Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Buah Kelengkeng

2 min read

cara menanam buah kelengkeng

Cara menanam buah kelengkeng dalam pot atau tabulampot menjadi trend yang digandrungi para petani. Tidak hanya berlaku untuk buah kelengkeng saja namun ada beberapa buah lain yang bisa ditanam di dalam pot. Cara budidaya kelengkeng dalam pot tabulampot menjadi lebih asyik karena mayoritas masyarakat Indonesia menyukai buah kelengkeng karena cita rasanya yang manis dan segar.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang cara budidaya kelengkeng. Kamu bisa menerapkan ini sebagai cara menanam buah kelengkeng baik di pot, polybag maupun langsung di lahan. Pastikan kamu mengikuti langkah langkah ini agar tanaman kelengkeng kamu cepat berbuah dan berbuah banyak.cara merawat pohon kelengkeng agar cepat berbuah di dataran rendah

Cara Menanam Buah Kelengkeng

Buah kelengkeng ini memiliki berbagai macam jenis salah satunya adalah jenis kelengkeng Kateki yang menjadi jenis kelengkeng istimewa. Ada juga jenis kelengkeng New Kristal, Giant, Itoh, Kristal, Kinglong yang menjadi jenis Kelengkeng dataran tinggi. Serta jenis kelengkeng dataran rendah seperti Kelengkeng Merah, Hawae, Matalada, dan lain-lain. Jadi seperti inilah cara menanam buah kelengkeng yang benar.

1. Pemilihan Bibit Buah Kelengkeng

Untuk hasil panen yang maksimal maka cara menanam buah kelengkeng yang paling utama adalah mendapatkan bibit dengan kualitas terbaik. Salah satu jenis buah kelengkeng yang bisa dijadikan tabulampot adalah Kelengkeng Kateki.

Untuk mendapatkan bibit Kelengkeng Kateki berkualitas lebih baik memilih bibit yang berasal dari hasil cangkok, okulasi, ataupun stek agar tanaman cepat berbuah. Usahakan memilih bibit yang tidak ada tanda-tanda kecacatan fisik, tidak layu, dan tidak terserang hama/penyakit.

Jika ingin melakukan budidaya Kelengkeng New Kristal maka pilihlah bibit yang berasal dari tanaman berdaun rindang, memiliki akar yang kuat dan batangnya kokoh.

2. Pembuatan Media Tanam Buah Kelengkeng

Cara budidaya kelengkeng dalam pot tabulampot membutuhkan wadah yang cukup besar, karena Kelengkeng Kateki dan New Kristal merupakan jenis tanaman yang cukup besar. Drum bekas bisa dimanfaatkan untuk mengganti wadah pot tersebut. Berikan lubang pada bagian bawahnya agar air dapat mengalir.

Untuk media tanam yang diperlukan adalah campuran tanah : pasir : sekam : pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1 : 2. Gunakan pupuk kandang yang berasal dari kotoran kambing, ayam, ataupun sapi karena kaya akan kandungan zat fosfor yang berguna mempercepat pertumbuhan tanaman.

Usahakan agar media tanam tetap kering, bila perlu tambahkan sterefoam atau pecahan genting yang diletakkan di dasar pot.

3. Jarak Tanam Buah Kelengkeng Yang Ideal

Dalam cara menanam buah kelengkeng, berikan jarak tanam yang ideal pada masing-masing tanaman agar tanaman lebih leluasa untuk bernafas dan bergerak. Untuk jarak tanamnya sendiri dapat diatur sesuai dengan kebutuhan tanaman. Karena setiap masing-masing wadah hanya akan diisi oleh 1 tanaman saja maka pastikan setiap tanaman mendapat cukup ruang untuk tumbuh.

4. Cara Menanam Buah Kelengkeng

Agar tanaman kelengkeng berbuah lebat maka cara merawat pohon kelengkeng agar cepat berbuah ini perlu diperhatikan.

  • Pada dasarnya cara menanam buah kelengkeng dan juga perawatannya hampir sama dengan buah lainnya. Jenis kelengkeng kateki dan new Kristal ini membutuhkan lebih banyak asupan air sehingga proses penyiraman dapat dilakukan 2 kali sehari dengan menyiraminya sebanyak 1 sampai 2 gayung.
  • Agar kandungan nutrisi dalam tanah tetap terjaga maka jangan lupa untuk melakukan pemupukan selama 3 bulan sekali. Berikan pupuk kandang sebanyak 5 kg pada masing-masing tanaman.

Selain pupuk kandang, pupuk anorganik juga bisa ditambahkan dengan dosis 25 gram pada setiap tanaman. Untuk pupuk anorganik bisa  ditambahkan setiap 4 bulan sekali hingga tanaman berusia 3 tahun.

  • Pemangkasan merupakan cara merawat pohon kelengkeng agar cepat berbuah. Dengan melakukan pemangkasan maka bunga dan buahnya akan terangsang untuk semakin tumbuh lebih banyak lagi.
  • Ketika pohon telah berusia 3-10 tahun maka media tanam dapat diganti karena pada masa tersebut media tanam sudah kehilangan masa produktifnya. Dengan mengganti media tanam maka tanaman akan lebih produktif serta kandungan nutrisi yang terdapat pada media tanam yang baru lebih baik lagi

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Buah Kelengkeng

Karena tanaman kelengkeng ini membutuhkan asupan sinar matahari yang cukup maka letakkan pada tempat yang semestinya. Apabila intensitas cahaya yang didapat kurang maka produktifitas tanaman bisa terganggu atau resiko yang sangat fatal yaitu tanaman tidak berbuah.

Penyebab kegagalan lainnya dalam cara menanam buah kelengkeng adalah tidak melakukan penjarangan sehingga menghasilkan ukuran buah kelengkeng yang relative lebih kecil. Lakukan penjarangan dengan membuang sebanyak 30% hingga 40% buah tersebut.

6. Harga Bibit Buah Kelengkeng

Cara menanam buah kelengkeng yang terakhir yaitu melakukan pemanenan. Biasanya buah kelengkeng dibandrol dengan harga bibit berikut ini:

No Kategori Harga
1 Bibit kelengkeng new kristal Rp 95.000
2 Bibit kelengkeng matalada Rp 95.000
3 Bibit kelengkeng pingpong Rp 75.000
4 Bibit kelengkeng merah Rp 150.000
5 Bibit kelengkeng satu jari Rp 95.000
6 Bibit kelengkeng puangray Rp 65.000
7 Bibit kelengkeng kristal Rp 60.000
8 Bibit kelengkeng itoh Rp 65.000
9 Bibit kelengkeng aroma duren Rp 60.000
10 Bibit kelengkeng diamond river Rp 60.000

Sumber: https://rumahtanaman.com/toko/

Irma Citama
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Buah Apel

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Buah Bit

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Blueberry

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *