Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Buah Duku

2 min read

cara menanam buah duku

Cara menanam duku ini jarang yang mencari, karena merupakan tanaman tahunan. Siapa yang tidak tahu dengan Buah Duku. Buah yang berbentuk bulat dengan warna kulit putih ini dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Buah duku memang belum begitu banyak peminatnya. Akan tetapi tanaman yang satu ini menyimpan berbagai manfaat, baik untuk kesehatan maupun untuk bahan-bahan pembuatan mebel.

Maka kali ini Nonatani akan berbagi ilmu cara menanam buah duku yang meliputi cara pemilihan bibit duku, persiapan lahan tanam, jarak tanam yang baik, perawatan tanaman duku, penyebab kegagalan tanam dan harga bibit buah duku. Cara menanam buah duku ini dibuat cukup sederhana sehingga bisa diikuti oleh pemula. cara budidaya buah duku agar cepat berbuah

Cara Menanam Buah Duku

Buah duku memiliki beberapa kandungan yang baik untuk tubuh diantaranya adalah untuk memperlancar pencernaan, kandungan antioksidannya dapat mencegah penuaan dini. Buah ini juga diperkaya dengan kandungan Vitamin B dan Vitamin A yang berguna untuk mengoptimalkan kerja saraf dan meningkatkan kesehatan mata,kulit, gigi dan masih banyak lagi. Batang pohonnya memiliki struktur yang kuat dan awet sehingga sering digunakan untuk pembuatan konstruksi rumah dan mebel.

1. Cara Pemilihan Bibit Duku

Kemudian supaya cara menanam buah duku dapat berjalan baik maka hal yang harus diperhatikan adalah pemilihan bibit duku. Untuk mendapatkan bibit duku yang unggul anda dapat membelinya ditoko pertanian yang menjual berbagai kebutuhan untuk bertani maupun berkebun. Jika anda membeli di toko, saran saya anda harus memahami ciri-ciri bibit yang baik.

Diantaranya ciri-cirinya adalah sebagai berikut. Umur bibit paling minimal 6 bulan, tingginya paling minimal 40 cm, batang lurus memiliki percabangan yang lumayan banyak, daun berwarna hijau segar utuh tidak sobek berbentuk lebar dan bibit sehat terbebas dari penyakit dan hama.

Cara merawat pohon duku agar cepat berbuah juga memerlukan perbanyakannya menggunakan metode okulasi/cengkok. Sedikit bocoran bibit yang menggunakan metode perbanyakan okulasi dapat cepat berkembang dan berbuah.

Dalam cara menanam buah duku anda juga bisa menggunakan metode perbanyakan generatif(biji). Hal yang utama dalam pemilihan bibit unggul menggunakan perbayakan generatif adalah pemilihan indukan. Indukan harus memenuhi persyaratan diantaranya adalah sudah berbuah berkali-kali, produktivitasnya lumayan tinggi, kualitas buah tidak cacat, indukan tidak terserang oleh hama dan penyakit.

Kemudian untuk cara budidaya buah duku perbanyakan secara generatif juga harus memiliki persyaratan yaitu buah sudah masak dipohon, utuh tidak cacat, dan terbebas dari jamur. Sebelum melakukan penyemaian bersihkan biji dengan air terlebih dahulu. Lalu keringkan sambil di angin-anginkan dan setelah kering rendamlah biji duku dalam pestisida selama 5 menit.

Penyemaian dilakukan dilakukan di tempat yang aman dan terlindungi dari pancaran sinar matahari secara langsung dan kucuran air hujan. Lakukan penyemaian dengan baik dan untuk menjaga kelembaban lakukan penyiraman pagi dan sore dalam 1 hari. Apabila sudah berumur kurang lebih 50 hari bibit siap untuk dipindahkan ke polybag dan rawatlah dengan baik sampai memenuhi persyaratan penanaman.

2. Persiapan Lahan Tanam

Cara menanam buah duku tidak terlalu memerlukan campuran tanah dengan bahan lain. Tetapi jika anda menghendaki bisa campurkan tanah dengan pupuk kandang atau kompos. Lakukan pembersihan tanah agar terhindar dari rumput liyar dan tanaman penggangu lainnya terlebih dahulu.

Pastikan lokasi penanaman terhindar dari gedung-gedung tinggi dan pepohonan yang dapat menghalangi sinar matahari secara langsung. Buat lubang sedalam 45 cm dengan lebar 60 cm. Tetapi untuk cara budidaya buah duku bisa memerlukan lahan 1-2 hektar dan dibuat bedengan.

3. Jarak Tanam Duku Yang Baik

Cara menanam buah duku yang baik memerlukan jarak 1 hingga 8 meter antar tanaman. Hal ini dikarenakan untuk menghindari ketika pohon sudah besar berhimpitan dengan pohon lain. sekaligus juga untuk memudahkan perawatan hingga pemanenan.

4. Cara Menanam Buah Duku

Cara merawat pohon duku agar cepat berbuah di antarannya adalah dengan penyiraman dengan air, pemupukan, penyiangan, pemangkasan ranting, dan pengendalian hama dan penyakit. Laukan cara-cara tersebut dengan telaten dan ketekunan agar tanaman dapat tumbuh subur dan cepat berbuah.

Penyiraman dilakukan setiap 2 kali sehari karena tanaman duku memerlukan air yang banyak. Penyiangan juga penting guna membersihkan rumput liyar yang menggangu tanaman duku berkembang. Lakukan perawatan secara teratur maka tanaman ini akan terawat dan terhindar dari hama dan penyakit.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Buah Duku

Salah satu faktor penyebab kegagalan tanam dalam menanam buah duku antara lain karena faktor musim. Tanaman duku merupakan jenis tanaman yang membutuhkan air banyak sehingga ketika musim kemarau harus melakukan penyiraman secara teratur. Jika tidak tanaman ini akan kering dan mati makan anda harus memikirkan juga cara alternatifnya supaya tetap hidup dan berkembang.

6. Harga Bibit Buah Duku

 

Jenis Duku Harga Sumber
Duku Palembang Rp23.000 https://shopee.co.id/product/182838545/6115894076?smtt=0.0.9
Duku Malaysia Rp30.000 https://shopee.co.id/product/73732933/7623792568?smtt=0.0.9
Duku Tanpa Biji Rp25.000 https://shopee.co.id/product/164414708/6415169614?smtt=0.0.9

Berikut ini adalah harga beberapa jenis buah duku yang saya ketahui. Memang bisa di bilang terjangkau. Maka dari itu segera tanam bibit duku dan rasakan manfaatnya !

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Timun

Irma Citama Irma Citama
2 min read

Cara Menanam Buah Matoa

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *