Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Bunga Jengger Ayam Celosia

2 min read

cara menanam bunga jengger ayam celosia

Cara menanam bunga jengger ayam atau celosia ini sedang hits sekarang. Pada awalnya bunga jengger ayam merupakan tanaman yang tumbuh liar. Tetapi seiring berjalannya waktu bunga ini mulai dibudidayakan. Warna bunga yang bermacam-macam dan berbentuk seperti jengger ayam jantan ini menjadi daya tarik tersendiri untuk memperindah ruangan ataupun pekarangan. Bunga Celosia Cristata  atau bunga jengger ayam ini juga bisa ditanam dalam pot.

Anda juga bisa menanamnya di pekarangan rumah yang memiliki lahan lebih atau menanam di lahan kosong untuk dijadikan obyek wisata selfie. Dengan demikian Nonatani akan berbagi pengetahuan mengenai cara menanam bunga jengger ayam yang baik dan benar. Cara menanam bunga jengger ayam ini disusun secara sederhana.cara budidaya bunga celosia jengger ayam agar cepat berbunga

Cara Menanam Bunga Jengger Ayam

Sebelum masuk ke pembahasan cara menanam bunga jengger ayam wajib hukumnya untuk anda mengetahui beberapa manfaat dari bunga yang satu ini. Bunga jengger ayam dapat digunakan sebagai obat penyakit keputihan, wasir/ambyen, disenteri dan masih banyak lagi. Setelah anda megetahui beberapa manfaat tersebut apakah anda tidak tertarik untuk mengetahui cara budidaya bunga jengger ayam ? Jika tertarik berikut tahapan penanamannya.

1. Bibit Bunga Jengger Ayam

Sebenarnya untuk cara budidaya bunga jengger ayam tidaklah terlalu sulit. Tahapan pertama yang harus anda lakukan adalah mendapatkan bibit bunga. Untuk mendapatkan bibit bunga ada 2 macam cara.

Cara yang pertama adalah dengan melakukan perbanyakan menggunakan metode stek batang dengan air. Potonglah pada bagian batang tanaman bunga yang kira-kira sudah banyak percabangannya. Lalu rendam batang tanaman bunga jengger ayam itu ke dalam air.

Tunggu sampai perakaran pada batang itu terangsang dan memanjang. Kemudian cara yang kedua adalah penanaman langsung biji buah bunga jengger ayam. Untuk bijinya bisa dibeli di toko tanaman hias atau toko online yang menyediakan biji bunga jengger ayam.

Mengapa dilakukan penanaman langsung ? Karena siklus hidup tanaman jengger ayam cukup singkat yaitu sekitar 1 tahun saja. Jadi tidak perlu melalui proses penyemaian benih.

2. Persiapan Media Tanam

Agar cara menanam bunga jengger ayam dapat tumbuh dengan baik maka anda harus mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan untuk menanamnya. Jika ditanam di pot, anda harus mencampurkan tanah dengan pupuk kandang atau pupuk kompos untuk medianya.

Setelah proses pencampuran selesai masukkan tanah campuran pupuk tadi kedalam pot yang telah disediakan. Lalu tanam bibit yang anda punyai melalui proses stek atau penanaman biji secara langsung tadi.

Kemudian siram air pada media tersebut. Rawat tanaman dengan baik hingga bunga bermekaran. Untuk penanaman menggunakan lahan, buatlah bedengan yang terstruktur dengan baik.

3. Jarak Tanam yang Ideal

Jika tanaman jengger ayam ditanam dalam pot, anda bisa menyusunya sesuka hati. Karena tanaman hias satu ini berukuran sedang. Tetapi jika anda ingin membudidayakannya bisa dibuat bedengan dengan mempertimbangkan jarak tanam sendiri sesuai luas lahan yang anda miliki.

4. Cara Menanam Bunga Jengger Ayam Celosia

Cara merawat bunga jengger ayam sangatlah mudah dan hanya seperti merawat tanaman hias seperti biasanya. Anda hanya perlu melakukan Penyiraman sehari 2 kali yaitu pagi dan sore.

Lalu ketika rumput liyar sudah mulai tumbuh anda perlu melakukan penyiangan. Penyiangan ini berguna supaya unsur humus di tanah tidak termakan oleh rumput liyar dan pertumbuhan bunga jengger ayam tidak terganggu.

Pemupukan juga diperlukan agar tanaman dapat tumbuh subur. Tahap pemupukan ini bisa dibarengi dengan tahap perawatan pembumbunan. Pembumbunan dilakukan untuk menjaga tanaman tumbuh ke atas dan daya cengkram akar ke tanah kuat.

Tanaman hias jenggera ayam merupakan tanaman yang tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Meskipun tanaman ini sangatlah jarang diserang hama dan penyakit tetapi tidak ada salahnya jika kita merawatnya dengan baik.

Beberapa cara merawat bunga jengger ayam ini bisa dibarengi dengan pemangkasan daun yang sudah tua agar tanaman lebih indah dipandang. Jika perawatan ini dilakukan maka akan menghasilkan tanaman yang subur dan bunga yang bagus pula.

5. Penyebab Kegagalan Menanam Bunga Jengger Ayam

Tingkat kegagalan dalam cara menanam bunga jengger ayam bisa dibilang sangat kecil. Seperti yang saya terangkan tadi bahwa tanaman ini sangat jarang diserang hama dan penyakit. Maka  yang anda harus lakukan untuk berjaga-jaga supaya tanaman tetap cantik hanyaah rajin merawatnya saja.

6. Harga Bibit/Benih Bunga Jengger Ayam

Bunga jenger ayam memang jenis tanaman hias yang sudah mulai ramai peminatnya. Terlebih lagi karena bunganya yang bermacam-macam warna dan perawatannya yang mudah, bunga ini kerap dijadikan sebagai obyek wisata selfie. Berikut harga bibit bunga jengger ayam.

Jenis BungaHargaSumber
Benih Bunga Warna MerahRp2.000 (10 butir) 

https://tokopedia.link/joLhrUywv9

Bibit Bunga Warna Merah dan KuningRp14.000 

https://tokopedia.link/luURY9Fwv9

Bibit Bunga Jengger Ayam Bulat MerahRp34.000 

https://tokopedia.link/OR3vx7Kwv

Beli ( 10 Butir ) Benih Bunga Jengger Ayam Kuning / Celosia / CristataRp1.500 (10 butir) 

https://tokopedia.link/sZI2ryPwv9

 

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *