Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Bengkuang

2 min read

cara menanam bengkuang

Bengkuang atau Pachyrhizus Erosus merupakan tumbuhan yang berasal dari Benua Amerika dan termasuk kedalam suku polong-polongan atau Fabaceae. Bengkuang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman sumber karbohidrat sekaligus protein nabati. Lalu bagaimana sih cara menanam bengkuang ? Simak artikel ini dengan seksama.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang cara budidaya bengkuang. Cara menanam bengkuang ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat 6 subjudul menarik yaitu bibit tanaman bengkuang hingga harga bibit dan harga jual bengkuang.cara membuat bibit bengkuang di pot dan polybag

Cara Menanam Bengkuang

Umbi bengkuang biasa dijual untuk dijadikan bahan rujak, asinan, manisan bahkan campurkan masakan tradisional seperti tekwan. Selain dijual ternyata bengkuang mengandung manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Mulai dari melancarkan pencernaan, menurunkan risiko kanker, menjaga kesehatan jantung, mencerahkan kulit, dan menghilangkan tanda-tanda penuaan.

1. Bibit Tanaman Bengkuang

Perbanyakan bengkuang dapat dilakukan melalui 2 cara yaitu dengan perbanyakan generatif dan vegetatif. Cara perbanyakan generatif biasanya menggunakan biji sedangkan perbanyakan vegetatif dapat dilakukan dengan stek batang dan umbi. Kali ini yang akan digunakan adalah cara budidaya tanaman bengkuang dari umbi.

Biasanya bibit yang dibuat dengan cara menanam umbi bengkuang akan menghasilkan bibit yang lebih baik dan memiliki kualitas unggul. Dari pada dengan benih yang didapat dari bunga bengkuang.

Untuk menghemat lahan lakukan cara membuat bibit bengkuang di pot dan polybagsaja. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih benih dengan kualitas unggul dan layak tanam. Pilih umbi bengkuang yang baru saja di panen, karena bengkuang akan terlihat sehat dan tidak cacat.

Jangan memilih bengkuang yang berukuran kecil karena akan menghasilkan bibit yang sedikit. Pilih bengkuang yang berukuran besar dan sudah tua. Bengkuang tua memiliki tekstur kulit lebih kasar dan kering.

Langkah selanjutnya adalah cara membuat bibit bengkuang di pot dan polybag. Siapkan alat dan bahan media pembibitan bengkuang. Sambil membuat media  pembibitan, letakkan bengkuang di tempat sejuk sampai bertunas.

Kemudian tanam pada media tanah yang sudah di campur pupuk. Lakukan perawatan sampai bengkuang siap untuk dipindah ke tempat pembesaran.

2. Persiapan Lahan Tanam

Bengkuang merupakan tanaman yang tidak banyak memerlukan air. Jadi cocok ditanam di kebun atau tanah tadah hujan yang hanya mengandalkan air hujan. Waktu penanaman bibit bengkuang yang tepat adalah pada awal musim hujan.

Cara menanam bengkuang selanjutnya adalah persiapan lahan untuk menanam. Perlu kamu usahakan sebelum menanam bengkuang, lahan terlebih dahulu diolah dengan cara dicangkul atau dibajak sambil menghilangkan gulma. Kemudian buat bedengan dengan lebar 1×20 meter atau disesuaikan dengan keadaan lahan yang ada.

Lalu berikan pupuk kandang atau kompos sebanyak 4 karung, dolomit 5 kg, Za 3 kg, SP 36  kg dan KCL 0,5 kg. Cara pemberiannya yaitu ditaburkan pada barisan yang akan ditanami bengkuang dengan tujuan agar lebih hemat dan efisien.

3. Jarak Tanam Bengkuang yang Ideal

Buat bedengan itu dengan jarak antara 40 sampai 50 cm. Jarak bedengan ini untuk mempermudah akses perawatan tanaman bengkuang. Dan untuk jarak tanamnya gunakan 20 x 20 cm saja.

4. Cara Menanam Bengkuang

Walaupun bengkuang termasuk tanaman yang tahan terhadap kekeringan. Tak ada salahnya jika kamu melakukan cara menanam bengkuang ditambah dengan merawatnya supaya hasilnya melimpah.

  • Lakukan penyiraman secukupnya bila dirasa cuaca terlalu exstrim. Jika kebanyakan air bengkuang akan layu dan mati.
  • Umumnya setelah berumur 2 minggu batang akan tumbuh dan mulai menjalar. Ketika sudah seperti ini lakukan penyiangan dan penyulaman jika ada tanaman bengkoang yang tidak tumbuh.

Penyulaman sebaiknya memakai kacang tanah karena kacang tanah dipercaya dapat memperkaya nitrogen dalam tanah. Jika dengan tanaman bengkuang yang baru  kemungkinan pertumbuhannya tidak dapat mengejar tanaman yang lainnya.

  • Saat bengkuang berumur 3 minggu lakukan pemupukan tambahan dengan kompos kering atau sekam ayam. Satu bedengan bisa memerlukan sekitar 20 kg pupuk. Tetapi jika tanaman tumbuh subur kurangi pemberian pupuk untuk menghemat biaya.
  • Terdapat 3 fase dalam proses pengguntingan pucuk daun dan bunga. Yaitu pada bulan pertamaa, bulan kedua dan 3,5 bulan. Pada penguntingan pertama akan muncul banyak tunas baru.

Pengguntingan kedua dilakukan jika bunga dengan batas minimal 80% sudah mekar. Apabila pengguntingan dilakukan pada saat bunga belum mekar akan berengaruh terhadap ukuran umbi dan bentuknya.

Pada umur 3,5 bulan atau fase ketiga lakukan pengguntingan yang terakhir. Gunting semua daun muda dan bunga yang ada diketiak-ketiak daun. Setelah itu cara budidaya tanaman bengkuang dari umbi akan mengalami perkembangan yang sangat cepat.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Bengkuang

Cara menanam bengkuang biasanya tidak banyak menjumpai hama dan penyakit. Tapi harus tetap berhati-hati dengan timbulnya bercak daun, tungau daun merah dan kumbang. Untuk mengatasinya lakukan rotasi tanaman, pengolahan tanah yang baik, dan pemilihan bibit yang bagus.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Bengkuang

Berikut ini beberapa harga bibit dan harga jual bengkuang di toko online.

Nama Harga Sumber
Bibit Bengkuang Unggulan De’ Coral Rp7.900 https://shopee.co.id/product/69416451/4634585366?smtt=0.308609126-1602902666.9
20 Benih Bengkuang Rp3.500 https://shopee.co.id/product/164192537/5716155817?smtt=0.308609126-1602902727.9
Bengkuang 500 gr Rp5.000 https://shopee.co.id/product/202772713/6418162054?smtt=0.308609126-1602902812.9

 

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Buah Bit

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Blueberry

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Timun

Irma Citama Irma Citama
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *