Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Buah Naga

2 min read

cara menanam buah naga

Cara menanam buah naga sebenarnya mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang. Media tanamnya pun bisa dengan memnafaatkan lahan yang kosong atau menggunakan wadah seperti pot atau polybag. Jika kamu memiliki cukup lahan yang bisa dijadikan untuk bercocok tanam maka tidak ada salahnya memanfaatkan lahan kosong tersebut untuk berkebun buah naga yang banyak diminati masyarakat ini.

Meskipun saat ini harga Buah Naga sudah tidak semahal dulu, tetapi menurut Nonatani buah ini masih memiliki prospek untuk dikembangkan. Kali ini akan dibahas tentang cara menanam buah naga yang baik dan benar. Silakan ikuti langkah langkah ini agar buah naga yang kamu tanam cepat berbuah dan berbuah lebat.cara budidaya buah naga di pot agar cepat berbuah banyak

Cara Menanam Buah Naga

Meskipun cara menanam buah naga ini tidak begitu sulit namun sebagian orang selalu melupakan hal penting yang membuat pohon buah naganya tidak berbuah. Biasanya pohon buah naga akan berbuah setelah berusia 7-10 bulan namun ada juga yang masih berusia 5 bulan sudah berbuah. Berikut ini adalah cara menanam buah naga agar cepat berbuah.

1. Pemilihan Bibit Buah Naga yang Unggul

Cara menanam buah naga bisa dilakukan melalui dua cara yaitu dengan cara generative dan vegetative. Namun cara yang disukai petani buah naga adalah menggunakan cara vegetative atau stek batang. Akan tetapi jika kamu seorang pemula dan baru pertama kali mencoba menanam buah naga lebih baik langsung membeli bibitnya saja. Ciri-ciri bibit buah naga yang bagus adalah:

  • Memiliki tunas minimal 4 tunas.
  • Bibit telah berumur 2 bulan atau bahkan lebih.
  • Tinggi bibit mencapai 50-80 cm (sudah termasuk tunas barunya).
  • Batangnya berwarna hijau sehat dan tidak ada tanda-tanda adanya penyakit.
  • Induk yang baik biasanya telah berbuah minimal 3 kali.

2. Persiapan Lahan Media Tanam Budidaya Buah Naga

Cara budidaya buah naga yang kedua yaitu menyiapkan lubang tanamnya. Sebelum mempersiapkan lubang tanam, siapkan dulu tiang panjat untuk melengkapi proses pembuatan lubang tanam. Cara membuat lubang tanam adalah seperti ini:

  • Siapkan tiang panjang yang masing-masingnya telah dikelilingi oleh lubang tanam.
  • Buat lubang tanam masing-masing berukuran 60×60 cm dan kedalamannya mencapai 25 cm.
  • Setelah media tanam selesai dibuat, isi media tanam tersebut dengan campuran tanah, pupuk, pasir atau bisa juga dengan menambahkan kapur pertanian jika ada. Setelah semua bahan tercampur siram dengan air secukupnya dan jangan sampai menggenang. Kemudian diamkan sampai mengering.
  • Berikan 25 gram pupuk TSP pada hari ketiga dengan cara melingkari tiang panjat yang berjarak 10 cm dari tiang. Diamkan selama satu hari setelah itu lubang tanam siap digunakan.

3. Jarak Tanam Buah Naga yang Ideal

Jarak tanam yang ideal adalah salah satu cara menanam buah naga agar cepat berbuah. Setiap satu tiang panjat akan diisi oleh empat bibit dari buah naga tersebut. Empat bibit buah naga ini ditanam memutari satu tiang panjat yang berjarak sekitar 10 cm.  Sedangkan untuk penanaman pada lubang tanam yang ideal yaitu pada kedalaman sekitar 10-15 cm.

4. Cara Menanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah

Cara budidaya buah naga selanjutnya yaitu dengan melakukan perawatan pada tanaman tersebut. Ada 5 hal yang perlu diperhatikan agar budidaya buah naga mendapat hasil yang optimal yaitu:

  • Siramilah tanaman buah naga tersebut 2 kali sehari pada pagi dan sore hari saat musim kemarau. Pastikan airnya tidak menggenang.
  • Pada awal pertumbuhan lakukan pemangkasan ketika pohonnya telah mencapai tiang panjatan. Pangkas tunas tersebut dengan menyisakan 1 tunas saja. Ketika sudah tumbuh dewasa pangkas tunas yang yang sekiranya tidak diperlukan atau yang sudah membusuk dan cacat.
  • Lakukan pemupukan ketika tunas belum mencapai tiang panjatan. Gunakan pupuk kandang yang sudah difermentasi. Jika sudah dewasa barulah gunakan pupuk yang banyak mengandung unsur P dan K.
  • Agar penyerapan unsur hara tetap maksimal, jagalah kondisir lingkungan sekitar agar terhindar dari gulma dan rumput liar.
  • Basmi hama menggunakan biopestisida yang bisa dibuat sendiri.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Buah Naga

Salah satu penyebab utama dari kegagalan cara menanam buah naga adalah tidak memahami syarat tumbuh buah naga. Syarat tumbuh buah naga menjadi syarat penting dalam menerapkan cara budidaya buah naga yang baik dan benar. Buah naga ini bisa dibilang mirip dengan tumbuhan kaktus sehingga membutuhkan banyak sinar matahari. Jika buah naga minim sinar matahari bisa berpengaruh pada produktifitas buah naga tersebut.

Selain itu pastikan jika tanaman buah naga bebas dari rumput liar dan hindari menanam buah naga di sawah. Buah naga dapat hidup pada wilayah yang memiliki ketinggian 0-350 meter di atas permukaan laut dengan curah hujan 720 mm tiap tahunnya.

Buah naga ini juga cocok hidup di ladang yang notabennya bila turun hujan maka air hujan tersebut tidak menggenangi lingkungan sekitar buah naga.

6. Harga Bibit Buah Naga dan Buah Naga

Akhirnya tiba di ujung tahap dari cara menanam buah naga dengan mengetahui harga bibit yang berlaku di pasar. Bibit buah naga merah ini dibandrol dengan harga Rp 35.000 dengan spesifikasi jenis super red, bibit berukuran 15-30 cm yang berasal dari induk yang berbuah lebih dari 6 kali dalam setahunnya, selain itu bibit sudah memiliki akar.

Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Pisang

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Buah Mangga

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Buah Apel

Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *