Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Bawang Putih

2 min read

cara menanam bawang putih

Cara menanam bawang putih bisa dilakukan melalui pot maupun polybag, namun juga bisa ditanam pada lahan. Karena dinilai menjadi rempah yang selalu dibutuhkan dalam setiap masakan maka kebutuhan akan bawang putih ini tidak ada habisnya. Oleh sebab itu cara budidaya bawang putih dari awal banyak dicari oleh masyarakat yang ingin menanam rempah tersebut.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang cara bercocok tanam bawang putih untuk skala kecil atau skala rumah tangga. Sehingga bisa dipraktekkan untuk budidaya bawang putih dengan pot atau polybag. Namun ini juga bisa dijadikan sebagai dasar cara menanam bawang putih untuk skala yang lebih besar.cara budidaya bawang putih dari awal di polybag dataran tinggi

Cara Menanam Bawang Putih

Selain menjadi salah satu rempah yang banyak dicari, bawang putih ternyata juga memiliki berbagai macam khasiat. Diantara khasiat dari bawang putih tersebut bisa dimanfaatkan bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Setelah mengetahui manfaat tersebut, mari simak bagaimana cara menanam bawang putih tersebut.

1. Cara Memilih Bibit Bawang Putih yang Baik

Cara budidaya bawang putih dari awal bisa dilakukan dari memilih bibit bawang putih yang berkualitas. Sebenarnya rempah yang satu ini bisa juga ditanam dari bawang putih itu sendiri. Akan tetapi untuk mendapatkan hasil bawang putih yang lebih baik kami sarankan agar menanam dari bibit saja yang bisa kamu beli di toko tanaman atau membelinya secara online.

Namun apabila membeli bibit bawang putih secara online pastikan kamu membeli pada toko online terpercaya yang memiliki integritas baik pada toko yang dimilikinya.

2. Persiapan Media Tanam Bawang Putih

Cara menanam bawang putih yang kedua adalah dengan menyiapkan siung bawang putih yang masih fresh. Bawang putih yang digunakan bisa yang sudah bertunas maupun tidak bertunas. Jika memilih bawang putih yang bertunas simpan dulu di dalam kulkas sekitar 1 sampai 2 minggu, lalu tunggu hingga kecambahnya tumbuh. Lalu jika memilih yang tidak berkecambah, kupas dulu kulitnya.

Langah kedua yaitu siapkan tanah yang bercampur pasir dan juga pupuk kandang untuk menanam bawang putih. Jangan menanam bawang putih pada tanah liat karena tanah lunak tidak disukai oleh bawang putih. Dan yang terakhir siapkan pot atau polybag sebagai wadah untuk menanamnya.

3. Jarak Tanam Bawang Putih Yang Ideal

Jarak tanam yang idela nyatanya juga berpengaruh pada hasil yang akan didapat saat memanen bawang putih tersebut. Untuk itu jarak tanam yang ideal pada bawang putih yang ditanam di tanah adalah yang diberi pembatas selebar 60-150 cm dengan tinggi 20-50 cm. Namun jika tidak ada lahan yang pas, maka pot atau polybag bisa menjadi alternative yang cocok.

Pada bibit bawang putih itu sendiri pastikan bibit tersebut memiliki ukuran yang sama. Kemudian tanam pada kedalaman tanah 2-3 cm. Jika berat bibitnya lebih dari 1.5 gram berikan jarak tanam sekitar 20×20 cm dengan masing-masing bibitnya berada pada jarak sejauh 4 inci.

4. Cara Menanam Bawang Putih

Melakukan perawatan secara rutin merupakan salah satu cara menanam bawang putih agar mendapatkan hasil yang maksimal. Pastikan tanaman bawang putih tersebut telah tercukupi pasokan airnya dengan memperhatikan kondisi cuaca. Dan pastikan juga tanaman bawang putih telah mendapat sinar matahari yang cukup.

Pada saat awal pertumbuhan bawang putih yang ditanam pada pot lakukan proses penyiraman sehari 2 sampai 3 kali. Namun ketika sudah tumbuh tunas hingga menjadi umbi proses penyiraman bisa dilakukan seminggu hingga dua minggu sekali. Sedangkan memasuki masa panen bawang putih lebih baik hentikan proses pengairannya.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Bawang Putih

Jika berada di tempat yang memiliki empat musim maka waktu menanam bawang putih ini disarankan ketika memasuki musim semi atau musim gugur. Sebelum musim salju dating maka bawang putih bisa ditanam sekitar 6 hingga 8 minggu. Mengapa demikian? Karena bawang putih yang ditanam pada musim gugur akan menghasilkan siung yang lebih besar dari bawang putih yang ditanam di musim lainnya.

Selain itu cita rasa yang dimiliki oleh bawang putih yang ditanam pada musim gugur pun lebih kental jika dibandingkan dengan bawang putih yang ditanam saat musim semi. Waktu yang disarankan jika memang ingin menanam bawang putih saat musim semi adalah saat memasuki Bulan Februari atau Maret.

Oleh sebab itu untuk Negara yang hanya memiliki dua musim saja seperti Indonesia, sering kali petani lokal lebih memilih menanam sayuran lain karena hasil panennya kalah saing dengan hasil tanaman bawang putih impor.

6. Harga Bibit Bawang Putih

Setelah memasuki cara menanam bawang putih yang terakhir maka tibalah pada tahap masa panen bawang putih. Cara memanen bawang putih ini tergantung pada masa panennya yang bergantung pada varietas masing-masing bawang putih tersebut. Pada umumnya masa panen bawang putih yang dibutuhkan sekitar 90 hingga 120 hari.

Harga bibit dari bawang putih pun tergolong lebih mahal jika dibandingkan dengan harga produk bawang putih itu sendiri. Jika saat ini harga produk bawang putih dari petani Rp25.000-Rp28.000 per kg. Maka harga bibitnya bisa mencapai Rp30.000-Rp35.000.

Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Bunga Lawang

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Ketumbar

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Daun Pandan

Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *