Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Adas

2 min read

cara menanam adas

Cara menanam adas sendiri merupakan cara yang baik untuk menambah citarasa rempah pada masakan yang anda buat. Ada 2 cara untuk menanam adas yaitu menanamnya di ruangan terbuka dan menanamnya di ruangan tertutup. Tahukan anda dengan tanaman adas ? Adas adalah sejenis tanaman herbal yang biasanya digunakan sebagai campuran pembuatan minyak telon. Selain itu adas juga digunakan untuk bumbu dapur.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang cara budidaya tanaman adas. Cara menanam adas ini cukup sederhana, meskipun tidak banyak yang mencari.cara budidaya tanaman adas di pot

Cara Menanam Adas

Selain beberapa kegunaan tadi, cara menanam adas juga berbagi informasi manfaat adas untuk obat batuk, memperlancar persalinan, mengurangi rasa nyeri saat haid. Untuk itu mari menanam adas dengan beberapa tahapan seperti berikut.

1. Pemilihan Bibit Adas

Sebelum menentukan bibit yang akan anda tanam, anda harus mengetahui jenis adas yang akan ditanam dan bagian mana yang akan digunakan untuk pembuatan obat herbal atau bumbu dapur.

  • Adas Rempah. Ades jenis ini biasannya ditanam untuk mendapatkan daun dan bijinya untuk dijadikan bumbu masakan
  • Ades Sowa. Ades ini mempunyai bunga warna kuning dan merupakan herbal tahunan
  • Ades Florance. Ades ini ditanam untuk dipanen batangnya yang berupa umbi untuk dijadikan makanan
  • Ades Pedas. Ades ini ditanam untuk diambil bijinya yang dipergunakan sebagai campuran pembuatan minyak telon.
  • Ades Manis. Ades jenis ini ditanam untuk dijadikan sebagai bumbu dapur.

Tanaman adas bisa hidup didataran rendah dengan ketinggian mencapai 1800 mdpl, tetapi supaya lebih subur lagi tanaman adas sebaiknya ditanam di dataran tinggi. Adas akan tumbuh subur bila tanahnya mengandung kapur, lempung, liat dan pasir. Serta pengairan secara teratur dan mengandung ph 6,5-7

Jika daerah anda memiliki sumber daya seperti itu saya sarankan supaya anda mempelajari cara budidaya adas dengan benar. Karena tanam ini merupakan komoditas exspor. Bibit/benih adas dapat dibeli ditoko online terpercaya.

2. Persiapan Lahan Tanam

Agar cara menanam adas dapat berjalan dengan baik maka harus melakukan persiapan segala kebutuhan tanam hingga pemanenan. Salah satunya dengan mempertimbangkan lahan tanam adas baik ditanam di ruangan tertutup atau ruangan terbuka seperti yang saya paparkan diawal.

Bila anda memiliki lahan yang sempit, anda bisa menanam adas didalam ruangan dengan media tanam polybag. Cara menanam adas pulowaras bisa ditanam dipolybag menggunakan metode perbanyakan stek batang.

Potong batang adas yang sudah tua kurang lebih 20 cm dari bawah. Siapkan media tanam tanah yang sudah dicampur pupuk kadang/kompos. Ambil batang tadi lalu tancapkan pada tanah dalam polybag yang sudah disiapkan dan siramlah dengan air. Tempatkan di ruangan yang sejuk kurang terkena sinar matahari.

Penanaman juga bisa dilakukan dengan tahap peyemaian biji seperti adas sowa bahkan bisa manam langsung menggunakan bijinya. Jika anda ingin melakukan cara budidaya adas sekala besar. Anda bisa menanamnya diruangan terbuka dengan lahan yang memadahi.

3. Jarak Tanam Yang Ideal

Anda bisa menanam adas dengan jarak 25 cm antara tanaman 1 dengan yang lain. Jarak ini digunakan pada penanaman adas diluar ruangan. Anda juga bisa menanam adas sebagai hiasan taman atau pagar jalan tentunya dengan jarak yang rapat sesuai selera masing-masing.

4. Cara Menanam Adas

Cara memelihara adas tidak begitu sulit. Cukup melakukan penyiraman sebanyak 2×1 hari. Tanaman adas cukup jarang terserang hama dan penyakit.

Jika anda menanam adas untuk diambil umbinya, maka harus melakukan peninggian atau penimbunan tanah supaya umbi yang terlihat keluar tetap putih dan rasanya manis. Lakukan cara memelihara adas dengan benar supaya menghasilkan umbi atau bagian lain yang bagus.

5. Penyebab Kegagalan Cara Menanam Adas

Akar adas bisa busuk karena terlalu banyak menyiramnya maka cukup sampai tanahnya basah saja. Jangan menanam adas ditempat yang sudah ditanami tumbuhan lain seperti jinten dan tumbar, karena tanam ini dapat menghalangi adas tumbuh.

Adas ini dapat tumbuh tinggi mencapai 1,5 m. Jika tidak diberikan ajiran untuk menopang berdi tegak, batang adas bisa putus.

6. Harga Bibit Dan Harga Jual Adas

Tanaman adas modern ini memang sudah banyak peminatnya. Adas memiliki banyak manfaat dan kegunaan, tak jarang alasan tersebut membuat orang tertarik untuk mengetahui cara menanam adas dengan benar.

Adas sudah banyak dijual ditoko online sehingga memudahkan anda untuk membeli bibit, benih, hingga produk-produk dari tanam adas ini. Berikut ini harga-harga adas.

 

AdasHargaSumber
Bumbu Dapur Adas 50GRp7.000https://tokopedia.link/OdGz2ZtKz9
Bibit Tanaman Hidup Obat AdasRp25.000https://tokopedia.link/DfHFLTxKz9
Adas ManisRp9.900https://tokopedia.link/RjwuXOEKz9

 

Minyak adas  herbal manisRp41.700https://tokopedia.link/N0192AIKz9
Obat Herbal Adas PulosariRp25.000https://tokopedia.link/uGfx1HLKz9
 Benih / Bibit / Biji – Daun Dill / Adas Manis / Adas SowaRp350https://tokopedia.link/WfQHxeSKz9
 [200 gram] Biji Adas Pedas / Foeniculum vulgareRp10.000https://tokopedia.link/ZWZexc2Kz9
Bibit Tanaman Adas Pagar – Pohon Daun Adas PedasRp19.000https://tokopedia.link/svRZ7W3Kz9

 

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menanam Daun Dewa

Irma Citama Irma Citama
2 min read

Cara Menanam Gambir

Irma Citama Irma Citama
2 min read

Tanaman Toga

Irma Citama Irma Citama
7 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *