Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Bunga Krokot

2 min read

cara menanam bunga krokot

Bunga krokot atau Moss Rose mungkin di kalangan masyarakat Indonesia belum begitu populer. Tetapi tanaman bunga ini memiliki manfaat untuk kesehatan dan juga memiliki warna bunga warna-warni yang sangat indah. Lalu apakah kamu tertarik untuk cara menanam bunga krokot ? Jika tertarik simak artikel ini selengkapnya.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang cara budidaya bunga krokot. Cara menanam bunga krokot ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 pokok pembahasan mulai dari bibit tanaman krokot sampai harga bibit dan harga jual bunga krokot.cara budidaya bunga krokot agar cepat berbunga

Cara Menanam Bunga Krokot

Tanaman ini bisa disebut bunga pukul sembilan karena mekar pada pukul 9 pagi. Tanaman krokot merupakan tanaman yang mudah di budidayakan. Daun tanaman krokot terdapat kandungan kalsium, vitamin B, phospat, zat besi, vitamin A, vitamin C, magnesium, mangan, fosfor, dan lain-lain.

1. Bibit Tanaman Krokot

Cara budidaya bunga pukul sembilan diawali dengan pembibitan. Bunga krokot biasanya ditanam melalui biji atau melalui stek batang. Persiapkan segala kebutuhan untuk perbanyakan melalui stek batang.

Cara stek bunga krokot diawali dengan pemilihan indukan yang  sehat, bagus dan memiliki kualitas yang baik. Setelah melakukan pemilihan indukan potong bagian yang akan distek dengan panjang minimal 7 cm.

Kemudian lakukan perendam batang kedalam larutan fungisida sebanyak 5 gr/liter. Waktu perendaman selama 5-10 menit dan jika sudah selesai perendaman karingkan di atas koran sambil di angin-anginkan.

Agar lebih efektif cara stek bunga krokot tanam batang hasil stek kedalam plastik polibag terlebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya memudahkan saat proses transplanting.

Pertama siapkan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang. Kemudian saring media tanam sampai tersisa bagian yang halus. Masukkan media tanam kedalam polibag berdiameter 5 cm.

Lalu padatkan media tersebut dan tanam stek kedalam polybag. Perawatan yang dibutuhkan hanya menyiram dengan air saja.

2. Persiapan Lahan Tanam

Setelah berumur 14 hari stek sudah bisa di pindahkan ke lahan tanam pekarangan atau di pot. Untuk cara menanam bunga krokot di pekarangan lakukan langkah berikut ini.

Langkah pertama hilangkan gulma dan gali lubang tanam sedalam 15 cm sambil menggemburkan tanah disekitar lubang tanam. Kemudian lakukan pemupukan dengan pupuk kandang kedalam lubang tanam. Diamkan pupuk tersebut didalam lubang  selama 1 hari.

Setelah itu bibit bunga krokot siap ditanam. Timbun dengan tanah bekas galian dan padatkan supaya bibit tidak miring. Siram menggunakan air secukupnya saja.

Cara budidaya bunga pukul sembilan juga bisa ditanam dengan pot. Siapkan pot yang kecil hingga sedang atau pot ember supaya mudah diletakkan dan menambah kesan estetika.

Cara tak jauh berbeda dengan bunga yang ditanam di pot lainnya. Yaitu dimelalui dari pengisian tanah kedalam pot, pemberian pupuk dasar, penanaman benih bunga krokot dan penataan pot supaya terlihat lebih indah.

3. Jarak Tanam Bunga Krokot yang ideal

Cara menanam bunga krokot biasanya menggunakan jarak yang lebih rapat. Hal ini dikarenakan bunganya akan terlihat indah ditambah mekar secara bersamaan pada pukul 9 pagi.

4. Cara Menanam Bunga Krokot

Krokot merupakan jenis tanaman hias yang toleran terhadap musim kemarau. Tanaman krokot juga bisa digunakan sebagai  sayuran hijau maupun tanaman biofarmaka. Pertumbuhannya yang cepat membuat tanaman ini cocok dijadikan tumbuhan penutup tanah.

Perlu diketahui cara merawat bunga krokot agar cepat berbunga salah satunya dengan penyiraman. Penyiraman atau pengairan  adalah bagian yang penting dari budidaya tanaman.

Tetapi tidak untuk tanaman krokot karena daoat tahan terhadap cuaca panas. Cukup lakukan penyiraman sebanyak 2 kali dalam sehari dengan mempertimbangkan kelembaban tanah.

Tumbuhan krokot juga dapat lebih cepat tumbuh dan subur dengan menggunakan campuran air dengan pupuk cair.

Cara merawat bunga krokot agar cepat berbunga lainnya adalah dengan melalukan penyiangan, pemupukan susulan, penyulaman dan penanggulangan hama maupun penyakit.

Pemupukan susulan dilakukan setiap 2 bulan sekali dengan pupuk organik butiran. Caranya adalah dengan menggali tanah ditepi lahan tanam kemudian masukkan butiran pupuk organik. Tutup kembali lubang tersebut dan disiram dengan air secukupnya.

Penyulamam dilakukan bila tanaman menunjukkan gejala seperti batang menyusut, tidak muncul bunga lagi, daun menguning dan berguguran. Itu dapat terjadi pada tanaman yang sudah mencapai batas usia 3-5 bulan.

Hama yang menyerang tanaman krokot bisa dari jenis serangga seperti ulat maupun semut. Sedangkan untuk penyakit yang menyerang tanaman krokot jarang ditemui. Lakukan penyemprotan insektisida jika diperlukan.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Krokot

Tanaman krokot adalah tanaman yang memiliki siklus hidup cukup lama yaitu 1 tahun. Cara menanam bunga krokot harus melakukan perlakuan khusus setiap 3 hingga 4 bulan sekali dengan cara menanam ulang atau me-replant. Hal ini dikarenakan untuk menghindari kematian tanaman dan supaya tetap berbunga.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Tanaman Krokot

Berikut ini merupakan beberapa harga bibit dan harga jual krokot di toko online.

NamaHargaSumber
Benih KrokotRp1.000https://shopee.co.id/product/2513419/4301974635?smtt=0.308609126-1601216748.9
Daun Krokot (500 gr)Rp25.000https://shopee.co.id/product/240200473/4839055598?smtt=0.308609126-1601216797.9
Stek KrokotRp1.000https://shopee.co.id/product/131443346/5339929066?smtt=0.308609126-1601217020.9

 

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *