Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Buah Matoa

2 min read

cara menanam buah matoa

Buah matoa berasal dari papua. Tak heran jika masyarakat ingin menikmatinya harus pergi kehutan untuk memetiknya. Tetapi saat ini matoa mulai dibudidayakan, lalu bagaimanakah cara menanam buah matoa tersebut ? simak artikel ini selengapnya.

Beberapa alasan kenapa matoa mulai dibudidayakan di antaranya karena banyaknya permintaan pasar dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tak hanya itu buahnya pun memiliki rasa manis dan aroma yang khas sehingga mulai menjadi primadona buah di Indonesia. Kali ini Nonatani akan membahas cara budidaya buah matoa. Cara menanam buah matoa ini cukup sederhana meskipun membutuhkan kesabaran.cara budidaya buah matoa agar cepat berbuah

Cara Menanam Buah Matoa

Teknik cara menanam buah matoa ini cukup bagus untuk anda tanam di rumah atau pekarangan. Karena buah matoa memiliki banyak manfaat diantaranya dapat mencegah penuaan dini, memperlancar pencernaan, mencegah jerawat, meningkatkan kesuburan dan masih banyak lagi.

1. Pemilihan Bibit Matoa

Langkah awal cara menanam buah matoa adalah proses perbanyakan. Ada 2 macam proes perbanyakan yaitu melalui perbanyakan vegetatif dan generatif. Perbanyakan vegetatif diawali dengan pemilihan indukan.

Pilih induk dengan ciri-ciri kuat, sehat, tahan terhadap hama dan penyakit, produktif. Gunakan batang buah matoa yang masih muda untuk di cangkok.

Sayat kulit batang hingga kambiumnya hilang. Lalu tutup dengan plastik berisi tanah dan ikat plastik pada batang menggunakan ravia. Tunggu sampai tumbuh akar kemudian potong batang jika dirasa sudah memenuhi persyaratan untuk ditanam.

Perbanyakan generatif merupakan cara menana buah matoa dengan mengguanakan biji buah. Sama seperti perbanyakan vegetatif lakukan pemilihan indukan yang berkualitas baik.

Lalu pilih biji dari buah matoa yang sudah matang. Cuci biji sampai bersih dari daging buahnya. Lalu untuk melihat apakah biji baik ditanam laukan perendaman biji menggunakan air.

Jika biji yang direndam mengapung berarti biji tersebut tidak baik untuk ditanam. Jemur biji buah matoa dibawah sinar matahari supaya tidak busuk.

Semai biji buah matoa kedalam pot/polybag yang sudah berisi tanah campuan pupuk kandang.  Setelah tumbuh tinggi sekitar 40 cm, bibit sudah siap ditanam ke lahan.

2. Persiapan Lahan Tanam

Tanaman matoa bisa ditanam menggunakan tehnik cara budidaya matoa dari biji di pot. Cara menanam ini biasa disebut dengan tabulapot.

Langkah awal Cara budidaya matoa dari biji di pot adalah dengan mencampurkan tanah dengan pupuk kandang/kompos. Lalu masukkan media tanam tadi kedalam pot yang telah disediakan.

Tanam bibit matoa kemudian siram dengan air secukupnya. Tabulapot memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya anda dapat memanfaatkan lahan sempit untuk menanamnya.

Tetapi buah dan pertumbuhannya kurang maximal. Lebih baik anda menanamnya dilahan yang luas.

3. Jarak Tanam Buah Matoa yang Ideal

Tanaman buah matoa termasuk kedalam jenis tanaman buah besar. Sehingga untuk perkebunan buatlah jarak antar tanaman 6×6 m. Berikan juga pupuk dan kapur pada lubang tanam. Supaya zat hara terserap oleh tanah diamkan selama 30 hari.

4. Cara Menanam Buah Matoa

Kebanyakan cara menanam buah matoa melalui perbanyakan generatif. Tetapi dengan cara ini akan membuat tanaman lama berbuah.

Maka dengan perkembanga ilmu pengetahuan saat ini ada cara merawat pohon matoa agar cepat berbuah. Yaitu dengan melakukan sambung pucuk.

Tahap pertama dalam cara merawat pohon matoa agar cepat berbuah adalah dengan memilih batang bawah yang akan di sambung. Tentu saja dengan tanaman yang berkualitas dan memiliki ciri-ciri daun sehat, sedang tumbuh pucuk baru serta perakaran berkembang.

Siapkan pisau, plastik PE untuk menyambung/membungkus batang dan entres/batang bagian atas yang akan disambung. Carilah entres dari pohon yang sudah berbuah. Sesuaikan juga dengan besar batang bagian bawah.

Potong batang bagian bawah terlebih dahulu supaya tidak cepat kering. Lalu belah batang bawah dengan ukuran sekitar 2 cm. Sayat entres sampai rapi dan pastikan bisa dimasukkan kedalam belahan batang bawah.

Pilihlah entres yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua agar batang cepat nyambung. Perlu diperhatikan juga supaya kambium cepat menyatu sisakan sedikit bagian entres yang tidak tertutupi belahan batang bawah.

Kemudian balut sambungan tadi menggunakan plastik PE. Pastikan agar kedap udara. Siapkan juga plastik untuk menyungkuk pucuk batang supaya penguapan tetap terjaga.

Daun akan muncul sekitar 1 bulan jika proses sambung batang berhasil. Kemudian buka sungkuk dan letakkan tanaman di tempat teduh dahulu supaya dapat beradaptasi dengan sinar matahari. Waktu yang bagus untuk membuka sungkuk adalah pada saat sore hari.

Jangan lupa melakukan perawatan seperti pemupukan, pemangkasan, penyiangan dan pengendalian hama dan penyakit secara teratur.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Buah Matoa

Kegagalan cara menanam buah matoa biasanya dikarenakan kurangnya perawatan yang rutin. Kurangnya pemahaman cara menanam matoa juga menjadi sebab kegagalan itu terjadi. Sehingga anda harus berupaya agar tanaman matoa dapat tumbuh dan menghasilkan buah yang banyak.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Buah Matoa

Buah matoa memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Jadi tunggu apalagi, mari menanam buah matoa. Berikut ini daftar harga bibit dan harga jualnya.

  NamaHargaSumber
Bibit Matoa Merah35.000https://shopee.co.id/product/236117926/7445603726?smtt=0.0.9
Buah Matoa30.000https://shopee.co.id/product/6163629/436696109?smtt=0.0.9
Buah Matoa Super60.000https://shopee.co.id/product/10442810/4140173906?smtt=0.0.9
Bibit Matoa Aroma Durian Unggul25.000https://shopee.co.id/product/138764685/4343735579?smtt=0.0.9

 

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Timun

Irma Citama Irma Citama
2 min read

Cara Menanam Buah Duku

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *