Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Bawang Merah

2 min read

cara menanam bawang merah

Cara menanam bawang merah bisa dilakukan oleh pemula di polybag atau pot di halaman rumah. Bawang merah atau dalam bahasa latinnya disebut Allium cepa L menjadi salah satu jenis bumbu dapur yang paling sering digunakan untuk menambah cita rasa dalam setiap masakan. Jadi menurut Nonatani, bercocok tanam bawang merah sendiri akan membuat tidak ketergantungan dengan harga yang sering melonjak naik.

Karena kebutuhan akan bawang merah ini tidak pernah surut harusnya petani lokal memanfaatkan momen ini untuk menanam bawang merah. Jika kualitas bawang merah lokal baik, hal tersebut juga bisa berpengaruh untuk mengurangi kegiatan import bawang merah oleh Pemerintah Indonesia. Selain itu cara bercocok tanam bawang merah di pot bisa menjadi alternatif yang pas bagi pemula. Simak cara menanam bawang merah ini ya.cara budidaya bawang merah di pot polybag dataran tinggi

Cara Menanam Bawang Merah

Di musim pandemi seperti saat ini, menanam bawang merah sendiri di rumah akan membantu mengurangi kebutuhan belanja harian. Pasalnya kebutuhan akan bawang merah memang tidak bisa dikurangi. Jadi tidak ada salahnya jika mencoba menanam sendiri bawang merah agar ketika harga di pasaran melambung tinggi maka kamu tidak merasa kebingungan.

1. Cara Memilih Bibit Bawang Merah yang Baik

Cara menanam bawang merah yang pertama adalah dengan memperhatikan kualita bibit yang akan ditanam. Pasalnya bawang merah ini memiliki jenis yang beragam, mulai dari benih lokal hingga import. Pastikan kamu memilih jenis benih dengan kualitas terbaik.

Namun kebanyakan petani bawang merah menggunakan umbi untuk dijadikan benih. Umbi tua yang ditanam di dataran rendah lebih dari 80 hari dan yang ditanam di dataran tinggi dengan usia 100 hari akan menghasilkan bawang merah yang baik. Untuk memastikan hal tersebut lebih baik langsung datang ke petani bawang merah atau ke kios tempat penjualan benih.

Selain itu ciri-ciri benih yang baik adalah yang telah disimpan 2 hingga 3 bulan dengan ukuran benih mencapai 1,5 cm hingga 2 cm. Untuk fisiknya sendiri tidak ada kecacatan dan memilik warna merah tua yang mengkilap.

2. Persiapan Lahan Media Tanam Bawang Merah

Cara budidaya bawang merah di polybag tentu menjadi alternatif yang pas bagi pemula yang tidak mempunyai lahan yang luas. Namun bagi yang memiliki lahan, buatlah bedengan berupa gundukan tanah selebar 1 atau 1,2 meter. Kemudian beri jarak antar bedengan sekitar 50 cm. lalu tanam benih yang sudah disediakan tersebut pada bedengan yang telah dibuat.

3. Jarak Tanam Bawang Merah Yang Ideal

Memperhatikan jarak tanam merupakan salah satu cara menanam bawang merah yang wajib dilakukan agar antar tanaman bawang merah memiliki cukup ruang untuk tumbuh dan bergerak dengan leluasa. Jika berat umbi bawang merah sebesar 5 gram maka jarak tanam yang diperlukan berukuran 20 x 20 cm dengan jumlah benih sebanyak 1,4 ton per hektarnya.

Namun jika benih yang akan ditanam sebanyak 2,4 ton per hektar maka diperlukan jarak tanam dengan ukuran 15 x 15 cm untuk ukuran umbi yang sama yaitu 5 gram.  Jika ingin menanam bawang merah hanya untuk kebutuhan sehari-hari maka kamu bisa menanamnya pada pot atau polybag dengan mengetahui cara budidaya bawang merah di polybag dan cara bercocok tanam bawang merah di pot.

4. Cara Menanam Bawang Merah

Cara menanam bawang merah dengan merawatnya menjadi faktor penting yang wajib dilakukan. Akan percuma jika menanam bawang merah tanpa melakukan perawatan yang maksimal. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

  • Beri pupuk secara rutin, mulai dari memberi pupuk mendasar (sebelum menanam bawang merah) hingga pupuk susulan (dimulai dari hari ke-10 hingga satu bulan terhitung dari penanaman bibit bawang merah).
  • Lakukan penyiraman selama 2 kali sehari saat bibit masih berusia 0 hingga berumur 10 hari. Ketika usia bibit sudah lebih dari 10 hari penyiraman bisa dilakukan sekali saja pada saat sore atau pagi hari.
  • Lakukan penyiangan lahan dari tanaman pengganggu dan bersihkan daun-daun bawang merah yang mulai mongering.
  • Agar terhindar dari penyakit gunakanlah pestisida atau tanaman obat lainnya.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Bawang Merah

Salah satu faktor yang menjadi pemicu kegagalan bawang merah adalah tanah yang kurang subur dan gembur dengan kdar Ph yang kurang atau lebih dari angka 7. Jika kamu menanam di tanah yang bukan berjenis lempung berdebu atau lempung berpasir maka bawang merah akan kesulitan untuk tumbuh.

6. Harga Bibit Bawang Merah

Cara menanam bawang merah yang terakhir adalah dengan mengetahui harga pasar tanaman bawang merah tersebut.

  • Harga 100 benih bawang merah lokananta Rp 8.000
  • Harga benih bibit bawang merah Rp 6.000 – Rp 12.000
  • Harga bibit seeds sayur bawang merah Rp 10.000
  • Harga bibit bawang merah lokananta Rp 10.000
  • Harga bibit bawang merah varietas bima Rp 55.000
  • Harga bibit bawang merah tuk-tuk – panah merah Rp 11.500
  • Harga benih bawang merah Rp 2.500
  • Harga benih tanaman onion red burgundy Rp 12.000
  • Harga bibit bawang merah tuk-tuk 50 butir Rp 7.500
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Bunga Lawang

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Ketumbar

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Daun Pandan

Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *