Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Buah Pepaya

2 min read

cara menanam buah pepaya

Cara menanam pepaya yang baik dan benar ini bisa dilakukan di lahan rumah yang masih kosong. Buah pepaya merupakan buah lokal yang akan banyak ditemui di daerah pedesaan. Meskipun demikian, buah papaya ini sebenarnya berasal dari Amerika Tengah dan Hindia Barat.Rasanya yang nikmat dan segar membuat buah pepaya memiliki banyak peminat. Selain itu kandungan gizi harian yang dibutuhkan oleh tubuh juga bisa didapat dari mengkonsumsi buah papaya.

Buah Pepaya tidak membutuhkan tempat yang luas untuk tumbuh. Menurut Nonatani, kamu bisa menanamnya bahkan di pekarangan rumah atau di depan teras. Kamu bisa ikuti cara menanam pepaya ini agar berbuah banyak dan lebat, meski hanya memiliki satu tanaman saja.cara budidaya pepaya di pekarangan rumah agar ceoat berbuah

Cara Menanam Pepaya

Cara menanam pepaya ini tidak begitu sulit namun tetap dibutuhkan ketelitian yang ekstra agar buah pepaya tersebut dapat tumbuh dengan baik. Meskipun berasal dari Luar Negeri namun pada kenyataannya buah pepaya ini dapat tumbuh baik di Indonesia. Sentra penanaman buah pepaya ini berada di daerah Malang, Sukabumi, Sleman, Manado, dan juga Toraja. Berikut ini cara budidaya pepaya agar cepat berbuah.

1. Pemilihan Bibit Buah Pepaya Unggulan

Cara menanam pepaya yang pertama adalah menyiapkan benih pepaya terbaik. Untuk itu lebih baik membeli bibit pepaya pada petani pepaya langsung agar mengetahui fisik dari bibit pepaya yang akan dibeli. Selain itu kamu juga bisa sharing mengenai cara penanaman pepaya pada pakarnya langsung.

2. Persiapkan Lahan Budidaya Pepaya

Gunakan lahan kosong sebagai media tanam bagi tanaman pepaya tersebut. Umumnya bibit pepaya sudah dapat dipindahkan ke lahan ketika usianya tela mencapai 2-3 bulan. Sembari menunggu bibit siap dipindah kamu bisa mengisi waktu tersebut dengan mempersiapkan lahan dengan tahapan seperti berikut:

  • Pastikan lahan yang akan digunakan sebagai media tanam telah steril dan bersih dari rumput liar. Kemudian lakukan penggemburan tanah dengan cara membajak atau mencangkulnya, lalu diamkan selama satu minggu agar racun yang berada di dalam tanah hilang terpapar sinar matahari ataupun terbawa angin.
  • Jika pH tanah kurang dari angka 5 maka lakukan pengapuran dan diamkan selama 2 minggu agar kondisi tanah menjadi netral.
  • Tambahkan pupuk kandang agar kandungan unsur hara lebih banyak dan bagus bagi kesehatan tanaman pepaya tersebut. Diamkan selama satu minggu.
  • Buatlah bedengan selebar 2.5 meter dan tingginya sekitar 30 cm sedangkan untuk jarak bedengan sekitar 50 cm saja.

3. Jarak Tanam Buah Pepaya Yang Ideal

Jarak tanam yang ideal menjadi cara menanam pepaya yang juga tak kalah pentingnya. Untuk jarak tanam pepaya agar berbuah lebat ini, yang pertama buatlah lubang tanam di atas bedengan yang berukuran 50 x 50 x 50 sedangkan untuk jarak tanamnya sendiri sebesar 2 x 3 meter atau bisa juga dengan menyesuaikan luas lahan yang akan digunakan.

4. Cara Menanam Buah Pepaya

Setelah mengatur jarak tanam pepaya agar berbuah lebat maka langkah selanjutnya dari cara menanam pepaya adalah melakukan perawatan yang baik dan benar. Jika penanaman pepaya dilakukan saat musim hujan maka penyiraman bisa dilakukan pada pagi atau sore harinya saja. Apabila saat musim kemarau maka penyiraman dapat dilakukan 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari.

Lakukan juga proses penyiangan lahan dari tanaman pengganggu agar tanaman pepaya dapat tumbuh secara optimal. Kemudian tambahkan pupuk ketika usia tanaman pepaya berumur 1 minggu, dan pemupukan kedua ketika tanaman berusia 1 bulan, pemupukan ketiga berumur 3 bulan, pemupukan keempat berumur 6 bulan. Kemudian pemupukan selanjutnya dapat dilakukan setiap  3 bulan sekali.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Buah Pepaya

Cara budidaya pepaya agar cepat berbuah ini bisa gagal jika kamu tidak memperhatikan apasaja syarat tumbuh dari tanaman pepaya tersebut. Berikut ini beberapa penyebab kegagalan yang sering dilakukan oleh petani pepaya terutama seorang pemula.

  • Sebenarnya buah pepaya ini dapat tumbuh di berbagai kondisi akan tetapi buah pepaya akan lebih optimal tumbuh pada wilayah dengan ketinggian 500-1000 meter di atas permukaan laut.
  • Pemilihan media tanam yang kurang tepat juga menyebabkan buah pepaya gagal tumbuh. Tanaman pepaya ini menyukai tanah gembur dengan kandungan humus yang melimpah. Selain tanah gembur maka kemungkinan besar pepaya tidak dapat tumbuh dengan baik.
  • Tanaman kacang tanah dapat tumbuh di lingkungan dengan pH normal yaitu Ph 6-7.
  • Pilihlah wilayah dengan curah hujan 1000-2000 mm per tahun sedangkan suhunya pastikan berada di angka 40% agar terhindar dari kegagalan.
  • Kesalahan yang paling banyak terjadi adalah tidak tersedianya drainase.

6. Harga Bibit Buah Pepaya

Cara menanam pepaya yang terakhir adalah melakukan pemanen. Setelah menerapkan tips-tips di atas semoga hasil panennya mendapatkan hasil yang maksimal. Masa panen dapat dilakukan ketika masa tanam telah mencapai 10-12 bulan. Untuk harga bibit pepaya sendiri adalah sebagai berikut:

  • Bibit pepaya California Rp 13.000
  • Bibit tanaman buah pepaya California Rp 25.000
  • Bibit pepaya California Rp 7.000
  • Bibit pohon pepaya California 10-30 cm Rp 34.000
Irma Citama
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Buah Bit

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Blueberry

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Bengkuang

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *