Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Bunga Telang

2 min read

cara menanam bunga telang

Bunga telang atau Clitoria ternatea merupakan jenis tanaman merambat dan termasuk suku polong-polongan. Bunga atau kembang telang berasal dari Asia tropis tetapi seiring bertambahnya waktu bunga ini telah menyebar ke seluruh daerah yang memiliki iklim tropik. Lalu gimana ya cara menanam bunga telang itu ?

Kali ini Nonatani akan memberikan contoh cara budidaya tanama obat telang. Cara menanam bunga telang ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 subjudul yang menarik untuk kamu pahamu yaitu mulai dari Bibit Bunga Telang sampai Harga Bibit dan Harga Jual Telang, Yuk simak artikelnya sekarang juga.cara budidaya bunga telang

Cara Menanam Bunga Telang

Menanam bunga telang memang bisa kamu buat untuk menghiasi ruangan karena bunganya yang indah berwarna biru terang dan ungu. Karena warnanya yang bagus, membuat beberapa negara di Asia Tenggara menjadikannya pewarna makanan alami. Di Indonesia sendiri tanaman ini bisa kamu gunakan untuk obat herbal seperti tisane atau the herbal.

1. Bibit Bunga Telang

Cara tanam kembang telang diawali dengan mempersiapkan benih bunga telang. Tanaman telang biasanya diperbanyak menggunakan biji. Biji bunga telang dapat kamu dapatkan di toko online.

Setelah bibit datang kamu bisa memisahkan benih yang bagus dengan yang kurang baik. Caranya adalah dengan merendamnya dalam air. Benih yang bagus akan kamu jumpai jika ada yang tenggelam.

Buang benih yang mengapung kemudian lanjutkan meremdam benih sampai 7-12 jam supaya proses dolmansi berhenti. Jika proses dolmansi berhenti maka benih akan lebih mudah tumbuh tunas. Ketika benih akan kamu gunakan, buang air perendaman dan keringkan secara alami.

Cara budidaya bunga telang berikutnya adalah penyemaian. Sambil merendam benih tadi kamu bisa menyiapkan media semai supaya lebih menghemat waktu. Campurkan tanah, pasir dan pupuk organik kemudian masukkan ke wadah penyemaian.

Menanam benih jangan terlalu dalam cukup 1 cm dari permukaan media semai. Gunakan spray air untuk menyemprot permukaan media semai. Kemudian tutup bagian atas wadah dengan plastik bening yang sudah kamu lubangi dan taruh ditempat teduh sambil merawatnya.

2. Persiapan Lahan Tanam

Setelah proses penyemaian, bibit bunga talang akan tumbuh dan mulai berkecambah. Menginjak umur 5 minggu dan sudah berukuran kurang lebih 5 cm bibit bunga talang dapat kamu pindah ke tempat pembesaran.

Siapkan semua kebutuhan untuk cara menanam bunga telang di pot. Siapkan media tanam berupa batu-batu kecil, tanah subur, pupuk dan sekam. Karena bunga telang adalah tanaman merambat siapkan juga ajir untuk media rambat.

Masukkan batu-batu kecil ke dalam pot kemudian Isi pot dengan media tanam yang sudah kamu campur berbanding 2:1:1 dan padatkan. Ambil bibit bunga telang bersama akarnya dan tanam di pot.

Agar lebih menarik dan lebih indah untuk dilihat, kamu bisa menghias pot dengan cat atau membeli pot dengan desain menarik. Kamu juga bisa melakukan cara budidaya bunga telang ini di halaman atau pekarangan rumah yang kosong.

3. Jarak Tanam yang Ideal

Cara tanam kembang telang juga harus mempertimbangkan jarak yang ideal. Ini karena tanaman telang adalah tanaman merambat maka membutuhkan ruang yang agak luas. Jarak tanam telang yang ideal sekitar 1,5 meter x 1,5 m, tapi bisa kamu sesuaikan dengan luas lahan.

4. Cara Menanam Bunga Telang

Setelah ada penelitian, tanaman telang ternyata memiliki kandungan nitrogen. Jadi tanaman telang ini akan membuat subur tumbuhan lain.

Selain itu cara menanam bunga telang tidak memerlukan perawatan yang rumit. Tapi tak ada salahnya sih jika kamu memberikan perawatan yang baik untuk tanaman

  • Penyiraman

Penyiraman dapat kamu lakukan saat pagi dan sore hari. Tapi jika tanah dalam kondisi lebap atau saat musim hujan, kamu bisa menguangi intensitas penyiramannya.

  • Pemupukan

Pemupukan susulan dapat kamu lakukan setiap 2 sampai 3 minggu sekali. Gunakan pupuk organic cair atau pupuk kalsium untuk menunjang pertumbuhannya.

  • Pemangkasan dan penyiangan

Pangkas batang yang sudah menjalar melebihi ajir. Sambil memangkas kamu dapat merapikan atau membentuk batang agar lebih bagus lagi. Lakukan juga penyiangan disekitar tanaman untuk menjaga kebersihan bunga telang dan untuk menyingkirkan gulma yang mengganggu.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Bunga Telang

Cara budidaya bunga telang harus memperhatikan penyebab kegagalan menanam bunga telang. Ada 2 penyebab kegagalan yang utama yaitu ulat daun dan unggas. Unggas biasanya akan memakan daun tanaman telang.

Untuk penangannannya, kamu bisa melakukannya dengan cara membuang ulat daun dan pemberian pagar pelindung. Gunakan daun bawang atau cabai busuk yang diolah menjadi pestisida jika kamu memerlukan pestisida.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Bunga Telang

Berikut harga bunga telang yang ada di toko online. Yuk segera lakukan cara menanam bunga telang di rumahmu!

Nama Harga Sumber
Bibit Bunga Telang Rp14.500 https://shopee.co.id/Bibit-Bunga-Telang-Bibit-Bunga-Teleng-Tanaman-Bunga-Telang-Tanaman-Bunga-Teleng-i.47122771.765304134
Benih Bunga Telang Ungu Rp4.000 https://shopee.co.id/BENIH-BUNGA-TELANG-UNGU-BIBIT-BUNGA-TELANG-UNGU-BENIH-BUNGA-TELANG-UNGU-ZAYOSEED-i.228000798.5730969433
Teh Bunga Telang Butterfly Pea Rp3.900 – Rp5.700 https://shopee.co.id/Teh-Bunga-Telang-Butterfly-Pea-Chamomile-Lavender-Chrysanthemum-dll-Flower-Tea-i.177814475.4950539345
Benih Bunga Telang Biru 7Seeds Rp5.000 https://shopee.co.id/Benih-Bunga-Telang-Biru-7Seeds-i.82943985.6619130658

 

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Pegagan

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Binahong

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Kumis Kucing

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *