Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Bunga Baby Breath

2 min read

cara menanam bunga baby breath

Baby breath atau Gypsophila Paniculata adalah spesies bunga yang populer dari banua Asia bagian utara dan Eropa. Nama Gypsophila berasal dari bahasa Yunani yakni gypsum yang bermakna mencintai. Lalu bagaimana cara menanam bunga baby breath tersebut ?

Kali ini Nonatani akan membahas cara membudidaya tanama hias bunga baby breath yang benar dan mudah. Cara menanam bunga baby breath ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 subjudul yang menarik untuk kamu baca, yuk simak artikelnya!

cara budidaya bunga baby breath di indonesia dataran rendah

Cara Menanam Bunga Baby Breath

Beberapa spesies bunga baby breath ditanam secara komersial untuk bahan pembuatan jamu, pelengkap aroma pada es krim dan keju. Bunga baby breath berukuran kecil berwarna putih atau pink sehingga sering digunakan untuk bunga isian dalam sebuah rangkaian bunga. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa baby breath mengandung senyawa yang dapat memerangi pengaruh obat-obatan penderita leukimia.

1. Bibit Bunga Baby Breath

Tanaman baby breath akan lebih baik jika ditanam dalam lokasi yang jauh dari limbah dan dapur rumah. Pastikan tanah tempat menanam memiliki struktur yang gembur dan terhindar dari batu ataupun kerikil. Jenis tanah yang cocok untuk budidaya bunga baby breath memiliki ph sekitar 6-7.

Cara budidaya bunga baby breath diawali dengan menyiapkan bibit. Bibit bunga baby breath umumnya diperoleh dari proses penyemaian. Beli benih baby breath di toko bunga yang sudah pasti menjual benih bunga breath berkualitas.

Jika kamu membeli benih baby breath di toko online, setelah barang sampai periksalah kemasan benih tersebut. Lakukan perendaman benih kedalam air untuk membuktikan kualitas serta kelayakan tanam benih baby breath. Ciri benih yang baik jika direndam tidak akan mengapung.

Siapkan polybag atau tray semai untuk menyemai benih. Beri media semai berupa tanah gembur dicampur pupuk kandang dan sedikit sekam. Taburkan benih ke media semai lalu tutup dengan tanah semai, tipis-tipis saja.

Letakkan wadah semai pada tempat yang terkena sinar matahari cukup. Siram benih dengan spray setiap pagi dan sore hari. Tunggu hingga benih mencapai tinggi 3-5 cm kemudian benih sudah siap untuk dipindah ke pot.

2. Persiapan Lahan Tanam

Berkebun memang suatu hal yang mengasikkan, ditambah kamu tidak harus mempunyai lahan yang luas. Misalnya dengan menanam bunga baby breath di dalam pot. Berikut ini penjelasan cara menanam bunga baby breath menggunakan wadah pot.

Pertama, siapkan pot berukuran sedang dan memiliki drainase baik. Sambil memilih pot, sesuaikan juga antara pot dengan tempat meletakkannya. kemudian isi dengan beberapa pecahan batu merah sebagai pengikat air di dasar pot. Isi pot dengan campuran tanah, pupuk organik, skam atau media tanam lainnya yang ideal untuk tiap-tiap jenis tanaman hias.

Pindahkan bibit dari wadah semai dengan sekop kecil. Proses pemindahan ini harus hati-hati karena bibit jangan sampai cacat termasuk akarnya.

Buat lubang tanam lalu masukkan bibit kedalam lubang tersebut. Tutup dengan tanah dan jangan lupa taburkan pupuk diatasnya. Padatkan tanah supaya bibit tidak roboh.

3. Jarak Tanam yang Ideal

Karena menanam bunga baby breath dilakukan menggunakan wadah pot maka kamu dapat menyusunya sendiri sesuai keinginanmu. Tanaman baby breath dapat memperindah ruang keluargamu. Tata serapi mungkin ya supaya keluargamu betah dirumah hehe.

4. Cara Menanam Bunga Baby Breath

Setelah menanam dan mengatur jarak bunga baby breath, kamu harus melakukan perawatan agar bunga terlihat indah dan selalu terawat. Perawatan bunga baby breath memang tidak sulit, cukup lakukan pemupukan, penyiraman, pembumbunan, penyiangan dan berbagai hal lainnya seperti merawat tanaman hias lainnya.

Lakukan penyiraman menggunakan spray supaya media tanam tidak tergerus. Lakukan secara rutin minimal sehari 1 kali sesuai kebutuhan bunga. Berikan pupuk lanjutan setiap dua minggu sekali pada tanaman sambil melakukan penyiangan.

Jika kamu melakukan perawatan ini dengan baik, maka akan mendapatkan keindahan bunga setiap hari bahkan membuat buket baby breath. Perlu diperhatikan proses perawatan tersebut karena merupakan salah tahap terpenting dalam cara menanam bunga baby breath.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Bunga Baby Breath

Salah satu kegagalan cara budidaya bunga baby breath adalah telat terkena sinar matahari langsung. Awalnya pertumbuhan batang cepat tapi kurus kemudian batang akan rebah dan bunga beby breath bisa mati.

Seharusnya setelah muncul kotiledon kenalkan dengan sinar matahari pagi. Tidak perlu lama-lama cukup 15-30 menit saja supaya tidak etiolasi. Lakukan penyinaran secara bertahap dengan intensitas lebih lama lagi.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Bunga Baby Breath

Itulah cara menanam bunga baby breath yang bisa kamu lakukan di rumah. Dengan cara menanam bunga yang tepat maka akan menghasilkan bunga yang indah dan cantik. Kamu juga dapat membeli bunga atau benihnya di toko online.

Nama Harga Sumber
Benih Bibit Bunga Baby Breath Putih Rp1.000 https://shopee.co.id/BENIH-BIBIT-BUNGA-BABY-BREATH-PUTIH-IMPORT-i.10186288.1869223202
Benih Bibit Bunga Baby Breath Rp1.000 https://shopee.co.id/BENIH-BABY-BREATH-PINK-BUNGA-IMPORT-i.10186288.73799630
4 Biji Benih Bunga BABY’S BREATH RED Rp4.700 https://shopee.co.id/(isi-4)-Biji-Benih-Bunga-BABY’S-BREATH-RED-i.2656548.99057274
Bunga Baby Breath Asli Fresh Rp39.000 https://shopee.co.id/Bunga-Baby-Breath-Asli-Fresh-Cocok-untuk-Pernikahan-Bridalshower-dll-per-Tangkai-i.46843586.758303371

 

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Bunga Tulip

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Bunga Vinca

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Cocor Bebek

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *