Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Bunga Kamboja

3 min read

cara menanam bunga kamboja

Kemboja atau Plumeria merupakan jenis tanaman has yang berasal dari Amerika Tengah. Bentuk bunganya sangat cantik dan memiliki aroma yang khas sehingga membuat sebagian masyarakat indonesia percaya memiliki kekuatan gaib. Tanaman hias ini di Pulau Bali banyak yang melakukan cara menanam bunga kamboja.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang tahapan menanam bunga kamboja supaya berbunga lebat. Pembahasan cara menanam bunga kamboja ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 subjudul yang akan membahas seputar penanaman bunga kamboja dan harganya di pasaran, tunggu apa lagi yuk simak sekarang juga!

cara budidaya bunga kamboja

Cara Menanam Bunga Kamboja

Mungkin kebanyakan orang hanya memanfaatkan bunga kamboja untuk tanaman hias saja. Akan tetapi, Bunga kamboja bisa diubah menjadi makanan ringan misalnya dibuat tempura bunga. Selain itu zat yang terkandung dalam bunga kamboja juga bisakamu gunakan untuk meringankan nyri saat haid, mengobati penyakit disentri.

1. Bibit Bunga Kamboja

Dalam cara menanam bunga kamboja ada 2 macam perbanyakan yaitu melalui stek batang dan penyemaian biji. Memperbanyak bunga kamboja dengan menyemai biji jauh lebih unggul daripada melakukan stek batang. Kenapa bisa seperti itu ?

Kelebihan yang bisa kamu dapat dari memperbanyak bunga kamboja menggunakan biji adalah batangnya lebih besar serta dapat menggelembung daripada teknik stek batang. Bagi kamu pecinta bonsai pasti sangat tertarik dengan cara perbanyakan ini karena batang akan jauh lebih mudah dibentuk menjadi bonsai.

Walaupun memperbanyak tanaman kamboja menggunakan biji lebih unggul, tapi pertumbuhannya lebih cepat menggunakan cara stek bunga kamboja agar cepat tumbuh. Makanya bayak orang memperbanyak tanaman kamboja menggunakan stek batang, tentu saja supaya tidak ribet dan cepat tumbuh.

Kali ini aku akan memberikan cara budidaya bunga kamboja dari biji saja supaya juga paham tahapan menyemainya hingga menjadi bibit siap tanam. Pertama siapkan semua alat dan bahan, terutama biji bunga kamboja

Kemudian rendam biji selama 10 menit untuk memastikan biji memiliki kualitas bagus dan bisa tumbuh. Pilih biji yang tenggelam saja. Sambil merendam biji sebaiknya lakukan pencampuran cocopeat dan sekam bakar untuk media semainya.

Masukkan media semai ke dalam ke wadah lalu taburkan bji, usahakan tidak terlalu terbenam kedalam media. kemudian semprot menggunakan spray halus dan tutup wadah semai menggunakan plastik bening. Letakkan pada tempat teduh dan jangan lupa lakukan perawatan seperti menyemprotkan air dengan spray.

Bibit akan berkecambah seminggu setelah semai. perhatikan bonggol dan daun biit tanaman kamboja, jika sudah tumbuh besar pindah satu persatu ke polybag yang agak besar.

2. Persiapan Lahan Tanam

Setelah melakukan cara budidaya bunga kamboja dari biji, kini saatnya menanam bibit ke lahan tanam. Menanam Bibit bung kamboja ini dapat kamu lakukan pada pot atau taman milikmu. Jika tidak punya taman atau lahan berlebih, menanamnya di pot juga tidak kalah cantik.

Alangkah baiknya siapkan segala keperluan dalam menanam bibit, terutama syarat tumbuh dan lahan yag baik untuk menanam. Pada taman sebaiknya bersihkan dulu gulma maupun krikil-krikil yang menggangu pertumbuhan kamboja. Setelah itu baru tanam bibit kemudian rawat dengan baik.

Lalu untuk pembibitan menggunakan cara stek bunga kamboja agar cepat tumbuh sebaiknya kamu tanam dalam pot. Gunakan media tanam yang kering, tidak mengikat air dan porous karena bibit kamboja menghendaki tanah yang seperti ini.

Kamu bisa menggunakan media tanam untuk bunga bibit kamboja ini berupa pasir, sekam biasa, sekam bakar, tanah arang, tanah bakar, dan cocopeat. Agar kamboja berbunga lebat campurkan arang sekam, pasir, cocopeat, zeolit dan pupuk lengkap. Untuk pasir sebaiknya dicuci dulu kemudian ayak dan gunakan yang kasar saja.

Setelah semua siap masukkan media tanam ke pot bunga. Tanam bibit secara hati-hati supaya akarnya tidak banyak yang putus. Gunakan pot bunga yag berukuran sedang dan terbuat dari gerabah, pot dari gerabah lebih awet.

3. Jarak Tanam Bibit Kamboja yang Ideal

Beruntung bagi kamu yang ingin melakukan cara menanam bunga kamboja tetapi daerah tempat tinggalmu memiliki suhu yang panas. Tanaman kamboja malah cepat berbunga jika ditanam di tempat yang panas. Tetapi gunakan jarak yang ideal yaitu 5 meter antar tanaman.

4. Cara Menanam Bunga Kamboja

Bunga yang tumbuh tentu mejadi kesenangan tersendri bagi para pecinta tanaman hias. Apalagi bunga cepat tumbuh dan banyak jumlahnya. Hal yang menjadi kunci itu semua adalah cara merawat bunga kamboja agar berbunga lebat berikut ini.

– Penyiraman

Menyiram bunga kamboja tidak boleh asal-asalan. Siramlah pada saat media tanam terasa kering atau ketika musim panas tiba, lakukan penyiraman sebanyak 2 kali sehari.

– Pemupukan

Ada 2 macam pupuk yang biasa kamu gunakan untuk musim hujan dan musim kemarau, keduanya memiliki peran masing-masing dalam setiap musim. Saat musim hujan berikan pupuk cair yang mengandung kalsium, fosfor, dan nitrogen dengan perbandingan 20:20:20.

Gunannya untuk mempercepat pertumbuhan bunga, daun, dan akar. Kemudian pada saat pertengahan musim kemarau berikan pupuk sawi.

– Pastikan Suhu Tetep Hangat

Seperti penjelasanku diatas bahwa bunga kamboja cepat berbunga di tempat panas maka perhatikan suhu tanaman tersebut. jika suhu dingin pindahkan ke tempat hangat. suhu yang dingin akan membuat bunga kamboja cepat mati.

– Pergantian Media Tanam Dan Pot yang Besar

Mengganti media tanam dalam pot akan membuat tanaman lebih subur. Pergantian media tanam ini bisa kamu barengi dengan mengganti pot yang terlalu kecil karena kamboja sudah tumbuh terlalu besar.

– Mendapat Sinar Matahari yang Cukup

Tanaman kamboja membutuhkan sinar matahari yang cukup supaya cepat berbunga dan sehat. Cara merawat bunga kamboja agar berbunga lebat dan terus berbunga cukup mudah yaitu letakkan di bawah sinar matahari selama 4 jam sehari.

– Pemangkasan

Pangkas secara menyeluruh agar tanaman kamboja bisa berbunga. Namun harus kamu ingat jangan pangkas calon tunas-tunas yang ada pada percabangan.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Bunga Kamboja

Cara menanam bunga kamboja tidak selamnya bisa berjalan sempurna. Hal ini karena tanaman ini bisa terserang laba-laba kecil yang membuat bunga rontok. Gunakan pestisida kelthane terukur untuk mengendalikannya.

Tidak hanya itu, bunga kamboja bisa gagal mekar karena cuaca yang tidak baik. Semprotkan pupuk yang menggandung fosfor dan kalium tinggi untuk merangsang pertumbuhan bunga.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Bunga Kamboja

Setelah membaca artikelku diatas apakah kamu tertarik menanam kamboja ? Jika tertarik dan membutuhkan bibit yang langsung bisa ditanam berikut referensi harganya.

Nama Harga Sumber
Bibit Adenium/Kamboja Jepang Rp5.800 https://shopee.co.id/product/64580048/4542211810?smtt=0.308609126-1615993176.9
Bibit Bunga Kamboja Adenium Black Steel Rp10.200 https://shopee.co.id/product/219615214/4918203051?smtt=0.308609126-1615993308.9
Bunga Foam Kamboja Jepun Khas Bali Size 5 cm Rp1.200 https://shopee.co.id/product/43304595/4316422377?smtt=0.308609126-1615993435.9

 

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *