Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Bunga Kertas

2 min read

cara menanam bunga kertas

Cara menanam bunga kertas agar cepat berbunga indah akan aku bahas di artikel ini. Penamaan bunga kertas, mungkin karena kelopak bunganya yang tipis dan teksturnya hampir mirip dengan kertas sehingga dinamakan bunga kertas.

Bunga kertas ini ada 2 maksud, pertama, bunga kertas yang sering juga disebut sebagai bunga bougenville. Namun ada juga bunga kertas yang lain, yaitu yang tanamannya kecil dan bunganya mirip krisan. Untuk kali ini, Nonatani akan membahas yang versi kedua, contoh bunganya ada di bawah ini. Untuk cara menanam bougenville akan aku bahas di artikel lain, kali ini khusus cara menanam bunga kertas.cara merawat bunga kertas agar cepat tumbuh dan tetap berbunga

Cara Menanam Bunga Kertas

Agar cara menanam bunga kertas dapat berjalan maksimal maka langkah-langkah di bawah ini perlu diterapkan. Pasalnya meskipun dalam proses budidayanya terlihat sederhana, namun dalam pelaksanaannya tetap membutuhkan petunjuk agar lebih mudah.

1. Pemilihan Bibit Bunga Kertas

Untuk memperbanyak tanaman bunga kertas bisa dilakukan menggunakan metode stek. Cara stek bunga kertas agar cepat tumbuh memang sudah terbukti, dibandingkan dengan metode perbanyakan melalui umbi, biji, dan cara lainnya. Cara yang pertama, ambil batang pohon yang sudah tua lalu potong bagian ujungnya dengan cara menyerong dan meruncing.

Namun hindari memilih batang tanaman yang sedang berbunga karena tidak berpotensi baik bagi pertumbuhan tanaman. Di Indonesia sendiri jenis-jenis bunga kertas dibagi menjadi berbagai macam jenis, seperti bunga kertas lekuk, bunga kertas cantik, bunga kertas garis, dan masih banyak lagi.

2. Persiapan Lahan Budidaya Bunga Kertas

Cara menanam bunga kertas yang kedua adalah menyiapkan media tanam, karena bunga kertas ini menyukai lingkungan yang berpori. Nantinya pori-pori tersebut dapat dijadikan sebagai tempat masuknya udara agar lebih efektif untuk menyerap air dan menjaga kelembapan udara. Jenis pasir yang cocok untuk dijadikan sebagai bahan media tanam adalah jenis pasir malang yang dicampur dengan tanah humus.

Masukkan pasir malang tersebut hingga memenuhi 1/3 bagian dari media tanam. Pasir malang lebih cocok sebagai bahan media tanam bunga kertas karena teksturnya yang kasar sehingga mampu menstabilkan kelembapan media tanam sehingga pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik. Lalu batang tanaman yang sudah didapat tadi dapat ditancapkan di media tanam sedalam 5 cm.

Cara menanam bunga kertas juga bisa dilakukan melalui metode sambung pucuk. Melalui teknik ini maka bunga yang dihasilkan akan sangat menarik perhatian karena menghasilkan beragam warna dalam satu batang tanaman. Caranya, sambung batang tanaman bunga kertas yang usianya lebih muda ke batang tanaman yang sudah tua. Namun metode ini cukup sulit, sehingga hanya bisa dilakukan oleh ahilnya saja.

3. Jarak Tanam Bunga Kertas Yang Ideal

Cara merawat bunga kertas agar cepat tumbuh dan tetap berbunga juga dengan memperhatikan jarak tanamnya. Karena ditanam langsung di lahan dan menghasilkan bunga yang bergerombol, maka pengaturan jarak tanam dapat dilakukan sesuai dengan luas lahan.

4. Cara Menanam Bunga Kertas

Penanam cara stek bunga kertas agar cepat tumbuh lebih baik dilakukan pada pagi atau malam hari, karena jika ditanam pada waktu tersebut tanaman akan lebih cepat tumbuh subur dan berbunga lebat. Jangan lupa untuk melakukan pemangkasan agar tercipta lingkungan mikro yang bagus bagi tanaman. Lakukan pemangkasan secara rutin pada bagian ranting dan cabang tanaman yang mulai tumbuh panjang dan berdaun lebat.

Proses penyiraman juga perlu dilakukan secara rutin, namun saat kuncup bunga mulai tumbuh proses penyiraman dapat dihentikan sementara. Masa kering ini biasanya berlangsung sampai 4 hari hingga kuncup mulai merekah. Kemudian berikan pupuk susulan menggunakan pupuk organik dengan dosis secukupnya, dan hindari menggunakan pupuk anorganik karena tidak baik untuk pertumbuhan tanaman. Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik maka meletakkan tanaman di tempat yang terkena sinar matahari langsung sekitar 70%.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Bunga Kertas

Cara merawat bunga kertas agar cepat tumbuh dan tetap berbunga tidak hanya akan berjalan mulus. Akan ada kegagalan yang dialami dalam proses budidayanya. Biasanya penyebab kegagalan yang paling sering dilakukan oleh pemula adalah mencoba teknik sambung pucuk. Teknik ini bertujuan untuk mendapatkan bunga dengan warna yang beragam dalam satu tanaman. Akan tetapi cara ini tergolong cukup sulit, sehingga tidak disarankan jika dilakukan oleh pemula.

Selain penyebab kegagalan di atas, hama dan jamur juga menjadi pemicu kegagalan menanam bunga kertas. Oleh sebab itu lakukan perawatan intensif menggunakan fungisida. Hama kutu putih juga kerap menyerang tanaman ini, kamu bisa membasminya menggunakan kapur ajaib yang digoreskan di sekitar batang tanaman.

6. Harga Bibit Dan Harga Jual Bunga Kertas

Akhirnya tibalah pada cara menanam bunga kertas yang terakhir. Faktor yang mempengaruhi harga bunga kertas diantaranya adalah selera konsumen, semakin tinggi permintaan pasar maka harga jual akan ikut tinggi.

Kelompok Harga Harga Bunga Kertas Sumber
Bibit bunga kertas Rp 7.500 https://www.tokopedia.com/bibit-bunga-kertas
Bibit tanaman bougenville Rp 52.000 https://www.tokopedia.com/bibit-bunga-kertas
Bibit tanaman hias bougenville Rp 20.000 https://www.tokopedia.com/bibit-bunga-kertas
Tanaman bunga bougenville ungu RP 25.000 https://www.tokopedia.com/bibit-bunga-kertas
Bibit tanaman bunga kertas Rp 14.000 https://www.tokopedia.com/bibit-bunga-kertas

 

Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Bunga Kamboja

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Bunga Dahlia

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Bunga Tulip

Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *