Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Binahong

2 min read

cara menanam binahong

Cara menanam binahong bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk pemula yang baru pertama kali. Binahong memang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia karena khasiatnya yang mampu menyembuhkan mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat.

Sebelumnya, di China tanaman ini lebih dikenal dengan sebutan Dheng San Chi yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional. Selain itu binahong dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi sehingga lebih mudah untuk dibudidayakan. Nonatani akan membahas cara budidaya tanaman pohon binahong ini secara ringkas. Sehingga cara menanam binahong ini bisa diikuti oleh siapa saja.cara budidaya tanaman pohon binahong merah di pot

Cara Menanam Binahong

Tanaman binahong merupakan tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh. Seiring dengan berkembangnya zaman tanaman yang awalnya dijadikan sebagai obat tradisinoal ini dapat diolah untuk diambil ekstraknya, kemudian dijual di apotek herbal dalam bentuk kapsul. Jika kamu tertarik untuk mengetahui bagaimana cara menanam binahong, ikuti tips berikut ini.

1. Pemilihan Bibit Tanaman Binahong

Cara menanam daun binahong dapat dilakukan dengan metode stek, caranya lakukan pemilingan pada batang binahong yang menjalar tersebut kemudian potonglah sepanjang 10 cm untuk ditanam pada media tanam.

Selain dapat memperbanyak menggunakan metode stek, perbanyakan binahong bisa juga dilakukan dari biji. Untuk mendapatkan biji binahong yang berkualitas, belilah pada toko atau kios pertanian yang terpercaya.

Jika kamu belum tahu jenis jenis Binahong, kamu perlu pelajari terlebih dahulu tentang jenis dan manfaat daun Binahong.

Selain itu jika sebelumnya sudah memiliki tanaman binahong yang sudah tumbuh, maka bisa memanfaatkan biji dari tanaman binahong tersebut. Pilihlah biji yang berwarna hitam karena bibit yang berwarna hitam tandanya sudah tua dan siap untuk dijadikan bibit.

Jika sudah mendapat biji yang sesuai rendam menggunakan air hangat yang dicampur bawang merah halus selama 24 jam. Setelah itu tiriskan biji dan pastikan biji dalam keadaan kering sebelum memulai proses penyemaian.

2. Persiapan Lahan Budidaya Tanaman Binahong

Cara menanam binahong yang kedua adalah mempersiapkan lahan budidaya yang tepat untuk tanaman binahong. Pertama-tama lakukan pembibitan terlebih dahulu jika menggunakan metode stek, tancapkan batang tanaman binahong sepanjang 10 cm tadi ke dalam pot dan pastikan bagian ujungnya berada di posisi atas.

Jika menggunakan metode biji, gunakan tisu yang sudah dibasahi sebagai media tanamnya kemudian letakkan beberapa biji  di atas tisu tersebut lalu tutup kembali menggunakan tisu.

Sirami dengan air sedikit saja lalu masukkan kedalam kotak plastik dan tutup rapat. Kemudian pindahkan ke dalam polybag yang sudah diisi tanah : pupuk dengan komposisi 2 : 1. Setelah kira-kira 1 bulan kemudian bibit binahong dapat dipindahkan ke lahan.

Pada pemupukan dasar berikan campuran pupuk organik : pupuk NPK dengan komposisi 31 : 1 lalu masukkan ke dalam lubang tanam sedalam 20-30 cm kemudian timbun menggunakan tanah.

3. Jarak Tanam Tanaman Binahong Yang Ideal

Jarak tanam yang ideal merupakan cara menanam daun binahong yang tidak kalah penting. Pertama-tama buatlah lubang tanam berukuran 30 x 3 cm dengan kedalaman 20-30 cm lalu buat jarak antar lubang sekitar 40 cm.

4. Cara Menanam Binahong

Agar cara menanam binahong dapat berjalan lancar maka perlu memperhatikan waktu pindah tanam yang pas. Saat kondisi penguapan rendah dan pengarian pada tanaman terceukupi maka waktu tersebut sangat cocok untuk dilakukan proses pemindahan tanaman.

Biasanya kondisi tersebut terjadi pada pagi atau sore hari. Dan musim yang dianjurkan untuk melakukan pindah tanaman ke lahan adalah saat memasuki musim hujan.

Karena karakteristik tanaman ini adalah merambat maka perlu dibuatkan ajir sebagai media rambatnya. Jika ada pagar ruma maka bisa dijadikan media rambatan yang pas, namun jika tidak ada maka bisa membuatnya dari tali yang dirangkai pada kayu.

Untuk proses penyiraman dapat dilakukan sebanyak 5-7 kali dalam sehari dan dapat dikurangi ketika musim hujan tiba. Jangan lupa juga untuk melakukan penyiangan binahong dari tanaman pengganggu lainnya.

Jika menanam binahong untuk dijual kembali maka cara budidaya binahong merah dalam pot perlu dilakukan pemupukan susulan menggunakan 1 gelas NPK dicampur 40 L air. Pemupukan susulan ini dilakukan ketika binahong mulai merambati media rambat. Setelah usianya 6 bulan maka binahong sudah bisa dipanen.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Binahong

Pada awal cara budidaya binahong merah dalam pot tentu mendapat kesulitan yang bisa menyebabkan kegagalan dalam panen. Salah satunya yaitu terserangnya hama dan penyakit seperti ulat dan kutu daun serta bakteri pembusuk lainnya. Untuk mengatasinya gunakan insektisida alami dari perasan air tembakau.

6. Harga Bibit Dan Harga Jual Binahong

Setelah cara menanam binahong selesai dilakukan maka langkah terakhir adalah memasarkan daun binahong tersebut. Karena yang dimanfaatkan adalah daunnya jadi pastikan kondisi daun masih layak untuk dijual dan terhindar dari serangan ulat daun agar harganya tidak anjlok di pasaran.

Kelompok Harga Harga Binahong Sumber
Bibit pohon binahong 20.000 https://www.tokopedia.com/pohon-binahong
Bibit tanaman binahong merah 15.000 https://www.tokopedia.com/pohon-binahong
Bibit binahong daun 7.500 https://www.tokopedia.com/pohon-binahong
Bibit tanaman herbal binahong merah 5.900 https://www.tokopedia.com/pohon-binahong
Bibit binahong hijau 7.000 https://www.tokopedia.com/pohon-binahong
Pohon binahong merah 10.000 https://www.tokopedia.com/pohon-binahong
Umbi binahong biji 1.000 https://www.tokopedia.com/pohon-binahong

 

Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Mengkudu

Hendrasap
3 min read

Sambiloto

Hendrasap
3 min read

Mahkota Dewa

Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *