Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Buah Bit

2 min read

cara menanam buah bit

Bit atau beetroot adalah akar tunggang bagian dari tanaman bit yang biasanya dikenal di Kanada dan Amerika Serikat. Buah bit memiliki warna buah merah seperti bawang merah untuk memasak itu. Lalu bagaiamana ya cara menanam buah bit ?

Kali ini Nonatani akan membahas tentang cara budidaya tanaman buah bit. Cara menanam buah bit ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 subjudul yang menarik untuk kamu baca dan pahami mulai dari Bibit Buah Bit sampai Harga Bibit dan Harga Jual Buah Bit.cara budidaya buat bit dari umbinya di polybag

Cara Menanam Buah Bit

Selain dinikmati sebagai buah, buah bit juga memiliki kegunaan sebagai pewarna makanan dan sebagai tanaman obat. Umbi buah bit yang berwarna merah keunguan dapat dimakan secara langsung atau untuk campuran salad, bahkan juga dapat direbus dan dipanggang.

1. Bibit Buah Bit

Cara menanam buah bit diawali dengan memperhatikan syarat tumbuh Ubi bit. Jenis tanah yang baik untuk bit adalah netral, lembab, tanah subur dan tidak memiliki tingkat keasaman tinggi (pH 6.5-7.0). Tanah liat juga dapat kamu jadikan media tanam bila pada bagian atas telah diberikan banyak bahan organic yang telah membusuk.

Pastikan memiliki tempat yang terkena sinar matahari. Jika perlu buat ruangan terbuka tapi tetap teduh. Kalau di Indonesia tidak ada musim semi, jika ada taburkan pupuk butiran beberapa minggu sebelum penanaman dan cangkul tanahnya agar tanah dapat menyerap nutrisi dari pupuk.

Beralih ke cara pembibitan. Cara budidaya buah bit dari umbinya adalah ide bagus untuk dilakukan karena terkenal mudah untuk merawatnya. Pilih jenis umbi bit yang cepat tumbuh, misalnya jenis ubi bit Boltardy.

Umbi bit dapat kamu peroleh dari penjual yang biasanya dijual dengan batang yang masih melekat. Kamu cukup menanam satu buah bit yang belum busuk pada tanah yang gembur dan subur.

Pastikan bibit buah bit yang kamu tanam terbenam sepenuhnya di dalam tanah. Bibit buah bit akan mulai mengeluarkan daun dalam waktu seminggu. Jika tempat tinggalmu memiliki udara sejuk atau berada di dataran tinggi, itu tandanya sangat cocok untuk cara budidaya buah bit dari umbinya.

2. Persiapan Lahan Tanam

Cara menanam beetroot dalam polybag juga dapat kamu lakukan lho. Terutama jika kamu nggak punya banyak lahan untuk bercocok tanam, bisa banget kamu coba lho. Pastikan juga kamu memiliki bibit buah bit yang unggul.

Lubangi polybag pada bagian bawahnya supaya drainase air lancer. Supaya drainase air lebih lancar, masukkan dulu batu-batu kecil ke dalam polybag. Batu tersebut berguna untuk penyangga media tanam sekaligus mencegah tersumbatnya lubang drainase.

Sehari sebelum bibit kamu tanam, isi polybag dengan media tanam sampai 3/4 nya saja. Media tanam berupa campuran tanah, pasir atau sekam bakar, dan pupuk organik. Lalu pindahkan bibit ke polybag setelah memiliki 3 – 7 helai daun.

Letakkan polybag tersebut di tempat yang terkena sinar matahari dan aman dari kucuran air hujan. Jika sudah tumbuh daun baru, tanaman buah bit bisa kamu pindahkan ke tempat terbuka dan rawat secara teratur.

3. Jarak Tanam Buah Bit yang Ideal

Jika kamu menanam buah bit di pekarangan, tanam dengan kedalaman 30 cm dan beri jarak antar tanaman sekitar 20 cm. sebelum menanam berikan pupuk dasar untuk menunjang pertumbuhan tanaman baru tersebut. Namun beda jika kamu melakukan cara menanam beetroot dalam polybag, jarak tanam dapat kamu sesuaikan sendiri dengan luas tempat pembesaran.

4. Cara Menanam Buah Bit

Sama seperti tanaman lainnya, tanaman bit juga butuh perawatan yang rutin agar menghasilkan umbi yang berkualitas bagus dan memiliki nilai jual. Berikut perawatan tanaman beetroot yang dapat kamu lakukan.

– Penyiraman

Penyiraman ini akan lebih baik jika kamu melakukannya setiap pagi atau sore hari. Lakukan penyiraman secara hati-hati agar tanaman tidak rusak dan akar tetap tertutup tanah. Perhatikan juga kondisi media tanam apakah lembab atau justru malah kering, dari situ kamu dapat mengatur frekuensi penyiraman.

– Pemupukan Susulan

Gunakan pupuk organik saja jika ingin melakukan pemupukan susulan. Namun jika tidak punya pupuk organic, kamu juga dapat menggunakan pupuk kimia dengan dosis terukur.

– Penyulaman, Penyiangan dan Pembumbunan

Penyulaman dilakukan jika ada tanaman beetroot atau buah bit yang rusak atau mati. Lakukan penyiangan dengan mencabuti gulma yang sudah tumbuh disekitar tanaman sekaligus kamu dapat melakukan pembumbunan atau penambahan jika tanah sudah mulai tergerus.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Buah Bit

Cara menanam buah bit dapat dikatakan mudah. Namun hama dan penyakit yang biasa menyerang tanaman beetroot seperti tikus, ulat, boleng, Kudis atau Scab dan Layu Fusarium juga harus kamu ketahui.

Cara pengendalian yang dapat kamu lakukan bisa berupa pengendalian manual atau menggunakan pestisida. Contoh pengendalian Layu Fusarium dengan mengistirahatkan lahan tanam untuk beberapa saat.

6. Harga Bibit dan Harga Jual

Berikut harga beetroot/buah bit yang ada di toko online. Yuk segera lakukan cara menanam buah bit di rumahmu!

Nama Harga Sumber
25 Benih Beetroot Rp3.500 https://shopee.co.id/25-Biji-Benih-Beet-Root-Bibit-Buah-Bit-i.164192537.3516251606
1500 Benih Buah Bit F1 AYUMI Rp75.000 https://shopee.co.id/Benih-Bibit-Buah-Bit-F1-AYUMI-04-1500-biji-i.179825219.7709108582
Buah Bit Organik 500gr Rp16.000 https://shopee.co.id/Sayur-Stop-Buah-Bit-Organik-500-gram-i.44630028.2621297972
Buah Bit/Beetroot fresh 1 kg Rp21.200 https://shopee.co.id/Buah-Bit-Beet-root-fresh-1-kg-i.28891894.1159835088

 

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Pisang

Hendrasap Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Buah Mangga

Hendrasap Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Buah Apel

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *