Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Cara Menanam Alfalfa

2 min read

cara menanam rumput alfalfa

Cara menanam alfalfa yang tergolong tanaman leguminose dari Negara subtropik seperti Asia Tengah tidaklah mudah. Maklum, daerah asalnya berbeda jauh dengan kondisi di Indonesia. Nama lain dari rumput alfalfa ini adalah Medicago sativa banyak ditemukan di Negara China, Eropa dan Amerika. Namun sekarang tanaman ini sudah banyak juga dibudidayakan oleh petani Indonesia.

Ada beberapa cara budidaya rumput alfalfa yang bisa kamu coba seperti penjelasan Nonatani berikut ini. Penjelasan ini sebagai dasar cara menanam Alfalfa saja, bukan sebagai pathokan pasti.cara budidaya rumput alfalfa

Cara Menanam Alfalfa

Untuk mengetahui cara menanam rumput alfalfa kamu harus mengetahui harga jual bibit rumput alfalfa terlebih dahulu. Selain itu pikirkan juga potensi akan keberhasilan mengembangkan bisnis bercocok tanam rumput alfalfa tersebut.

Rumput alfalfa ini sendiri bermanfaat sebagai pakan kesehatan, pupuk organik, dan juga bisa digunakan untuk pakan ternak untuk kambing, kuda, sapi perah dan sapi potong yang baik bagi hewan ternak karena kaya akan sumber nitrogen dan juga nutrisi.

1. Pemilihan Bibit Alfalfa yang Baik

Hal pertama dari cara menanam rumput alfalfa yang perlu diterapkan adalah memilih bibit dengan kualitas terbaik. Cari tempat jual bibit rumput alfalfa terpercaya agar terhindar dari penipuan yang berkedok benih rumput alfalfa unggulan.

Untuk mengetahui apakah benih tersebut baik atau tidak, pilih benih rumput alfalfa yang berwarna putih. Hindari membeli bibit alfalfa secara online, hal tersebut bertujuan untuk menhindari penipuan yang sering dilakukan oleh pedagang online. Jika kamu membelinya secara langsung paling tidak fisi dari benih tersebut dapat diperiksa terlebih dahulu baik atau tidaknya.

2. Persiapan Lahan Media Tanam Alfalfa

Cara budidaya rumput alfalfa di ladang, hal pertama yang harus dilakukan adalah menggemburkan tanah lalu melakukan penyemprotan menggunakan pestisida organik. Setelah itu diamkan selama satu hari agar cairan pestisida yang disemprotkan menyerap ke dalam tanah. Jika sudah satu hari, langkah selanjutnya tinggal melakukan pemupukan menggunakan pupuk kandang yang sudah difermentasi.

Cara menanam rumput alfalfa selanjutnya buat guludan setinggi 30 cm dan lebarnya sekitar 1 meter. Dengan ukuran setinggi 30 cm tersebut bagi menjadi 2 bagian, dengan bagian bawah sebesar 2/3 untuk lapisan pupuk dan bagian atasnya sebesar 1/3 untuk lapisan tanahnya. Diamkan selama satu minggu setelah itu lahan siap ditanami benih.

3. Jarak Tanam Alfalfa Yang Ideal

Pada dasarnya cara budidaya rumput alfalfa di ladang ini juga memiliki jarak tanam yang ideal  seperti kebanyakan tanaman lainnya. Jika sudah mengetahui harga jual bibit rumput alfa di pasaran dan mendapat benih kualitas terbaik maka langkah selanjutnya melakukan penanaman bibit tersebut.

Bibit rumput alfalfa ini tidak dapat tumbuh pada kedalaman lebih dari 1 cm. Oleh sebab itu pastikan bibit yang kamu tanam berada pada kedalaman kurang dari 1 cm. untuk jarak tanamnya sendiri sekitar 1 hingga 2 cm dalam setiap barisan sehingga jarak antar satu tanaman dengan tanaman lainnya sangat rapat.

4. Cara Menanam Alfalfa

Cara menanam rumput alfalfa yang keempat yaitu memperhatikan teknik perawatan yang baik dan benar. Lakukan penyiraman tanaman secukupnya saja sekitar sehari sekali pada pagi atau sore harinya. Periksa juga kondisi lingkungan sekitar apakah ada tanaman penganggu yang tumbuh liar di dekat tanaman rumput alfalfa. Jaga kelembapan tanaman, dengan cara saat melakukan persemaian dapat menutupinya menggunakan mulsa tipis seperti jerami padi.

Lakukan pemupukan susulan menggunakan pupuk cair dengan komposisi setara 1 tutup botol yang dilarutkan pada 1 liter air. Pemupukan cair dapat dilakukan setiap satu minggu sekali. Jangan lupa juga untuk memupuk tanah ketika rumput alfalfa telah berusia 2 tahun. Dosis yang diperlukan untuk pemupukan pada tanah setengah dari pemupukan awal.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Alfalfa

Sebelum bercocok tanam rumput alfalfa ini ada baiknya mengetahui apa saja syarat tumbuh rumput tersebut untuk meminimalisir tingkat kegagalan dalam bertani. Tanaman alfalfa sebenarnya dapat tumbuh dengan baik di wilayah dengan ketinggian 600 mdpl dengan suhu yang berkisar antara 20 hingga 30 derajat Celsius.

Tanah yang gembur dan berpasir dengan kisaran PH 5-7 lebih disukasi oleh rumput alfalfa. Setelah tumbuh dewasa tanaman ini lebih tahan dengan kondisi yang kering karena panjang akar mencapai 3 cm. Jadi jika dalam proses penanaman terjadi kendala atau mengalami kegagalan besar kemungkinan kamu tidak mencukupi syarat tumbuh rumput alfalfa seperti yang sudah dijelaskan di atas.

6. Harga Bibit Alfalfa

Cara menanam rumput alfalfa yang terakhir adalah menjual hasil panen rumput alfalfa tersebut. Pada proses pemanenan yang pertama ketika rumput alfalfa telah berumur 51 hari. Sedangkan untuk pemanenan yang kedua ketika rumput berumur 35 hari, dan untuk pemanenan ketiga dan seterusnya ketika rumput berumur 21 hari.

Harga jual bibit rumput alfalfa sendiri bermacam-macam, untuk harga bibit rumput alfalfa berkisar mulai dari Rp 12.000 hingga Rp 25.000 per 10 gram.

Irma Citama Penikmat sesruput air putih. Menjadi content creator di Nona Tani.

Rumput Pakan Kambing

Hendrasap
3 min read

Rumput Gama Umami

Hendrasap
2 min read

Rumput Benggala

Hendrasap
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *