Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Bawang Bombay

2 min read

cara menanam bawang bombay

Cara menanam bawang Bombay bisa dilakukan dari rumah untuk mengisi waktu luang. Kegiatan budidaya bisa dilakukan murid sekolah, pekerja baik karyawan swasta maupun buruh, pokoknya semua saja bisa mencoba. Hal tersebut bisa dimanfaatkan dengan bercocok tanam bawang Bombay agar lebih menghasilkan.

Nonatani akan membahas cara merawat bawang bombay ini untuk skala rumahan, baik di pot, polybag maupun di pekarangan rumah. Namun bisa juga diterapkan sebagai dasar untuk cara menanam bawang bombay skala yang lebih besar.cara budidaya bawang bombay di pot polybag

Cara Menanam Bawang Bombay

Dikenal sebagai bawang Bombay karena tanaman ini memang berasal dari Bombay, India. Bawang Bombay ini juga masuk dalam kategori yang sama dengan bawang merah maupun bawang putih. Bedanya bawang Bombay memiliki ukuran yang lebih besar sedangkan lapisan kulit luarnya sendiri juga lebih tebal. Sedangkan untuk cara menanam bawang Bombay sendiri tidak begitu sulit.

1. Pemilihan Bibit Bawang Bombay

Pemilihan bibit unggul menjadi cara budidaya bawang Bombay yang pertama. Pembibitan tersebut dapat dilakukan melalui cara generatif umbi. Pilih bawang Bombay yang terlihat segar dan sehat tanpa adanya tanda-tanda kecacatan fisik serta umbinya berukuran besar.

2. Media Tanam Bawang Bombay

Cara menanam bawang Bombay yang kedua adalah menyiapkan lahan yang akan digunakan sebagai media tanam bawang Bombay tersebut. Langkah pertama untuk membuat media tanam bawang Bombay adalah dengan melakukan penggemburan tanah. Hal tersebut bertujuan agar unsur hara yang terkandung di dalam tanah dapat tersebar rata. Penggemburan tanah bisa dilakukan menggunakan cangkul atau menggunakan cara modern.

Cara budidaya bawang Bombay selanjutnya yaitu melakukan pemupukan dasar agar bawang Bombay tetap mendapat pasokan unsur hara yang tercukupi dari awal pertumbuhan hingga masa panen. Berikan pupuk organik seperti pupuk kompos atau pupuk kandang dan jangan menambahkan pupuk anorganik karena pupuk yang mengandung bahan kimia membuat cita rasa bawang Bombay kurang menarik. Cara melakukan pemupukan tersebut adalah:

  • Buatlah lubang sedalam 20 cm dengan bentuk memanjang mengikuti alur tanam.
  • Tambahkan pupuk organik dengan menaburkannya pada alur lubang tanam.
  • Kemudian cacah tanah yang sudah ditaburi pupuk organik agar tercampur merata.
  • Tutuplah lubang tanam dengan menambahkan tanah di atasnya hingga membentuk bedengan.
  • Bedengan tidak perlu dilapisi plastik mulsa. Buat bedengan selebar minimal 80 cm dan tingginya sekitar 15-20 cm.

3. Jarak Tanam Bawang Bombay Yang Ideal

Cara tanam bawang Bombay di pot bisa menjadi alternatif yang pas bagi kamu yang belum memiliki lahan. Namun penanaman juga bisa dilakukan di lahan rumah meskipun lahan yang akan digunakan tidak begitu luas.

Ketika bawang Bombay sudah memiliki tunas berati bibit tersebut sudah dapat dipindahkan ke pot atau polybag. Tanam bibit bawang Bombay tersebut pada kedalaman 2-3 cm. Setelah cara tanam bawang Bombay di pot menghasilkan tunas berukuran 5-10 cm, pindahkan bibit tersebut ke bedengan dengan membuat lubang tanam bedengan berukuran 20 x 20 cm.

4. Cara Menanam Bawang Bombay

Cara menanam bawang Bombay selanjutnya adalah melakukan teknik perawatan yang baik dan benar. Cara yang pertama yaitu melakukan penyiraman secara rutin agar suplai air pada tanaman bawang Bombay tetap terjaga. Jika umbi berukuran lebih kecil maka itu tandanya tanaman tersebut kekurangan suplai air. Namun jangan melakukan penyiraman secara berlebihan karena juga tidak baik baik pertumbuhan bawang Bombay itu sendiri.

Cara yang kedua yaitu dengan melakukan penyiangan secara rutin karena bedengan tersebut tidak diberi mulsa. Sehingga kemungkinan besar tanaman bawang Bombay dapat diganggu oleh hama atau tanaman liar. Dengan melakukan penyiangan secara rutin maka dapat meminimalisir gangguan yang diakibatkan perebutan unsur hara oleh tanaman lainnya.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Bawang Bombay

Meskipun sudah mengikuti tips-tips di atas secara teratur, akan tetapi kegagalan tetap saja bisa terjadi. Hal tersebut bisa saja terjadi karena serangan hama yang seringkali membuat petani bawang Bombay merugi. Biasanya hama jamur pathogen, orong-orong dan uret menjadi hama yang sering menyerang bawang Bombay.

Namun hal tersebut bisa diatasi dengan menyemprotkan larutan pestisida, insektisida dan bakterisida sesuai dengan jenis hamanya. Selain adanya hama, penyebab kegagalan lainnya yang sering terjadi adalah kondisi tanaman bawang Bombay tersebut yang terpapar sinar matahari secara langsung kurang dari 10 jam sehari. Harusnya tanaman bawang Bombay mendapat paparan sinar matahari langsung minimal 10 jam perhari.

6. Harga Jual Benih dan Bibit Bawang Bombay

Akhir dari cara menanam bawang Bombay adalah cara yang paling ditunggu-tunggu oleh semua petani. pada masa panen yang menghasilkan bawang Bombay dalam kondisi sehat dan segar merupakan hal yang paling menyenangkan. Dengan begitu harga jualnya pun bisa stabil sehingga petani mendapat hasil pasar yang baik. Berikut ini list harga benih bawang Bombay yang perlu diketahui.

  • Benih bibit bawang Bombay Utah yellow sweet Rp 12.000
  • Biji benih bawang Bombay Rp 500
  • Paket 10 benih bawang Bombay Utah yellow sweet Rp 195.000
  • Isi 10 benih bawang Bombay Rp 12.000
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Bunga Lawang

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Ketumbar

Hendrasap
3 min read

Cara Menanam Daun Pandan

Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *