Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Bambu

2 min read

cara menanam bambu

Cara menanam bambu tidak sesulit yang dibayangkan jika mendapatkan panduan baik dari media digital maupun media cetak. Dengan melihat panduan yang ada maka penanamannya akan lebih mudah untuk dilakukan.

Nah kali ini Nonatani akan membahas tentang cara budidaya bambu. Meskipun gambar di bawah ini adalah bambu petung, tetapi metode ini bisa diterapkan untuk cara menanam bambu berbagai macam jenis tanaman bambu, misalnya bambu gading atau bambu jepang.cara budidaya bambu agar cepat besar dan banyak

Cara Menanam Bambu

Bagian tanaman bambu yang dimanfaatkan adalah batangnya, sama halnya dengan tanaman tebu. Bedanya jika batang tebu lunak dan berair, lain halnya dengan batang bambu yang keras, berongga dan mengandung sedikit air. Bambu bisa diolah menjadi makanan, bahan bangunan, tekstil, komponen tekstil hingga obat-obatan. Semakin banyak manfaat yang didapat maka cara menanam bambu semakin banyak diburu.

1. Pemilihan Bibit Bambu

Pengelompokkan jenis bambu dibagi menjadi 3 yaitu, bamboo buluh jarang, bambu berjajar dan bambu berumpun. Namun jenis-jenis bambu yang sering ditemukan di Indonesia antara lain bambu pring ori, bambu duri, bambu pagar, bambu cendani, bambu embong, bambu tutul, bambu hitam, dan masih banyak lagi.

Cara menanam bambu menggunakan metode stek lebih disukai karena lebih cepat, ekonomis dan sederhana. Untuk memulai proses stek, langkah pertama pilihlah tanaman muda yang berusia 1-2 tahun karena tanaman muda memiliki tingkat kelangsungan hidup lebih tinggi. Lalu pilih batang dengan kematangan menengah dan potong batang tersebut dari cabang utama sepanjang 30 cm. Selanjutnya rendam batang selama 24 jam ke dalam cairan pengatur hormon pertumbuhan. Untuk mencegah pengeringan tutuplah bagian ujung batang.

2. Pengolahan Lahan Budidaya Bambu

Cara menanam bambu selanjutnya tanamlah batang yang ingin distek ke dalam bedengan, lalu timbun dengan tanah sedalam 8-10 cm. Pada 3 bulan pertama siram tanaman 3 hari sekali agar pertumbuhan akarnya lebih cepat. Jika mulai tumbuh anakan, kamu bisa memisahkan anakan dari induknya untuk ditanam kembali. Anakan tersebut adalah bibit baru yang siap ditanam.Sebelum penanaman dilakukan, bersihkan lahan dari batu atau tanaman liar yang berpotensi mengganggu tanaman bambu.

Jika sudah selesai, pasanglah ajir dengan ukuran yang sesuai dengan jarak tanam. Apabila tujuan penanaman untuk menghasilkan bagian rebung, buatlah lubang tanam berukuran 50 x 50 x 75 cm. Akan tetapi jika penanaman bertujuan untuk menghasilkan buluh maka lubang tanam harusnya berukuran 150 x 150 x 75 cm. Kemudian masukkan serasah atau rumput babatan hingga memenuhi seluruh bagian lubang tanam, lalu timbun dengan tanah bekas galian. Diamkan selama 3-4 bulan hingga lubang tanam siap ditanami bibit.

3. Jarak Tanam Bambu Yang Ideal

Meskipun jenis-jenis bambu cukup banyak namun jarak tanamnya dibedakan menjadi 2. Untuk bambu besar yang digunakan untuk industri berikan jarak 6 x 6 m sedangkan untuk bambu sedang jarak tanamnya berkisar 5 x 5 m. Penanaman bambu dibutuhkan lahan yang cukup luas agar mendapatkan hasil panen yang banyak mengingat jarak tanam yang dibutuhkan cukup lebar.

4. Cara Menanam Bambu

Sebaiknya penanaman dilakukan pada saat musim hujan untuk mengurangi intensitas penyiraman tanaman. Jadi ketika memasuki musim kemarau tanaman sudah tumbuh dengan baik. Sebelum tanaman berusia 1 bulan lakukan penyulaman apabila ditemukan tanaman yang cacat segera ganti dengan tanaman baru. Cara budidaya bambu selanjutnya berikan pupuk Urea : TSP : KCL dengan perbandingan 1 : 2 : 1 jika ketiga bahan tersebut dicampur akan menghasilkan berat pupuk sebesar 0,5 kg. Pemupukan bisa dilakukan sesuai dengan kondisi dan kesuburan tanah. Pada umumnya pemupukan dilakukan 2 kali dalam setahun.

Satu bulan kemudian lakukan penyiangan dengan membersihkan areal sekitar tanaman dari gulma yang bisa menghambat pertumbuhan bambu. Apabila rumpun sudah berusia lebih dari 4 tahun, berikan pupuk 2 kg per rumpunnya untuk meningkatkan kualitas bambu. Masa panen dilakukan ketika tanaman berusia 5-7 tahun tergantung dengan jenis bambu yang ditanam.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Bambu

Cara budidaya bambu biasanya akan terserang hama yang menyebabkan kegagalan tanam. Karena bambu mengandung zat pati sebesar 4-20% yang disukai oleh kumbang bubuk, maka hama inilah yang menyerang bambu muda berusia 1-2 minggu. Bambu dengan rongga besar rentan terserang hama kumbang bubuk, cara menangkalnya yaitu dengan menentukan waktu panen. Untuk menghindari hama tersebut pemanenan bisa dilakukan pada mangsa ke 9 atau pada bulan Maret. Penebangan bisa dilakukan di atas jam 12 siang karena pada saat itu zat pati dalam bambu masih rendah.

6. Harga Bibit Dan Harga Jual Bambu

Jika tata cara menanam bambu sudah dilakukan dengan runtut, maka saatnya mengetahui harga bambu. Semakin berkualitas maka harga semakin bagus.

Kelompok bambu Harga Sumber
Tanaman bambu jepang Rp 7.000 https://www.tokopedia.com/find/tanaman-bambu-jepang
Tanaman bambu kuning mini Rp 55.000 https://www.tokopedia.com/find/tanaman-bambu-jepang
Bibit batang tanaman bambu jepang Rp 23.000 https://www.tokopedia.com/find/tanaman-bambu-jepang
Pohon bambu jepang Rp 6.500 https://www.tokopedia.com/find/tanaman-bambu-jepang
Bibit bambu jepang mikro Rp 20.000 https://www.tokopedia.com/find/tanaman-bambu-jepang

 

Irma Citama
Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Kayu Sengon

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Cara Menanam Karet

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Tanaman Industri

Irma Citama Irma Citama
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *