Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Buah Anggur

2 min read

cara menanam buah anggur

Cara menanam buah anggur merupakan cara penanaman yang banyak dicari oleh masyarakat. Rasa buahnya yang manis legit dan segar serta bentuknya yang unik membuat buah anggur banyak digemari.

Kali in Nonatani akan membahas tentang cara budidaya buah anggur agar cepat berbuah lebat yang bisa dilakukan oleh pemula. Karena untuk yang masih awam, maka cara menanam buah anggur ini bisa dipraktekkan bahkan untuk ditanam pada polybag atau pot di halaman depan rumah.cara budidaya anggur merah dalam pot agar cepat berbuah

Cara Menanam Buah Anggur

Cara menanam buah anggur memang terbilang susah. Namun susah bukan berati tidak bisa dilakukan. Dengan tips di bawah ini semoga bisa membantu kamu yang ingin mencoba budidaya buah anggur.

1. Pemilihan Bibit Buah Anggur

Pemilihan bibit buah anggur yang berkualitas sangatlah menentukan hasil buah anggur kedepan-nya. Oleh sebab itu agar cara menanam buah anggur dapat berjalan dengan baik, pastikan bibit buah anggur memenuhi beberapa kriteria seperti berikut ini:

  • Bibit anggur minimal memiliki 3 ruas batang dan panjangnya mencapai 25-30 cm.
  • Batang bibit berbentuk bulat berukuran 1 cm.
  • Memiliki kulit batang yang berwarna coklat serta pada bagian bawahnya berwarna kehijauan. Pastikan kondisi kulit batang sehat atau tidak ada bercak hitam dan tidak ada embun airnya.
  • Tunasnya sangat kokoh, padat dan besar.
  • Pilihlah bibit yang berasal dari induk dengan usia minimal 5 bulan dan setidaknya telah tumbuh 3-4 helai daun.

Jika sebelumnya jenis anggur yang kamu tahu hanyalah jenis anggur merah, hijau dan hitam, faktanya anggur memiliki lebih banyak jenis lainnya. Jenis-jenis anggur tersebut meliputi Vitris Labrusca, Kyoho, Cotton Candy, Riesling, Pinot Noir, Moon Drops, dan Sweet Jubile. Jika bibit anggur sudah didapat kemudian dilanjutkan ke tahap penyemaian.

  • Campurkan tanah dan pupuk secukupnya kemudian masukkan ke dalam pot.
  • Masukkan bibit ke dalam pot yang sudah diisi dengan media semaian tersebut.
  • Lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari.
  • Tunggu selama 2 bulan hingga muncul tunas baru dan tumbuh banyak akar pada bibit tersebut.
  • Jika cara budidaya anggur merah dalam pot agar cepat berbuah selesai dilakukan, barulah masuk ke tahap persiapan lahan.

2. Persiapan Lahan Budidaya Buah Anggur

Cara budidaya anggur merah dalam pot agar cepat berbuah yang pertama, siapkan pot berukuran cukup besar. Usahakan menggunakan pot yang terbuat dari tanah untuk memudahkan proses penyerapan air. Jika pot sudah tersedia, masukkan tanah gambut ke dalam bagian dasar pot disusul campuran pupuk kandang dan pasir.

3. Jarak Tanam Buah Anggur Yang Ideal

Jika ditanam pada pot maka cara menanam buah anggur yang tepat agar jarak tanamnya ideal, tanamlah 1 bibit buah anggur dalam 1 pot. Sedangkan jarak antar pot bisa disesuaikan dengan lokasi penanaman.

4. Cara Menanam Buah Anggur

Cara merawat pohon anggur hijau agar berbuah lebat biasanya penanaman dapat dilakukan waktu sore hari atau saat cuaca sedang sejuk. Berbeda dengan tanaman lainnya, tanaman anggur tidak perlu disiram 2 kali sehari. Sebaiknya penyiraman dilakukan 4-5 hari sekali dengan memperhatikan kondisi tanah. Jika tanah masih lembab lebih baik pengairan dapat dihentikan sementara, dan juga sebaliknya.

Pemupukan susulan bisa dilakukan sampai 3 kali, yaitu pada usia 0-1 tahun. Saat berumur 3 bulan berikan pupuk urea 10 gram selama 10 hari. Kemudian saat berumur 6 bulan berikan pupuk urea 15 gram selama 15 hari. Dan saat buah anggur berumur 1 tahun berikan pupuk urea 50 gram. Jika usia tanaman di atas 1 tahun, berikan pupuk kandang sebanyak 5 kaleng dicampur pupuk TSR 80 gram.

Lakukan pemangkasan saat usia tanaman -+ 1.5 tahun agar tidak menjadi hama bagi tunas yang baru. Pangkas secara ringan bagian tanaman yang sekiranya tidak perlu tumbuh. Agar hasil panen lebih baik, bantulah tanaman untuk melakukan penyerbukan yaitu dengan cara mengocok batang tanaman. Pemanenan anggur bergantung pada jenis anggur yang ditanam, namun salah satu ciri buah anggur telah siap panen adalah teksturnya yang lunak dan kenyal. Itulah beberapa cara merawat pohon anggur hijau agar berbuah lebat yang bisa dicoba.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Buah Anggur

Cara menanam buah anggur memang sedikit susah, terlebih jika musim hujan turun sepanjang hari maka membutuhkan perawatan ekstra. Karena kulit anggur yang tipis maka jika terkena tetes air hujan terus-menerus bisa membuat kulit anggur pecah. Hal tersebut mengakibatkan daging cepat membusuk dan karena hidupnya bergerombol maka daging yang busuk tersebut bisa langsung menyebar ke daging buah lainnya.

6. Harga Bibit Dan Harga Jual Buah Anggur

Nilai jual buah anggur ini tergolong masih cukup tinggi. Pasalnya target pasarnya ditujukan dari anak kecil hingga orang dewasa. Semakin banyak konsumen yang menyukai buah anggur ini maka semakin banyak juga petani anggur yang ingin agar cara menanam buah anggur menghasilkan buah sesuai ekspektasi.

Kelompok Harga Harga Anggur Sumber
Buah anggur merah Australia Rp 480.000 https://www.tokopedia.com/buah-anggur-merah
Buah anggur hitam Rp 39.500 https://www.tokopedia.com/buah-anggur-merah
Buah anggur hijau tanpa biji manis Rp 49.900 https://www.tokopedia.com/buah-anggur-merah
Bibit buah angur brazil brasil sabara Rp 45.000 https://www.tokopedia.com/buah-anggur-merah

 

Irma Citama
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Timun

Irma Citama Irma Citama
2 min read

Cara Menanam Buah Matoa

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Buah Duku

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *