Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Bunga Anggrek

2 min read

cara menanam bunga anggrek

Cara menanam bunga anggrek bisa dilakukan oleh semua kalangan mulai dari anak remaja hingga orang dewasa. Bunga anggrek ini tergolong sebagai tanaman hias sehingga sering dimanfaatkan sebagai penghias halaman rumah yang cantik dan menarik. Ketertarikan masyarakat terhadap bunga Anggrek tidak hanya terjadi di Indonesia saja akan tetapi juga diminati oleh masyarakat luar Negeri.

Kalau kamu mau di halaman rumah ada tanaman anggrek yang cantik dan beraneka rupa, simak dulu tips dari Nonatani. Ada beberapa cara menanam bunga anggrek agar cepat berbunga dan bunganya awet. Untuk itu jika kamu tertarik untuk menanam anggrek mari simak cara merawat anggrek agar subur dan berbunga.cara merawat anggrek agar subur dan berbunga di pot sabut kelapa

Cara Menanam Bunga Anggrek

Bunga anggrek sendiri memiliki species yang lumayan banyak. Ada seikitar 26 ribu species anggrek yang tersebar mulai dari wilayah tropika hingga wilayah sirkompular. Cara menanam bunga anggrek terbilang susah-susah gampang. Sebetelunya dalam mengembangakan cara merawat anggrek agar subur dan berbunga ini membutuhkan keterampilan dan kesabaran. Selain itu ada juga beberapa tips menanam anggrek yang juga perlu diperhatikan.

1. Memilih Bibit Bunga Anggrek Unggulan

Cara menanam bunga anggrek yang pertama yang harus dilakukan adalah memilih bibit unggul dari anggrek tersebut. Bibit yang baik akan menghasilkan tanaman anggrek dengan kualitas yang baik juga sehingga memiliki nilai jual yang menarik. Pembibitan bunga anggrek sendiri ada 2 macam yaitu secara vegetatif dan generatif.

Pembibitan secara vegetatif bisa dilakukan dengan menyiapkan pot sebagai wadah bibit anggrek, pembibitannya didapat dari pemisahan dari induk anggrek yang sudah memiliki tunas. Pilih tunas yang memiliki banyak akar sehingga lebih kuat saat dipindahkan ke dalam pot.

Pembibitan secara generatif dilakukan dengan cara melakukan penyemaian biji tanaman anggrek. Setelah penyemaian selesai dilakukan, 3 bulan kemudian bibit dapat dipindah ke dalam pot. Perhatikan juga kondisi lingkungannya apakah sesuai dengan syarat tumbuh tanaman anggrek atau tidak. Jika tidak maka bibit tidak dapat berkecambah.

2. Media Tanam Bunga Anggrek

Anggrek sendiri memiliki banyak sekali species, salah satunya adalah anggrek bulan. Cara budidaya anggrek bulan agar cepat berbunga pun hampir sama dengan anggrek yang lainnya. Untuk pembuatan media tanamnya sendiri adalah seperti berikut:

  • Siapkan pot yang sesuai dengan ukuran bunga anggrek, arang, campuran tanah, serabut dan kulit kelapa, pupuk kandang yang sudah difermentasi, pecahan batu bata/genting.
  • Letakkan pecahan batu bata/genting di bagian terbawah dari pot, lalu tambahkan kulit kelapa di atasnya, kemudian letakkan serabut kelapa dan yang terakhir tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang berada di bagian teratas pot.

3. Jarak Tanam Bunga Anggrek Yang Ideal

Ketika sudah mencapai waktu 3 bulan maka bibit anggrek dapat dipindahkan ke media tanam yang sudah selesai dibuat. Jarak tanam yang ideal menjadi kunci dari cara menanam bunga anggrek yang ketiga, pasalnya penempatan tanaman bunga anggrek ini harus diperhatikan agar tanaman dapat tumbuh secara maksimal.

Karena tanaman berada di dalam pot maka jarak tanam yang ideal bisa diatur sesuai dengan kondisi lahan yang tersedia. Gantungkan beberapa tanaman anggrek yang berada di dalam pot dengan jarak yang sekiranya tanaman tersebut memiliki cukup ruang untuk bergerak.

4. Cara Menanam Bunga Anggrek

Berikut ini cara budidaya anggrek bulan agar cepat berbunga dengan teknik perawatan yang baik.

  • Letakkan tanaman anggrek pada tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Jika diletakkan di dalam ruangan maka berikan cahaya lampu buatan.
  • Pastikan kelembapan dan tingkat suhu tanaman anggrek ini tercukupi, tidak terlalu kering maupun basah.
  • Lakukan penyiraman dengan menyemprot di bagian daun, batang dan bunga 2 kali sehari sebelum pemupukan dilakukan.
  • Lakukan pemupukan 3 hari sekali menggunakan jenis pupuk yang sesuai untuk jenis tanaman tropis. Kurangi intensitas penyiraman.
  • Semprotkan bakterisida dan fungisida agar tanaman anggrek terhindar dari penyakit dan serangan hama.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Bunga Anggrek

Teknik penanaman yang salah tentu berakibat fatal bagi pertumbuhan tanaman anggrek. Kesalahan yang sering terjadi adalah pemindahan bibit anggrek ke media tanam dilakukan sebelum waktunya. Pada umumnya bibit tanaman anggrek dapat dipindahkan ketika sudah berusia 3 bulan karena sudah memiliki banyak akar yang kuat untuk menyerap air. Sebelum 3 bulan lebih baik biarkan bibit tetap pada tempatnya.

Karena tergolong jenis tanaman tropis, tentu tanaman anggrek ini menyukai cahaya sinar matahari alami (bukan sinar matahari langsung) oleh sebab itu berikan cahaya buatan jika tanaman anggrek diletakkan di dalam ruangan agar bunga anggrek dapat mekar dan tidak layu.

6. Harga Bibit Bunga Anggrek

Cara menanam bunga anggrek yang terakhir adalah pemanen. Hal tersebut merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua petani. Berikut ini list harga jual bibit anggrek.

  • Bibit tanaman anggrek dendri seedling Rp 19.000
  • Bibit tanaman hias bunga anggrek Rp 25.000
  • Bibit bunga anggrek bulan phalaenopsis Rp 67.500
  • Bibit anggrek botol vanda hybrid Rp 45.000
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Bunga Kamboja

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Bunga Dahlia

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Bunga Tulip

Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *