Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Buah Mangga

3 min read

cara menanam buah mangga

Mangga atau Mangifera indica merupakan salah satu nama buah yang lumayan populer di Indonesia. Tanaman mangga berasal dari Negara India, jadi tak heran jika kamu berkunjung di sana dengan banyak yang menjual jenis buah ini. Lantas kamu tau ngga sih cara menanam buah mangga itu ?

Kali ini Nonatani akan membahas tentang cara membudidayakan tanaman mangga. Cara menanam buah mangga ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 subjudul yang akan aku sajikan, Yuk simak sekarang juga!

cara budidaya buah mangga

Cara Menanam Buah Mangga

Buah mangga memiliki rasa yang manis. Selain rasanya yang enak ternyata mangga juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak. Buah ini juga memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol, menjaga Kesehatan jantung, mencegah jerawat, menurunkan berat badan dll.

1. Bibit Buah Mangga

Pembibitan tanaman mangga bisa kamu lakukan dengan menggunakan bijinya atau membeli bibit pohon mangga yang sudah sangat terjamin kualitasnya sehingga kamu dapat melakukan cara budidaya pohon mangga yang baru ditanam agar cepat besar.

Bibit yang cepat besar tentunya mahal jadi gunakan bijinya saja. Pilihlah buah mangga yang berkualitas, unggul dan juga sehat untuk diambil bijinya. Kemudian kupas kulit dan daging buah mangga dengan pisau, sisakan bijinya saja.

Setelah biji buah mangga kamu dapatkan Langkah selanjutnya adalah mengeringkannya di bawah terik matahari. Tujuannya adalah supaya kulit biji pecah dan kamu bisa mengambil kotiledon. Nah pada bagian kotiledon inilah yang akan kita semai.

Jika kulit biji hanya pecah sedikit kamu bisa mengiris lempengnya secara perlahan. Lakukan secara hati-hati ya supaya kotiledon tidak tergores. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan media persemaian.

Gunakan polybag berukuran sedang lalu isi dengan media tanah yang sudah dicampur pupuk organik. Tanam katiledon dan pastikan tanah tidak terlalu lembab. Lakukan perawatan seperti menyiramnya.

Biasanya bibit bisa berkecambah dalam waktu 2 minggu saja. Saat bibit berusia 6 bulan kamu bisa melakukan cara menanam buah mangga dengan memindahkannya ke lahan tanam.

2. Persiapan Lahan Tanam

Mempersiapkan lahan untuk menanam bibit pohon mangga sebaiknya kamu lakukan 1-2 minggu sebelum bibit siap dipindahkan. Hal ini karena akan ada persiapan seperti mencangkul tanah dan lainnya.

Cangkul tanah hingga benar-benar gembur dan tidak menggumpal. Kemudian buat lubang tanam dan biarkan tanah yang kamu cangkul tadi selama beberapa hari agar tanah tidak terlalu lembab. Selain itu biar gas yang ada di dalam tanah juga menguap.

Setelah kamu rasa lahan sudah siap, tinggal tanam bibit yang tadi kamu siapkan. Gunting polybag lalu masukkan bibit beserta tanah yang ada di akar. Timbun bibit dengan tanah dan padatkan.

3. Jarak Tanam Pohon Mangga yang Ideal

Biasanya pohon mangga ditanam dengan jarak tanam sekitar 10 kali 10 meter. Sehingga dalam 1 hektar lahan kemungkinan bisa ditanami bibit 70-90an. Sedikitnya populasi ini juga akan berdampak pada rendahnya produktivitas pohon mangga.

Setelah berkembangnya teknologi saat ini, barulah para ahli melakukan eksperimen agar pohon mangga memiliki produktivitas tinggi, berkualitas, menghemat lahan dan cepat besar. Para ahli menemukan solusi yaitu dengan system jarak tanam rapat yang biasa dikenal UHDP.

Ada beberapa negara yang sudah menerapkan system jarak ini, misalnya Tiongkok dan India. Di India melakukan cara budidaya pohon mangga yang baru ditanam agar cepat besar dengan menerapkan system jarak UHDP 3 kali 2 meter. Jadi dalam luas lahan 1 hektar dapat menanam sekitar 1.666 bibit mangga.

4. Cara Menanam Buah Mangga

Tanaman mangga jika tidak dirawat apakah bisa berbuah ? Tentu saja bisa tapi hanya kemungkinan kecil dan jika berbuah pasti produktivitasnya tidak banyak. Nah untuk itu maka lakukan cara merawat pohon mangga agar cepat berbuah ini.

– Pemangkasan

Gunakan sabit yang tajam untuk memangkas cabang dan ranting yang sudah tua, terkena penyakit atau terlalu rapat. Pemangkasan ini bertujuan untuk meningkatkan kandungan karbohidrat pada pohon mangga dan meratakan sinar matahari untuk fotosintesis.

– Pemupukan

Nutrisi yang cukup akan memuat pohon mangga jadi lebih produktif. Kamu bisa mendapatkan nutrisi ini dari pupuk organik atau anorganik.

– Penyiraman

Untuk bibit yang baru kamu tanam berikan penyiraman setiap minggu karena akar belum terbentuk dengan sempurna. Namun kamu dapat mengurangi penyiraman saat musim hujan. Sedikit informasi ya, jika kamu mempunyai air cucian ikan maka siramkan ke pohon mangga hal ini karena protein di dalam air itu cukup tinggi.

– Pemberian luka pada batang

Lakukan cara merawat pohon mangga agar cepat berbuah dengan memberikan sayatan pada batang pohon mangga. Tujuannya sih supaya proses distribusi hasil fotosintesis dari daun ke akar melambat nah dengan begitu karbohidrat akan menumpuk pada cabang dan daun.

Buat sayatan secara melingkar pada batang dengan panjang 10-20cm. Pastikan getahnya keluar dan kambiumnya hilang.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Buah Mangga

Sebagai pembudidaya buah mangga unggul tentunya harus ada pengetahuan mengenai faktor penyebab kegagalan cara menanam buah mangga. Berikut aku akan menyajikan beberapa faktor kegagalannya.

– Faktor kegagalan yang pertama adalah karena intensitas hujan yang terlalu berlebihan. Air hujan yang terus bercucuran akan merontokkan tepung sari bahkan bungganya. Selain itu juga akan berdampak pada mengurangnya serangga penyerbuk.

– Udara yang lembab akan memancing hama lebih hebat untuk menyerang buah dan akan berakibat buah rontok.

– Banyaknya embun dan kabut juga bisa menggagalkan panen buah mangga. Sama seperti intensitas hujan yang tinggi sih, bunga dan buah bisa rontok.

– Serangan hama dan penyakit tanaman mangga juga akan berdampak buruk jika tidak kamu tangani dengan baik. Hama dan penyakit itu misanya Penyakit Cendawan Jelaga, Penyakit Antraknose, Penyakit Blendok, Bercak Karat Merah, Hama Kutu Putih, Hama Thrips dll. Penanggulangan pohon mangga yang terkena hama atau penyakit bisa dengan manual dan kimiawi.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Buah Mangga

Bagi kamu yang tertarik dengan cara menanam buah mangga aku juga akan memberikan referensi harganya. Beikut harga yang aku ambil dari shopee.

Nama Harga Sumber
Bibit mangga madu super unggul Rp21.250 https://shopee.co.id/Bibit-mangga-madu-super-unggul-i.236353032.3623511875
Bibit mangga irwin unggul Rp24.000 https://shopee.co.id/Bibit-mangga-irwin-unggul-i.177889416.7404598325
Mangga Harum Manis 1kg Rp45.000 https://shopee.co.id/Mangga-Harum-Manis-size-3-pcs-dalam-1-kg-i.254427187.4345335340
Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Pisang

Hendrasap Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Buah Apel

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Buah Bit

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *