Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Buah Apel

2 min read

cara menanam apel

Apel atau Malus domestica merupakan jenis buah-buahan berbentuk bulat dan jika sudah masak warnanya berubah jadi kemerahan. Buah apel pertama kali ditanam di Asia Tengah lalu menyebar ke berbagai wilayah yang memiliki suhu udara dingin. Kemudian bagaimana sih cara menanam buah apel itu ?

Kali ini Nonatani akan membahas tentang langkh-langkah menanam tumbuhan apel. Cara menanam buah apel ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 subjudul yang menarik untuk pahami, yuk simak sekarang juga!cara budidaya buah apel agar cepat berbuah

Cara Menanam Buah Apel

Biasanya apel dimakan secara langsung, tapi ada juga yang membuatnya menjadi minuman jus. Kandungan buah apel berupa flavonoid, serat, vitamin C, Vitamin A, Vitamin K, Kalium, Asam ursolat, Asam folat. Tak heran jika buah yang satu ini memiliki manfaat untuk mencegah kangker, menangkal radikal bebas, menjaga kesehatan otak.

1. Bibit Tanaman Apel

Perbanyakan apel biasanya menggunakan cara okulasi. Tapi seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini petani mulai menggunakan cara budidaya apel dari biji agar cepat berbuah.

Langkah pertama untuk memulai penyemaian adalah meyiapkan segala kebutuhan berupa alat maupun bahan. Perhatikan media semai yang kamu pakai dan manipulasi suhu ruangan. Hal ini karena pohon apel tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki suhu dingin seperti daerah malang.

Setelah mendapatkan bijinya, kamu bisa mengumpulkan biji dari 2 varietas buah apel yang berbeda untuk ditanam supaya dapat melakukan penyerbukan sendiri. Setelah itu jemur biji sampai kulit luar biji buah apel tidak lembab.

Jika sudah megering, letakkan biji kedalam tissue atau kain yang sudah kamu basahi. Selain tissue atau kain kamu juga bisa menggunakan tanah gambut untuk media semainya. Langkah selanjutnya adalah memasukkan media semai tadi ke wadah yang bisa tertutup rapat seperti toples atau wadah lainnya.

Masukkan wadah ke lemari pendingin untuk memanipulasi suhu agar sama dengan tempat tumbuhnya. Suhu yang digunakan berada pada angka 40–42 farenheit. Biarkan selama 8 minggu sampai biji mengeluarkan tunas dan akar.

Cara budidaya apel dari biji agar cepat berbuah selanjutnya adalah memindahkan bibit tersebut kedalam polybag. Isi polybag dengan campuran tanah gambur dan kompos. Tanam bibit apel tersebut lalu siram dengan air secukupnya.

Letakkan polybag pada suhu kamar tapi tetap terkena sedikit sinar matahari pagi. Lakukan juga penyirama secara rutin sampai 3-4 minggu. Biasanya dalam waktu tersebut sudah tumbuh daun.

2. Persiapan Lahan Tanam

Bisakah cara tanam apel di pekarangan rumah daerah panas ? seperti yang kamu ketahui bahwa apel bias any tumbuh di dataran tinggi dengan ketinggian 700-2000 mdpl. Tapi nggak menutup kemungkinan dong jika kamu ingin menanam apel sedangkan pekaranganmu berada di dataran rendah.

Untuk melakukan menanam bibit apel hampir sama jika kamu menanam tanaman buah jenis lain. Yaitu mempersiapkan lahan tanam dan media untuk merangsang tumbuh tanaman. Siapkan tanah berpasir, arang sekam dan pupuk organik.

Campur semua bahan tersebut kemudian diamkan selama 1 hari. Jika sudah, buat lubang tanam kemudian lakukan cara tanam apel di pekarangan rumah daerah panas yang sudah kamu semai tadi, supaya tidak roboh dan untuk penanda tancapkan ajir.

3. Jarak Tanaman Apel yang Ideal

Jarak cara menanam buah apel ada anjurannya yaitu sekitar 2-3 meter antar tanaman. Hal ini untuk memberikan ruang pohon apel tumbuh besar dan untuk memudahkan perawatan ataupun pemanenan buah jika sudah waktunya.

4. Cara Menanam Buah Apel

Apa sih tujuan cara menanam buah apel ? pasti menginginkan supaya pohon tersebut menghasilkan buah yang banyak dan cepat berbuah. Untuk itu ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mencapai tujuanmu itu.

– Melakukan pencincinan

Caranya dengan melilit batang utama pohon apel dengan menggunakan kawat. Pencincinan untuk menghambat pengangkutan hasil fotosintesis kembali ke akar, sehingga hasil fotosintesis bisa fokus untuk pembentukan buah.

– Pemupukan susulan dan penyiraman

Pupuk mengandung nutrisi untuk merangsang pertumbuhan pohon apel dan pembentukan buah. Pupuk bisa berupa pupuk kimia maupun organik. Penyiraman dengan air memiliki fungsi sebagai media pelarut zat-zat makanan dalam tanah agar lebih mudah diserap, jadi jangan lupa lakukan penyiraman ini.

– Pemberian hormone

Memberikan hormon dapat kamu lakukan dengan menyuntikkannya ke batang pohon apel. Tujuan memberikan hormon sendiri untuk mempercepat tanaman berbunga dan berbuah serta merangsang agar buah memilki ukuran besar.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Buah Apel

Kegagalan cara menanam buah apel memang menjadi momok yang menakutkan bagi para petani apel. Namun hal ini dapat kamu siasati dengan mengetahui apa saja kah faktor yang mempengaruhi kegagalan tersebut, Berikut penjelasannya.

– Pemberian pupuk kimia yang berlebihan. Jenis pupuk yang mempengaruhi tersebut bisa pupuk N (Nitrogen). Jika kelebihan pupuk N maka daun pohon apel bisa rimbun, malahan bisa penetrasi cahaya matahari.

– Tidak ada pohon apel jantan. Seperti diawal bahwa sebaiknya kamu menanam bibit apel dari beberapa varietas. Hal ini agar penyerbukan bisa terjadi.

– Serangan hama atau penyakit. Hama dan penyakit apel akan menggangu pertumbuhan pohon maupun buah. Segera lakukan tindakan jika kamu melihat ciri-cirinya.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Apel

Harga apel dipasaran memang beragam. Namun aku akan memberikan gambaran harga bibit dan harga apel di toko online.

Nama Harga Sumber
Benih Buah Apel Rp2.000 https://shopee.co.id/Benih-Buah-Bonsai-Apel-Biji-Apel-Bibit-Apel-i.227881487.7432191017
Bibit Tanaman Apel Malang Rp40.000 https://shopee.co.id/Bibit-Tanaman-Apel-Malang-Genjah-Siap-Tanam-i.138409007.6235612506
Apel Malang SEGAR 500gr Rp12.500 https://shopee.co.id/Apel-Malang-SEGAR-500gr-Buah-Apel-Apel-Malang-Apel-Rome-Beauty-Buah-Segar-i.143506568.2465058849
Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Buah Mangga

Hendrasap Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Buah Bit

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Blueberry

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *