuk kemudian bisa menyebabkan kematian. Jadi lakukan penyiraman secara berkala dan teratur.

– Penyiangan

Seperti yang kamu ketahui bahwa gulma merupakan tumbuhan liyar yang bisa menggangu pertumbuhan tanaman lain. Maka lakukan penyiangan secara teratur, misalnya setiap satu bulan sekali.

– Menyejukan lahan

Jika kamu berada di daerah dataran rendah yang tidak cocok untuk menanam tulip, penyejukan ini dapat kamu lakukan. Bagaimana caranya ? gunakan alat penyemprot tanaman otomatis yang dapat bekerja setiap 15 menit. Campurkan air untuk menyemprot dengan zat aerosol, karena bisa menciptakan hawa sejuk.

– Perawatan bunga

Cara merawat bunga tulip bisa kamu lakukan ketika bunga sudah berumur 8 minggu dari masa tanam. Yang pasti kamu harus menjaga suhu di lingkungan sekitar dalam keadaan tetap sejuk dan dingin agar bunga dapat mekar sempurna.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Bunga Tulip

Apakah sulit cara menanam bunga tulip itu ? tentu saja tidak jika kamu memiliki pengetahuan yang banyak dan mau belajar menanam tulip. Aku akan berbagi info tentang kesalahan menanam tulip.

Pertama jangan melakukan pemupukan setelah tulip baru saja berbunga karena bisa meningkatkan kemungkinan tulip terserang penyakit. Kemudian usahakan jangan ada yang menghalangi sinar matahari masuk.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Tulip

Ada banyak harga bibit tulip. Berikut ini contoh harga yang ada di toko online.

Nama Harga Sumber
100pcs Bibit Bunga Tulip Rp29.559 https://shopee.co.id/100pcs-Bibit-Bunga-Tulip-Bonsai-Model-Cantik-Warna-warni-i.290987781.5645176275
Bibit Tulip Merah Rp6.000 https://shopee.co.id/Bibit-Benih-Bunga-Tulip-Merah-asli-Holland-2-Biji-i.264334893.5749257640
Bibit Tulip Putih Rp6.000 https://shopee.co.id/Bibit-Bunga-Tulip-Putih-Asli-Holland-2-Biji-i.264334893.5766380598
Bunga Tulip Pertangkai Rp6.500 https://shopee.co.id/Bunga-tulip-besar-per-tangkai-i.13491284.1649224970

 

Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *