Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Bunga Dahlia

3 min read

cara menanam bunga dahlia

Dahlia adalah jenis tanaman hias berumbi yang berbunga pada musim panas dan musim gugur. Jenis tanaman hias ini dijadikan bunga nasional di Meksiko yang merupakan asal dari bunga dahlia ini. Bunganya memang terlihat indah dan cantik, lalu gimana ya cara menanam bunga dahlia itu ?

Kali ini Nonatani akan membahas cara membudidayakan tanama hias dahlia. Cara menanam bunga dahlia ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 subjudul yang akan aku ulas, tunggu apalagi yuk simak artikelnya!

cara budidaya bunga dahlia

Cara Menanam Bunga Dahlia

Selain nampak bunganya yang indah jika dilihat, ternyata bunga dahlia menyimpan manfaat untuk kesehatan lho. Apa sajakah itu ? Yak tanaman hias dahlia bisa menurunkan tekanan darah, meningkatkan imunitas, mencegah kegemukan, menjaga Kesehatan gigi/tulang dll.

1. Bibit Bunga Dahlia

Terdapat 3 cara untuk memperbanyak tanaman ini. Bunga dahlia dapat kamu perbanyak dengan biji, stek dan umbi. Pada subjudul ini aku akan membahas cara budidaya bunga dahlia dari umbi.

Setelah memilih indukan dan umbi yang bagus, kamu bisa segera merendam umbi tersebut ke dalam air bersih + fungisida dan zat penumbuh tanaman. Jangan direndam terlalu lama, karena umbi bisa kisut jika kamu rendam terlalu lama.

Sambil merendam umbi, sebaiknya kamu mempersiapkan media semai umbi tersebut. Siapkan tanah, pupuk organik dan arang sekam jika menggunakan polybag. Tapi jika di lahan sebaiknya kamu buat bedengan dengan panjang 1 meter dan tinggi 5cm.

Apabila semuanya sudah siap tinggal kamu lakukan cara budidaya bunga dahlia dari umbi maupun biji deh. Perhatikan bagian tunasnya jangan sampai ikut terkubur, pastikan juga agar tunas tumbuh ke atas dan mendekati permukaan tanah. Posisikan umbi bunga dahlia miring karena pada posisi tersebut umbinya akan tumbuh.

Selama bibit masih berada di media semai sebaiknya kamu melakukan perawatan awal sebelum dipindah pada lahan tanam. Siram secara rutin, tapi jika musim hujan kurangi saja intensitas penyiramannya. Selain itu lakukanlah penyiangan gulma secara hati-hati biar bibit tidak rusak.

2. Persiapan Lahan Tanam

Jika melakukan cara menanam bunga dahlia seperti ini, kamu memiliki banyak opsi untuk menanamnya di lahan atau di pot. Bila kamu memiliki lahan yang lumayan luas dan ingin kamu jadikan taman maka tanamlah bunga dahlia ini supaya tambah cantik taman yang kamu buat.

Di samping itu kamu harus mempersiapkan lahan tanam terlebih dahulu. Persiapan ini meliputi penggemburan tanah dengan cangkul, membersihkan gulma dan memberikan pupuk dasaran. Gunakan pupuk organik saja agar kualitas tanah tetap terjaga.

Kalau kamu mau menanamnya di pot juga bisa kok. Tentunya juga membutuhkan persiapan sih. Persiapan yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan media tanam berupa pot, tanah humus dan pupuk kandang.

3. Jarak Tanam Bunga Dahlia yang Ideal

Proses penanaman bunga dahlia juga harus kamu lakukan dengan baik. Hal ini supaya tanaman hiasmu dapat bumbuh dan berkembang dengan baik. Pertama buat lubang untuk menanam bunga.

Ambi bibit yang sudah kamu siapkan tadi atau bisa juga sih membelinya di toko online. Kemudian longgarkan media tanam yang masih menempel pada bibit supaya akar tidak rusak dan tanam deh bibit bunga dahlianya.

Pangkas sebagian daun, terutama yang sudah tua ya agar nutrisi dalam tanah terserap sempurna dan terfokus ke bagian bunga. Untuk jarak tanam cara menanam bunga dahlia bebas sesuai keinginanmu, yang jelas dapat tertata dengan rapi.

4. Cara Menanam Bunga Dahlia

Mempunyai tanaman bunga dahlia yang cepat tumbuh bunga tentunya menjadi idaman bagi para pecinta tanaman hias. Hal itu akan terjadi jika kamu melakukan cara merawat bunga dahlia dari biji agar cepat berbunga, berikut beberapa perawatan yang bisa kamu coba di rumah.

– Penyulaman

Lakukan penyulaman jika ada bibit yang tidak tumbuh. Idealnya penyulaman ini kamu lakukan sampai tanaman berumur 3 pekan.

– Penjarangan dan Penyiangan

Memangkas bunga yang tumbuh terlalu banyak dalam satu tangkai juga perlu kamu lakukan. Hal ini untuk memaksimalkan diameter pertumbuhan bunga. Sambil memangkas bunga dan daun tua, kamu bisa melanjutkan perawatan bunga dahlia dengan penyiangan gulma.

– Pemupukan dan memberikan ajir

Memupuk bunga dahlia juga merupakan cara merawat bunga dahlia dari biji agar cepat berbunga. Kamu bisa menggunakan pupuk organic atau pupuk kimia, yang penting jika menggunakan pupuk kimia harus sesuai takaran. Nah pada tanaman dahlia yang sudah mencapai tinggi 1m sebaiknya kamu memberikan ajiran dan pembumbunan tanah.

– Penyiraman

Pada awal pertumbuhannya jagalah tanah supaya tidak mengering. Berikan penyiraman sebanyak 1 kali dalam satu hari jika tidak diperlukan. Setelah dahlia dewasa kamu hanya perlu menyiramnya itu setiap 5 hari saja.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Bunga Dahlia

Ada beberapa kegagalan yang bisa kamu alami dalam menanam bunga dahlia. Yang pertama bisa terjadi pada saat penyemaian dengan menggunakan biji, mungkin juga bisa terjadi pada pembibitan menggunakan metode lain.

Kegagalan ini berupa biji yang tidak tumbuh, jika benih tumbuh hanya beberapa saja. Ini terjadi karena kualitas bibit yang tidak bagus dan faktor penyiraman berlebihan. Penyiraman yang berlebihan hanya akan membusukkan akar dahlia.

Selain itu ada serangan hama dan penyakit tanaman dahlia. Hama ini berupa ulat tanah yang menyerang umbi dan batang. Pengendaliannya bisa lewat manual dan kimiawi.

Untuk penyakit yang bisa menyerang tanaman dahlia adalah embun tepung dan virus. Penyakit ini bisa kamu lihat dari gejalanya yaitu bagian yang terserang akan tertutup lapisan putih tipis lalu daun mengering dan gugur. Serangan virus juga bisa kamu lihat gejalanya yaitu pertumbuhannya upnormal.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Dahlia

Setelah membaca artikel ini apakah kamu tertarik dengan cara menanam bunga dahlia ? Jika tertarik aku juga akan memberikan referensi harganya.

Nama Harga Sumber
Benih Bunga DAHLIA 20 Macam Import Rp2.000 https://shopee.co.id/Benih-Bunga-DAHLIA-20-Macam-Import-i.225975381.6464999071
Bibit umbi bunga Dahlia pompom Rp10.000 https://shopee.co.id/Bibit-umbi-bunga-Dahlia-pompom-i.157286146.6133234257
Bunga Dahlia Rp65.100 https://shopee.co.id/bunga-dahlia-paket-murah-murah-(-1-paket-berisi-4-plant-sudah-berbunga)-i.60673641.2244824830
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *