Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Bunga Asoka

2 min read

cara menanam bunga asoka

Cara menanam bunga asoka, salah satu tanaman hias yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia semakin hari semakin bertambah peminatnya. Keunikan dari bunga ini adalah fisiknya yang cantik apalagi saat tumbuh bergerombol serta bau harumnya membuat bunga ini banyak dicari. Selain itu bunga asoka juga berkhasiat dalam menyembuhkan wasir, luka memar, waktu haid yang tida teratur, dan juga dapat meringankan keram pada betis.

Bunga Asoka yang sering disebut Soka Merah ini juga menjadi salah satu makanan umum lebah madu yang diternakkan. Nonatani akan membahas cara budidaya bunga asoka ini untuk tanaman hias dan untuk pakan lebah madu. Kamu bisa mengikuti cara menanam bunga asoka ini dengan mudah.cara merawat bunga asoka merah

Cara Menanam Bunga Asoka

Agar bunga asoka dapat tumbuh indah dengan cepat di pekarangan rumah tentu sebagai seorang pemula membutuhkan cara menanam bunga asoka yang jitu.

1. Pemilihan Bibit Bunga Asoka

Dalam melakukan perbanyakan bunga asoka ini terbagi menjadi 2 cara yaitu menggunakan cara stek dan cara cangkok. Jika menggunakan cara budidaya bunga asoka dengan memperbanyak melalui stek batang, yang pertama cari batang asoka yang sudah tua yang panjangnya sekitar 15 cm. Jika sudah mendapat batang asoka yang sesuai dengan kriteria, selanjutnya potong batang tersebut menggunakan alat potong, pastikan alat potong yang digunakan bersih agar tanaman tidak terserang penyakit.

Sedangkan jika menggunakan metode cangkok, hal pertama yang perlu dilakukan masih sama dengan metode stek batang yaitu memilih batang yang sudah tua. Kemudian pilih area yang ingin dicangkok, lalu kupas hingga bagian kambium batang terlihat. Masukkan campuran tanah dan pupuk kandang secukupnya ke dalam kantong plastik atau sabut kelapa kemudian siram dengan air biasa. Jika menggunakan plastik beri lubang sebagai tempat keluarnya air dan akar. Kemudian ikat plastik pada batang.

Ada beberapa jenis bunga asoka seperti bunga asoka jawa yang waktu mekarnya dimulai dari bulan Mei-September dan bunga asoka pink yang hidup populer di wilayah Florida Selatan.

2. Persiapan Lahan Persemaian Budidaya Bunga Asoka

Jika pembibitan bunga asoka sudah selesai maka cara menanam bunga asoka selanjutnya adalah menyemai bibit asoka agar dapat beradaptasi dengan baik. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Ambil media tanam berupa polybag kemudian isi dengan campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1.
  • Jika bibit dihasilkan dari metode stek maka kamu tinggal menancapkannya ke dalam polybag sedalam 2-3 cm. Namun jika didapat dari hasil cangkok lepaskan dulu pembungkus dari plastik atau serabut kelapa tersebut. Lakukan dengan hati-hati agar tanah yang berada dalam pembungkus tidak rusak.
  • Usahakan agar bibit yang ditanam dalam posisi tegak. Lakukan penyiraman sehari sekali agar kelembapannya terjaga. Saat bibit berusia 2 minggu tunas dan daun muda akan muncul.

Pada saat masa tanam cara merawat bunga asoka merah dan jenis lainnya usahakan saat mencapai usia 1 bulan lakukan pemupukan menggunakan pupuk daun. Pupuk daun ini disinyalir mampu merangsang pertumbuhan daun agar lebih cepat tumbuh. Kemudian bersihkan lingkungan sekitar tanaman asoka dari tanaman liar yang mengganggu agar bunga asoka dapat tumbuh dengan baik.

3. Jarak Tanam Bunga Asoka Yang Ideal

Cara merawat bunga asoka merah dan bunga asoka jenis lainnya dapat dilakukan juga dengan memperhatikan jarak tanam yang ideal. Namun tidak ada patokan khusus untuk jarak tanam ideal bunga asoka. Yang terpenting, pastikan udara dan sinar matahari masih dapat menembus tanaman dengan leluasa. Saat menanam bunga asoka dalam pot atau polybag, letakkan bibit bunga asoka di posisi tengah media tanam lalu tanam dalam keadaan tegak berdiri.

4. Cara Menanam Bunga Asoka

Agar cara menanam bunga asoka mendapatkan hasil yang maksimal maka usahakan saat menanam bibitnya dalam keadaan tegak, karena hal spele tersebut dapat memperngaruhi bentuk tumbuhnya. Waktu menanam bunga asoka yang baik adalah di waktu pagi atau sore hari karena kondisi kelembapan pada waktu tersebut cukup bagus. Sedangkan waktu pemindahan bibit yang tidak dianjurkan yaitu saat siang hari.

Lakukan penyiraman secara rutin agar tanaman tidak mengalami dehidrasi, serta letakkan tanaman pada wilayah dengan paparan sinar matahari yang cukup. Pemanenan dapat dilakukan ketika sudah munculnya bunga, hal tersebut biasanya dapat terjadi ketika musim hujan tiba. Jika sudah berkembang seperti ini maka bunga asoka dapat bertahan hingga 3 bulan.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Bunga Asoka

Penyebab kegagalan dari cara budidaya bunga asoka dengan memperbanyak melalui stek batang maupun cangkok sama saja. Sebenarnya penyebab kegagalannya cukup sederhana yaitu menyiram tanaman menggunakan air keruh dan kotor yang mengandung bakteri, sehingga bakteri tersebut dapat menular secara langsung ke dalam tanaman asoka. Hal tersebut menyebabkan pertumbuhan bunga asoka kurang maksimal.

6. Harga Bibit Dan Harga Jual Bunga Asoka

Meskipun tanaman hias sedikit kehilangan peminatnya namun cara menanam bunga asoka tetap diminati oleh pecinta tanaman hias. Oleh sebab itu hasil panen yang maksimal akan membuat pecinta bunga asoka semakin tertarik untuk membelinya.

Kelompok Harga Harga Bunga Asoka Sumber
Tanaman hias bunga asoka india 12.500 https://www.tokopedia.com/bunga-asoka
Tanaman hias asoka 4 jenis bunga 35.000 https://www.tokopedia.com/bunga-asoka
Tanaman hias asoka bunga kuning 7.000 https://www.tokopedia.com/bunga-asoka
Tanaman hias asoka siantan+pot 35.000 https://www.tokopedia.com/bunga-asoka
Tanaman hias asoka jepang bunga merah 13.000 https://www.tokopedia.com/bunga-asoka
Tanaman bunga asoka singapura 11.500 https://www.tokopedia.com/bunga-asoka
Tanaman hias asoka jambon bunga putih 9.000 https://www.tokopedia.com/bunga-asoka

 

Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Bunga Kamboja

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Bunga Dahlia

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Bunga Tulip

Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *