Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Bunga Krisan

2 min read

cara menanam bunga krisan

Cara menanam bunga krisan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta tanaman hias. Bunganya yang cantik dan berwarna-warni serta hampir memiliki 40 jenis varietas ini sangat memanjakan mata semua pecintanya. Maka tak heran jika jumlah peminat bunga krisan terus bertambah.

Ada banyak cara budidaya bunga Krisan, kali ini Nonatani akan membahas salah satunya adalah cara memperbanyak bunga krisan dari batang agar rajin berbunga yang perlu diketahui. Cara menanam Bunga Krisan ini mudah dilakukan oleh pemula, sehingga bisa dipraktekkan di pot atau polybag di halaman depan rumah.cara budidaya bunga krisan dalam pot agar selalu berbunga

Cara Menanam Bunga Krisan

Mempunyai daya tarik tersendiri membuat cara menanam bunga krisan tetap menjadi primadona. Tak hanya menjadi primadona pecinta tanaman hias saja, kecantikan bunga krisan ini mampu menghipnotis bahkan pada orang yang tidak begitu menyukai tanaman.

1. Pemilihan Bibit Bunga Krisan

Jenis varietas bunga krisan memang cukup banyak, cara menanam bunga krisan pun ada yang bisa ditanam di pot maupun lahan. Beberapa jenis bunga krisan yang bisa ditanam di pot diantaranya krisan pompom, krisan anemone, krisan daisy, dan krisan spider. Dan krisan potong yang bisa ditanam pada lahan, biasanya jenis krisan ini digunakan sebagai dekorasi ruangan.

Perbanyakan bunga krisan bisa dilakukan melalui metode stek dan kultur jaringan. Cara memperbanyak bunga krisan dari batang agar rajin berbunga yaitu cukup menyeleksi induk tanaman bunga krisan yang berkualitas. Ciri-ciri induk yang berkualitas ditandai dengan pertumbuhan dan produktifitas bunganya yang begitu cepat, selain itu tanamannya dalam kondisi sehat atau tidak cacat.

2. Persiapan Lahan Budidaya Bunga Krisan

Penanaman krisan bisa dilakukan dimana saja asalkan diletakkan di tempat yang mendapat sinar matahari yang baik. Selain dapat ditanam di lahan, bunga krisan juga dapat ditanam di dalam pot asalkan mendapat drainase yang lancar. Kemudian siapkan pot yang sudah diisi dengan tanah humus, sekam dan juga kompos dengan takaran sesuai kebutuhan.

Cara budidaya bunga krisan dalam pot agar selalu berbunga dapat dilakukan dengan memberikan pupuk dari bahan organik. Pemupukan dapat dilakukan 2 minggu sekali. Bila perlu tambahkan larutan pupuk 20-10-20 ketika penyiraman sedang berlangsung.

3. Jarak Tanam Bunga Krisan Yang Ideal

Pada jenis tanaman krisan pot dapat ditanam dengan jarak berdekatan karena ukurannya yang tidak bisa tumbuh besar. Namun meskipun demikian usahakan ukuran pot jangan terlalu kecil agar akar tanaman bisa tumbuh dengan baik.

4. Cara Menanam Bunga Krisan

Cara menanam bunga krisan bisa dilakukan di saat kondisi cuaca agak hangat, seperti misalnya di akhir musim hujan. Umumnya penanaman yang baik dilakukan di bulan Maret sampai April. Namun hal tersebut sekarang juga menjadi rancu karena kondisi cuaca sangat tidak menentu. Oleh sebab itu hal tersebut dapat disiasati dengan melihat kondisi suhu tanah. Bunga krisan dapat tumbuh dengan baik di suhu tanah antara 22-23 derajat celcius.

Penyiraman merupakan cara budidaya bunga krisan dalam pot agar selalu berbunga. Lakukan penyiraman hanya di pagi hari saja karena dengan begitu tanah akan dalam kondisi kering di siang harinya. Jangan melakukan penyiraman di waktu sore atau malam hari karena mengakibatkan tanaman rentan terkena penyakit. 1 bulan dari pasca tanam berikan pupuk kompos atau pupuk kandang dengan takaran sesuai kebutuhan tanaman.

Sebetulnya tanaman krisan hanya membutuhkan sinar matahari secara langsung selama 4 jam saja. akan tetapi jika letak lahan penanaman berada di lingkungan yang terpapar sinar matahari lebih dari 4 jam, cara merawat bunga krisan yang mulai layu di daerah panas adalah dengan memberikan pelindung di atas tanaman untuk cahaya dapat tersaring. Teknik pinching juga penting untuk dilakukan, buanglah bagian pucuk tanaman di awal penanaman.

Sedangkan teknik disbudding adalah memotong bagian tanaman untuk menghasilkan bentuk tanaman sesuai keinginan. Masa panen bunga krisan dimulai ketika memasuki usia 3 sampai 4 bulan. Potong tangkai tanaman jika panjangnya mencapai 60 hingga 80 cm.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Bunga Krisan

Kegagalan menjadi salah satu faktor yang membuat petani merasa rugi, namun hal tersebut bisa diminimalisir dengan memikirkan alternatifnya. Cara merawat bunga krisan yang mulai layu di daerah panas juga tak kalah penting, karena jika tanaman mendapat sinar berlebih akan berakibat fatal pada tanaman tersebut.

Selain itu kutu daun, thrips, dan penyakit karat bisa merusak daun dan bunga. Penyakit ini mulai menyerang tanaman yang berusia 1-13 minggu, oleh sebab itu perhatikan perawatan tanaman agar terhindar dari penyakit tersebut.

6. Harga Bibit Dan Harga Jual Bunga Krisan

Permintaan bunga krisan memang tidak pernah sirna, oleh sebab itu harganya masih stabil. Maka dari itu bunga krisan menjadi bisnis yang bisa dicoba. Agar cara menanam krisan berjalan lancar tidak ada salahnya untuk melakukan trik di atas.

Kelompok Harga Harga Bunga Krisan Sumber
Benih bibit bunga krisan rainbow mix Rp 12.000 https://www.tokopedia.com/bibit-krisan
Tanaman bunga krisan aster hias Rp 25.000 https://www.tokopedia.com/bibit-krisan
Benih bunga krisan putih Rp 51.900 https://www.tokopedia.com/bibit-krisan
Tanaman bunga krisan aster pink Rp 45.000 https://www.tokopedia.com/bibit-krisan
Irma Citama
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *