Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Bunga Lawang

3 min read

bunga lawang

Bunga lawang atau Illicium verum merupakan salah satu rempah untuk menyedapkan makanan. Tanaman rempah ini berasal dari Tiongkok kemudian populer pada abad ke-17 setelah diperkenalkan di Eropa. Rempah satu ini memiliki bau yang khas dan kuat, selain itu rasanya mirip dengan adas manis.

Kali ini Nonatani akan membahas tentang salah satu tanaman rempah yang bentuknya unik seperti bintang. Pembahasan Bunga Lawang ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Terdapat beberapa informasi penting yang akan aku bagikan kepada kamu, makanya yuk simak sekarang juga!

cara menanam bunga lawang

Bunga Lawang

Negara Indonesia terkenal dengan produsen rempah tertinggi. Banyak rempah ada di negara kita ini salah satunya adalah kembang lawang atau pekak ini. Rempah satu ini banyak digunakan pada masakan tradisional china.

1. Ciri-ciri Bunga Lawang

Tanaman Bunga lawang sebenarnya bukanlah bunga yang indah pada umumnya. Namun merupakan buah dari tanaman rempah. Untuk lebih detailnya aku akan menjelaskan satu persatu beberapa bagian tumbuhan rempah satu ini.

  • Batang

Batang tanaman pekak bisa tumbuh sampai 8 meter dengan kebutuhan nutrisi yang tercukupi. Ukuran pohon tanaman rempah satu ini memang terlihat kecil. ketika sudah bercabang akan tumbuh ranting-ranting kecil yang banyak seperti ranting pada tanaman cengkih.

  • Daun

Bentuk daun pekak menyirip dengan warna hijau pekat ketika sudah tua. Daunnya juga mirip dengan daun tanaman cengkih tetapi warna pangkal daun berbeda. Dalam satu ranting pohon pekak akan tumbuh banyak daun sehingga membuatnya rimbun.

  • Bunga

Bunga kembang lawang berwarna kuning. Ukurannya kecil sehingga membuatnya mirip dengan bunga melati. Dalam satu ranting akan tumbuh bunga banyak kemudian berubah menjadi buah kembang lawang.

  • Buah

Bentuk kembang lawang memang seperti bintang sehingga ada yang menyebutnya star anise. Pada bagian buah inilah nantinya akan dipanen dan dijadikan rempah untuk bumbu masakan. Buah dipanen sebelum menjadi ranum lalu dikeringkan dengan sinar matahari. Bentuk kembang lawang berwarna gelap dan memiliki bau yang wangi.

  • Biji

Tanaman pekak ini berkembang biak dengan menggunakan biji. Bijinya berukuran sangat kecil dan berwarna coklat ketika buah sudah matang. Masing masing kelopak buah kembang lawang terdapat biji di dalamnya.

2. Kandungan Bunga Lawang

Kembang lawang memiliki banyak sekali kandungan yang baik untuk tubuh. Sehingga membuat masyarakat china memanfaatkan pekak tidak hanya sebagai bumbu masakan tetapi digunakan juga untuk ramuan tradisional.

Minyak Astiri

Minyak astiri banyak yang mengenalnya dengan minyak aromatik. Aroma pekak yang khas itu menandakan bahwa di dalamnya terkandung minyak astiri ini tepatnya pada bagian kulit.

Untuk mendapatkan minyak ini harus melalui penyulingan. Minyak astiri memiliki rasa yang manis sehingga bisa kamu campurkan pada saat membuat kue.

Asam Shikimic

Berdasarkan penelitian pekak juga mengandung asam shikimic yang bermanfaat untuk mencegah virus flu burung. Jadi bagi kamu yang memelihara ayam jangan lupa memberinya obat yang mengandung asam shikimic agar tidak terjangkit fluburung.

Pektin

Penelitian resmi telah dilakukan untuk menguji kandungan kembang lawang dan ternyata menghasilkan kandungan pekti. Kegunaan bunga lawang bisa mencegah dan mengobati kanker prostat karena ada kandungan pektin ini.

Tanin

Buah pekak yang mengkerut menandakan adanya kandungan tanin di dalamnya. Tanin memberikan rasa manis dan aroma pada pekak. Biasanya tanin ada dalam bahan pembuatan obat-obatan.

Lemak Nabati

Lemak nabati umumnya memang banyak ditemukan pada tumbuhan. Bagian pekak yang mengandung lemak nabati adalah buahnya. Mengkonsumsi tanaman yang mengandung lemak nabati bisa menurunkan kolesterol jahat pada tubuh.

Sebenarnya masih banyak kandungan kembang lawang ini. kandungan tersebut seperti flavonoid, polifenol, zat besi, vitamin C, kalsium, kalium, magnesium, lemak, dan serat makanan yang baik untuk kesehatanmu. 1 sendok makan pekak hanya mengandung 23 kalori jadi cukup rendah dan baik untuk tubuh.

3. Manfaat dan Khasiat

Kegunaan bunga lawang tidak hanya untuk menyedapkan makanan. Banyak sekali khasiat untuk kesehatan yang bisa kamu ambil dari mengkonsumsinya. Nah supaya kamu paham berikut penjelasannya.

Mengatasi flu

Seperti penjelasanku diatas bahwa pekak mengandung asam sikimic atau sikimat yang bersifat antivirus kuat jadi bisa melawan virus influenza. Miyak astiri yang ada pada kulit buah juga bisa mengobati infeksi virus lain, namun masih butuh penelitian lagi.

Menjaga kesehatan kulit

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam rempah ini mampu melawan radikal bebas sehingga bisa meminimalisir kekeriputan, meningkatkan elastisitas kulit dan memudarkan bekas luka/noda. Antioksidan tersebut akan membantu menjaga kesehatan kulitmu.

Mengobati infeksi jamur

Bagi kamu yang terkena infeksi jamur seperti kandidiasis, kurap, kutu air wajib banget mengkonsumsi pekak ini. buatlah the dengan mencampurkan pekak didalamnya karena dianggab bisa melawan pertumbuhan jamur kulit.

Selain manfaat pekak diatas, kamu bisa menggunakannya untuk mengatasi insomnia, meningkatkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan pencernaan dll. Informasi ini tentu saja sudah berdasarkan penelitian yang dilakukan para ahli jadi kamu jangan khawatir untuk mengkonsumsinya sebagai obat herbal.

4. Efek Samping Kembang Lawang

Memang banyak sekali manfaat pekak untuk kesehatan maupun sebagai bumbu masakan. Akan tetapi gunakan kembang lawang ini secukupnya saja karena memiliki efek samping yang bisa timbul akibat berlebihan mengkonsumsinya.

Peneliti mengemukakan bahwa mengkonsumsi campuran teh Bunga Lawang secara berlebihan dapat menyebabkan beberapa efek samping yang serius seperti kegugupan, rangsangan berlebihan, mual, gerakan mata yang cepat, sakit perut dan kram. Ada juga jenis pekak jepang yang beracun sehingga tidak ada yang mengkonsumsinya.

5. Cara Menanam Bunga Lawang

Sebelum menanam pekak bumbu dapur kamu bisa menyiapkan bibit dan lahan tanamnya terlebih dahulu. Lahan tanam bisa kamu olah terlebih dahulu dengan cara dicangkul untuk menghilangkan gulma dan menggemburkn tanah.

Buat lubang tanam sesuai setandar penanaman tanaman rempah kemudian masukkan pupuk organik. Diamkan beberapa hari agar kandungan gas dalam pupuk menguap. Setelah itu tanam bibit bunga lawang dengan posisi tegak dan beri ajir sebagai tanda.

Langkah berikutnya adalah perawatan tanaman rempah. Perawatannya tidak jauh beda dengan merawat tanaman pada umumnya, intinya lakukan secara rutin supaya hasil buah pekak melipah.

6. Harga Bibit Kembang Lawang

Nah bagi kamu yang mulai tertarik menanam pekak bumbu dapur kali ini aku akan memberikan referensi harganya. Berikut daftar harga bibit pekak.

Nama Harga Sumber
Benih kembang lawang Rp5.000 https://www.tokopedia.com/onlinelovers/biji-benih-bunga-lawang
Biji benih pekak 3 biji Rp33.000 https://shopee.co.id/Kulaitas-Terjamin-Biji-Benih-Bunga-Lawang-Pengiriman-Cepat-i.178531744.5232472652

 

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *